Minggu, 04 Maret 2018

Pilpres 2019: Mampukah Prabowo Bangkit?

Pilpres 2019: Mampukah Prabowo Bangkit?
Dedy Abdullah  ;   Wakil Ketua DPD Gerindra Jawa Barat
                                                  KORAN SINDO, 03 Maret 2018



                                                           
Genderang perang pemilihan presiden (pilpres) sudah dimulai. Hal ini antara lain ditandai dengan diumumkannya secara resmi calon presiden dari PDI Perjuangan (PDIP) oleh Megawati Sukarnoputri dalam pembukaan Rakernas III PDIP di Bali, Jumat (23/2).

PDIP akan kembali mencalonkan Presiden Joko Widodo sebagai capres di Pilpres 2019. Pengumuman ini tidak begitu mengagetkan karena sebelumnya beberapa partai pen dukung pemerintah telah mendeklarasikan terlebih dahulu. Namun pengumuman tersebut bisa dibaca sebagai sikap lebih percaya diri PDIP untuk bisa memenangi kontestasi pada 2019.

Dengan tambahan dukungan PDIP, total dukungan untuk Jokowi dari kelima partai, yaitu Nas Dem 6,72%, Golkar 14,75%, Hanura 5,26%, PPP 6,53%, dan PDIP 18,95%, menjadi 52,21%. Tingginya kepercayaan diri PDIP untuk mendorong Jokowi kembali sebagai capres tentu selain karena sebagai petahana, juga karena dalam beberapa survei lembaga independen Jokowi selalu lebih unggul dari pada tokoh lain.

Poltracking, mi salnya, hasil sur veinya yang di umumkan pa da Kamis (22/2) me nempatkan elek ta - bi li tas Jokowi te r ting gi, ter - ma suk atas ri valnya di Pil pres 2014, Pra bo wo Subianto. Dari 33 tokoh yang di so dor - kan, elektabilitas Jokowi se be - sar 35%, Prabowo 21,2%, dan jauh di bawahnya ada Gatot Nur mantyo, Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono.

Ada pun secara popularitas, Jo - ko wi 95%, Prabowo Subianto 86%, dan beberapa tokoh lain me nyusul di belakang mereka. Untuk Prabowo, apakah akan kembali bertarung dalam kon testasi lima tahunan ini de ngan rival yang sama pada pe r io de sebelumnya atau Ge - rin dra men cari kader lain? Sam pai saat ini Gerindra mau - pun mi tra koa li si abadinya, yak ni PKS dan PAN, belum me - nyatakan se cara resmi siapa capres yang akan diusung.

Apabila ketiga partai ini ber koa lisi mengusung Pra bo - wo se ba gai capres, modal kursi di DPR su dah lebih dari cukup dan me lam paui batas m ini - mum pre si den tial threshold. Ge rindra pu nya 73 kursi, PKS 40, dan PAN 49 kur si.

Namun per tanyaan be sar nya se ka - rang, mampukah Pra bo wo meng atasi k e ter ting gal an atau bahkan me nga la h kan kan d i dat yang saat ini se dang ber kuas a? Kesimpulan yang di rilis Pol tracking m e nya ta - kan masih te r buka peluang Pra bowo untuk bisa rebound ka re na sebenarnya ke dua kan - di dat ini, yakni Jokowi dan Pra bo wo, sama-sama meng - ala mi pe ning katan jika di ban - di ng kan de ngan survei pada No vem ber 2017. Ditambah la - gi de ngan pe lak sanaan pilpres mas ih ter sisa 15 bulan, potensi per ubahan per sentase masih sa ngat terbuka.

Faktor Pendorong Elektabilitas Prabowo

Setidaknya ada tiga hal po - kok yang bisa mendongkrak elek tabilitas dan popularitas Pr a bowo, bahkan sampai bisa me menangi Pilpres 2019.

Pertama, seberapa besar kemenangan kader-kadernya dipilkada, baik untuk menjadi gubernur, bupati maupun walikota, yang akan digelar Juni nanti.

Kedua, kemampuan mengelola isu terkini hingga 15 bulan kedepan.

Ketiga,Gerindra dan mitra koalisi menyegerakan untuk mendeklarasikan Prabowo.

Pilkada serentak men da - tang menjadi faktor penting ba - gi Prabowo untuk bisa mem per - kuat akar pengaruhnya sampai ke daerah-daerah. Terutama dae rah yang memiliki pemilih be sar seperti Jabar, Jateng, Ja - tim, Sumut. Gerindra sebagai par tai pengusung Prabowo ha - rus bisa memenangkan kan di - dat nya di daerah strategis ini.

Di Jabar, Gerindra dan koa li - si nya mengusung Mayjen (Purn) Su drajat-Mohammad Sai khu, te tapi hal itu dinilai ba - nyak ka lang an terlalu berisiko ka rena ke duanya memiliki po - pu laritas dan elektabilitas ren - dah. Na mun memang inilah sa - lah satu ke lebihan Prabowo yang me mi liki intuisi dalam me nem - patkan orang untuk posisi dan ke du duk an.

