Kamis, 17 Juli 2014

Kebenaran yang Membebaskan

                                 Kebenaran yang Membebaskan

Peter C Aman  ;   Staf pengajar Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara
SINAR HARAPAN,  16 Juli 2014
                                                


Kebenaran adalah sesuatu yang paradoksal, selalu dirindukan bahkan diperjuangkan siapa pun, kapan, dan di mana pun. Orang dapat mempertaruhkan segalanya asal menemukan kebenaran. Debat hukum di ruang pengadilan, entah dengan argumentasi yang rasional maupun bukan, semuanya bermuara ke upaya penemuan kebenaran.

Namun, ketika kebenaran tersingkap, apakah semua pihak menyukainya? Di situlah paradoksnya! Kebenaran menyembuhkan, juga melukai. Ia ibarat buah simalakama. Pihak yang yakin kebenaran akan menyembuhkan tak akan pantang mundur berupaya menemukannya.

Pihak yang takut bahwa kebenaran akan melukai akan berjuang dengan segala macam cara untuk mengurung kebenaran dalam ruang gelap, agar tersembunyi dan tidak tersingkap.

“Aletheia”

Ada hal yang menarik dari analisis semantik yang dilakukan Martin Heidegger tentang kebenaran. Ia menjelaskan, kebenaran dalam bahasa Yunani adalah aletheiaa (tidak) dan theia (tersembunyi). Kebenaran berarti tidak tersembunyi, apa adanya, tanpa embel-embel. Sesuatu dalam dirinya sebagaimana adanya (das Ding an sich).

Sesuatu itu benar kalau tampil apa adanya, tanpa pemalsuan, rekayasa, embel-embel yang malah menutup atau menyembunyikan kesejatian (autensitas) dari sesuatu itu. Sesuatu dalam kesejatiannya menjadi sesuatu yang objektif. Siapa pun akan melihat dan menemukannya sebagaimana dalam keadaannya yang sebenarnya.

Karena itu bagi Heidegger, kebenaran berarti tidak tersembunyi. Menyingkapkan kebenaran berarti berupaya membongkar unsur-unsur palsu yang tidak autentik, yang menyebabkan tertutup atau tersembunyinya kebenaran.

Kebenaran tak akan pernah sirna. Ia hanya “ditutup” dan “disembunyikan”. Kebenaran itu abadi karena objektif dan pengakuan akan keberadaan serta autentisitasnya tidak bergantung kepentingan atau selera subjektif.

Kebenaran menyatakan dirinya. Kebenaran tidak dapat dihilangkan. Kebenaran dapat dipalsukan menjadi kebenaran palsu, tapi itu bukan kebenaran itu sendiri. Kebenaran tidak bisa ditiadakan. Kebenaran dapat di sembunyikan dalam kegelapan, namun tak akan sirna. Sebaliknya, kebenaran akan ”diwartakan dari atas atap rumah”.

Ketika kebenaran tersingkap, ia dapat melukai mereka yang tidak menyukainya. Tetapi, luka itu tersembuhkan ketika si terluka menerima dan mengakuinya.

Kebenaran lantas membebaskan, sedangkan kepalsuan membelenggu. Sebagai contoh, seseorang yang berbohong akan selalu berusaha agar kebenaran tidak menyatakan diri. Ia berjuang dengan segala macam cara agar “kebohongannya” dipercayai seolah-olah benar.

Selama berbohong, ia tidak mengalami kebebasan karena selalu takut dan waswas, jangan-jangan ada yang mengetahui bahwa ia sedang berbohong. Ia bisa menggunakan apa saja, trik dan manipulasi, agar kebohongannya dipercayai sebagai kebenaran.

Sebaliknya, kalau seseorang jujur, menyingkapkan apa adanya, ia terbebaskan dari rasa curiga dan waswas. Ia tidak takut risiko karena menyatakan yang benar. Ia bebas dan tidak terbelenggu. Baginya, kebebasan benar-benar membebaskan.

“Gnothi Seauton”

Adalah Socrates, yang memopulerkan ungkapan gnothi seauton, yang dapat diterjemahkan “kenalilah dirimu”. Pengembangan diri menuju pribadi autentik, matang, dan dewasa selalu bermula dari pengenalan diri.

Pengenalan diri merupakan perjalanan panjang menuju diri sendiri, tetapi perjalanan itu bukan individual semata, lepas dari sesama. Sebaliknya, proses itu merupakan suatu dialektika antara aku dan pribadi lain.

Contoh klasik tentang hal itu dapat ditemukan dalam tulisan suci, Kitab Kejadian. Ketika berjumpa dengan pribadi lain, manusia pertama itu berseru, “Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku (2:23),”.

Ia mengenal siapa dirinya dalam perjumpaan (dialektika) dengan pribadi lain. Seseorang yang sungguh mengenal dirinya sendiri atau terbuka berdialektika dengan orang lain adalah seseorang yang mengakui dan menerima siapa dirinya, serta mengakui dan menerima sesamanya sebagai diri yang lain.

Cikal bakal menjadi manusia bijak adalah mengenal, menerima, dan mengakui diri serta sesama. Menerima dan mengakui kebenaran tentang dirinya, serta menerima dan mengakui kebenaran tentang yang lain merupakan karakter kuat dari pribadi yang bijaksana.

Mengenal diri bukan pertama-pertama menyangkut pengetahuan biologis tentang diri, melainkan mengenal inti diri terdalam, yakni jiwa.

Jiwa menjadi basis keberadaan yang paling dalam dari setiap manusia. Kemurnian, kejujuran, dan ketulusan bertakhta dalam jiwa. Karena itu, Socrates menyerukan setiap orang merawat jiwanya tetap suci, murni, dan tidak bercela.

Kemurnian jiwa tersingkap dalam kejujuran, ketulusan, penerimaan diri apa adanya, serta pencapaian dan kegagalannya. Orang bijak tidak sibuk mempersalahkan orang lain ketika gagal.

Orang bijak merendahkan diri, rendah hati, dan tidak arogan. Acuan sikap dan perilaku sosialnya bersumber kebenaran tentang dirinya, maupun kebenaran objektif yang dihadapkan kepadanya.

Berbohong, angkuh, dan arogan adalah sinyal kuat kegagalan mengenal, menerima, dan mengakui diri. Dari sikap seperti itu, amat sulit muncul spirit kesatria untuk mengakui dan menghormati pribadi lain dengan segala keunggulannya, yang melampaui dirinya.

Manusia bijak mencintai kebenaran kendati itu melukainya. Itu karena ia percaya, ketika menerima kebenaran, jiwanya tersembuhkan. Ia pun menjadi bebas. Bukankah kebenaran sungguh-sungguh membebaskan, mengapa kita mengingkarinya? ●

Tidak ada komentar:

Posting Komentar