Sama halnya ke tika dia me mi lih Anies Bas we dan- San diaga Uno di Pilkada DKI J a - kar ta. De ngan ba nyak nya pa - sang an calon yang be r t a rung di Ja bar, yakni empat pa sang an, ke mungkinan peroleh an suara kan d idat akan ter pe cah dan be r - ada dalam range yang sempit.

Ma ka dengan sol i di tas dari me - sin partai yang di mi liki, ter ut a - ma PKS, pasangan yang diusung te t ap berpeluang menang. Di Jateng, peluang untuk bi - sa menang mudah sangat sulit. Se lain kandidat yang maju ha - nya ada dua pasangan calon, PDIP di daerah ini mengusung gu bernur petahana, Ganjar Pra - no wo, yang dipasangkan de - ngan Gus Yasin.

Gerindra meng usung Sudirman Said ber - pa sangan dengan Ida Fauziah yang merupakan kader PKB. Namun bagi pendukung pa sang an Sudirman-Ida, m e - re ka te tap yakin memenangi kon tes tasi karena merasa akan di un tung kan dengan ka - sus korupsi e-KTP yang ikut me nyeret nama Ganjar.

Di Jatim, walaupun Ge rin - dra dan mitra koalisi abadinya ha nya sebagai partai pen du - kung pasangan Khofifah Indar Pa r awansa-Emil Elistianto Dar - dak, mereka berharap di Pilpres 2019 peluang dukungan lebih be sar jika Khofifah-Emil Dar - dak jadi pemenang.

Adapun di Sumut, Gerindra yang mengusung Edi Rah ma - yadi-Musa Rajekshah akan ber - ta rung head to head dengan pa - sang an Jarot Saeful Hidayat- Si - har Sitorus yang diusung PDIP. Tam paknya Gerindra dan mitra koa lisi akan menang di Sumut.

Kedua, hal yang bisa me me - ng a ruhi elektabilitas dan po pu - la ritas Prabowo dalam 15 bulan ke depan adalah kemampuan me ngelola dan menyikapi ber - ba gai polemik serta isu strategis saat ini maupun yang akan ber - kem bang nanti. Setidaknya ada be berapa isu penting yang bisa di manfaatkan sekaligus jadi lan dasan untuk melemahkan ku bu Jokowi.

Salah satunya isu gizi buruk yang menimpa warga su ku Asmat Papua. Banyak pi - hak meyakini ini terjadi karena kes alahan pemerintah dalam hal kebijakan pangan. Alih fung si lahan yang dilakukan pe - me r intah saat ini bahkan dari pe merintahan sebelumnya te - rus dilakukan. Dari lahan pa - ngan lokal menjadi lahan padi.

Pre siden Jokowi pada Mei 2015 men dukung konversi lahan 1,2 juta hektare untuk program The Me r auke Integrated Food and Ener gy Estate. Program ini ha - nya membuahkan hilangnya ka wa san hutan, ekosistem, po - ten si pangan lokal, serta te r - sing kirnya penduduk lokal dari ta nah sendiri.

Data Ke men te - rian Sosial, sejak September 2017 hingga Januari 2018 ada 63 anak meninggal akibat cam - pak dan gizi buruk, 393 jiwa men jalani rawat jalan, 175 men - jalani rawat inap. Isu ini tidak mud ah dilupakan begitu saja. Kecelakaan akibat di ke but - nya berbagai proyek i nfra stru k - tur juga merupakan isu yang bi - sa dimanfaatkan.

Berdasarkan ca tatan Konfederasi Serikat Pe - ker ja Indonesia, ada 9 ke ce la ka - an sampai menelan korban jiwa se jak akhir 2017 hingga awal 2018. Bahkan Presiden KSPI men duga upaya ngebut ini se ba - gai strategi untuk meraih citra baik di mata masyarakat men je - lang pilpres.

Isu ini tampaknya ju ga akan terus menggelinding men jadi isu politik. Isu sensitif yang mengarah ke unsur SARA tampaknya juga akan mewarnai pilpres tahun de pan. Setidaknya hal ini dipicu de ngan banyaknya tindak pi da - na penganiayaan dan pem bu - nuh an yang menimpa tokoh aga ma. Juga isu lain seperti per - ppu ormas, kebangkitan PKI, pe negakan HAM, dan tingginya in deks korupsi di pem e rin tah - an Jokowi bisa menjadi polemik yang merepotkan petahana.

Ketiga, hal yang sebenarnya paling mudah dilakukan adalah mendorong partai pendukung Prabowo maupun pendukung calon lain untuk segera mendeklarasikan calon yang akan diusung.

Bagi Prabowo, ini penting karena akan memberikan keyakinan kepada pendukung loyalis yang memberikan suaranya saat Pilpres 2014 untuk tidak beralih ke pemilih lain. Akankah Gerindra, PKS, PAN segera mendeklarasikan siapa calon presidennya untuk bertarung di Pilpres 2019? Saya menduga langkah ini segera diambil. Terutama Gerindra. Deklarasi dukungan akan didahului dari daerah-daerah di seluruh Indonesia. Puncak deklarasi dukungan ini dilakukan pada 11 Maret 2018 di Jateng.

12 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    BalasHapus
  2. tambah daya listrik pln dan slo? www.sinergiterangbangsa.com

    BalasHapus
  3. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  4. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  5. Kali ini hasilbola.vip akan menampilkan beberapa Prediksi Jitu Akurat
    Yang akan membuat anda jackpot dengan prediksi terupdate kali ini
    Berikut Artikel Prediksi Bola Jackpot yang akan langsung saya berikan, Cekidot :

    Prediksi Bola Crystal Palace vs Leicester 03 November 2019
    https://hasilbola.vip/prediksi-sepakbola/baca/2833/crystal-palace-vs-leicester-03-november-2019/

    Prediksi Bola Sevilla vs Atl Madrid 03 November 2019
    https://hasilbola.vip/prediksi-sepakbola/baca/2829/sevilla-vs-atl-madrid-03-november-2019/

    Saya akan berikan Bonus Tips Prediksi Bola Akurat Silakan di coba langsung

    Terima Kasih bagi yang menyukai komentar saya

    BalasHapus
  6. Apakah kamu sudah tau prediksi togel mbah jambrong yang jitu? bila belum baca Prediksi jitu mbah jambrong Hk

    BalasHapus
  7. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)  

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum,
    Nama saya Melih dari Jl.puri dewata indah geng pncol n.30rt.004 rw.02 poris plawad utara cipondoh kota tangerang, saya seorang pemilik bisnis. Saya ingin memberi tahu Anda semua platform ini. mereka yang membutuhkan dan mencari pinjaman yang tulus untuk berhati-hati karena internet dan blog dipenuhi dengan perusahaan pinjaman palsu dan scammer yang hanya ada di sini untuk merampas Anda dari uang hasil jerih payah Anda.

    Saya dan istri saya membutuhkan pinjaman Rp2.500.000.000 dan kami menghubungi perusahaan pinjaman dari Turki. Mereka meminta kami membayar biaya pendaftaran, setelah itu biaya lagi dan kami ditipu oleh pemilik perusahaan dengan meminta kami untuk membayar banyak biaya yang kami bayarkan dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjaman, kami kehilangan sekitar Rp32, 000.000 untuk perusahaan pinjaman palsu di Turki. Istri saya dan saya sangat Frustrasi, bisnis saya turun dan kami bahkan berhutang karena saya juga meminjam dari teman-teman dan tidak dapat membayar kembali. Saya mengalami kesulitan keuangan

    ALLAH sangat baik, kami berpuasa dan berdoa dan bahwa ALLAH mengarahkan kami ke seorang penolong, suatu malam, saya menjelajah internet ketika saya bisa menemukan kesaksian seorang wanita Indonesia dengan nama Reni Nuraeni dari Surabaya, bagaimana ALLAH mengubah keuangannya hidup melalui perusahaan pinjaman dia meminta saya untuk menghubungi ibu Sarah dan dia memperkenalkan saya kepadanya dan dia memberi saya keberanian dan saya mengajukan pinjaman dari Mrs Sarah Michael dan ibu Sarah akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaan dan saya mendapatkan yang tepat jumlah yang saya ajukan. Saya terkejut, terkejut dan gembira. Sekarang, saya telah membayar kembali uang teman saya dan bisnis saya naik lagi.

    Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi tahu rekan-rekan saya bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman otentik dan ingin cepat dengan suku bunga rendah 2%, cukup mendaftar melalui Mrs Sarah Michael melalui email: (sarahmichael831@gmail.com) atau melalui WhatsApp / Viber Number: + 1-315-284-1764.
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini, (indahqua23@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut. ALLAH memberkati kalian semua!

    BalasHapus
  9. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  10. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  11. Ini dari perusahaan yang telah dapat membantu begitu banyak orang baik dari Indonesia maupun Malaysia dan di luarnya Kami telah dapat membantu berbagai orang dari berbagai pekerjaan kehidupan dan juga berbagai kategori pekerjaan Kami telah dapat memberikan pinjaman untuk hampir semua pemohon pinjaman di perusahaan ini dan jika dengan cara apa pun Anda meragukan kami, kami akan merujuk Anda ke banyak dan banyak pelanggan yang telah mendapatkan pinjaman dari kami sehingga Anda dapat menghapus keraguan keraguan dari pikiran Anda Kami telah dapat membantu baik yang bangkrut maupun mereka yang mencari modal tambahan untuk mendanai bisnis mereka dalam bentuk apa pun Di perusahaan ini, prioritas utama kami sejak hari pertama hingga sekarang adalah memastikan semua pencari pinjaman di perusahaan ini mendapatkan pinjaman mereka dan kami sangat berkomitmen untuk ini dengan memastikan hampir 100% dari semua pencari pinjaman di perusahaan ini mendapatkan pinjaman mereka Jika dengan cara apa pun Anda masih ragu, silakan hubungi kesaksian terbaru kami di t dia menghubungi detail di bawah ini untuk menghapus segala bentuk keraguan dari pikiran Anda_________[WhatsApp: +6287818697754]

    Company___[ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY]
    e_mail_________[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp___[+6282274045059]

    BalasHapus