Solusi
Perembesan Gula Rafinasi
Khudori
; Pegiat Asosiasi Ekonomi Politik
Indonesia (AEPI)
|
MEDIA
INDONESIA, 22 Februari 2014
AUDIT delapan pabrik gula
kristal rafinasi (GKR) oleh Kementerian Perdagangan telah selesai. Hasilnya,
semua produsen GKR produksinya merembes ke pasar konsumsi. Pada 2013
jumlahnya 110.799 ton, lebih rendah dari 2011, yakni 398.044 ton. Namun,
Kementerian Perdagangan (Kemendag) tidak membuka pelanggaran tiap-tiap
produsen. Sanksinya, Kemendag memotong 50% dari pelanggaran hasil audit.
Sanksi ini lebih ringan dari 2011. Saat itu alokasi impor gula mentah
langsung dipotong.
Langkah seperti ini dipastikan
tak akan menyelesaikan akar masalah. Bisa dipastikan GKR yang mestinya hanya
untuk industri (makanan, minuman, dan farmasi) akan terus merembes ke pasar
konsumsi. Tak ada efek jera dan pemaksaan bagi produsen GKR untuk patuh. Jika
itu terjadi, keberadaan GKR akan terus-menerus menjadi musuh petani. Bagi pabrik
gula kristal putih (GKP), GKR juga menjadi ancaman tersembunyi.
Dari sejarahnya, GKR diadakan
guna memenuhi kebutuhan pemanis industri yang tak bisa dipenuhi pabrik gula
(PG) yang ada. Ada dua cara untuk itu. Sepenuhnya impor GKR atau mendirikan
PG rafi nasi dengan bahan baku impor gula mentah.
Pemerintah menempuh cara
kedua. Tiap tahun PG rafi nasi diberi izin impor raw sugar untuk diolah jadi
GKR. Pemerintah juga memberikan izin industri mengimpor GKR. Lewat
Kepmenperindag No 527/2004 tentang Ketentuan Niaga Impor Gula, pasar gula
diatur: GKR hanya untuk industri, sedangkan GKP produksi petani dan PG
mengisi pasar gula konsumsi langsung.
Ini dilakukan karena medan
persaingan tidak imbang. Investasi industri GKP tiga kali lipat dari industri
GKR. Dengan bahan baku gula mentah impor murah, pabrik GKR bisa beroperasi
sepanjang tahun. PG rafinasi hanya mempekerjakan 3.515 orang.
Dengan risiko
minimal, PG rafinasi tergolong investasi yang cepat balik modal, hanya 2-3
tahun (Colosewoko, 2010). Sebaliknya, investasi pabrik GKP berisiko karena
musti membuka kebun dan menyiapkan petani. Operasional giling hanya 160-180
hari karena bahan baku tergantung iklim dan cuaca. Dengan tingkat bunga 14%,
investasi pabrik GKP baru balik modal 12-15 tahun. Namun, industri GKP
melibatkan 800 ribu rumah tangga di on-farm.
Bila sektor off-farm dihitung, serapan tenaga kerja mencapai 10 juta. Jika
pasar GKR bisa masuk pasar GKP, bukan hanya tidak adil, melainkan industri
GKP nasional bakal habis.
Insentif menurun
Selama ini pasar/konsumen gula
rumah tangga dipasok oleh PG yang bahan bakunya berasal dari petani tebu.
Saat ini, jumlah PG diperkirakan 59 buah dan 80% terdapat di Pulau Jawa. PG
di Jawa amat tergantung pada aktivitas masyarakat, yakni petani tebu. Petani
tebu menjadi penyedia 90% kebutuhan tebu pabrik. Invasi GKR ke pasar/konsumen
rumah tangga akan membuat harga GKP yang dihasilkan petani anjlok.
Dampak penurunan harga GKP
sebagian besar akan ditanggung petani. Menurut perhitungan, komposisi biaya
dalam industri gula 60%-70% ada di kebun. Artinya, share petani mencapai
60%-70%. Penghasilan petani selama ini diperoleh dari bagi hasil gula dari
tebu yang digiling: 66% petani dan 34% PG. Kalau PG tidak efisien dan merugi,
60%-70% inefisiensi dan kerugian itu dipikul petani tebu. Demikian pula kalau
harga jual GKP anjlok, petani pula yang paling terpukul.
Anjloknya harga GKP akan
membuat insentif ekonomi petani untuk menanam tebu menurun. Mudah ditebak,
lahan tebu petani akan dialihkan untuk tanaman lain. Jika itu terjadi, dampak
ikutannya akan amat besar.
Pertama, PG akan tutup giling
karena tidak mendapatkan pasokan bahan baku. Padahal, industri gula merupakan
aset ekonomi sekaligus aset sosial mahapenting. Industri gula menjadi mata
rantai ekonomi yang penting negeri ini, yang tidak saja paling komplet,
tetapi juga memiliki sejarah lebih 4 abad. Jika gelombang penutupan PG
terjadi, aset ekonomi-sosial itu akan sia-sia.
Kedua, jika banyak PG tutup,
dipastikan impor gula meledak, devisa melayang, dan cita-cita swasembada gula
bakal menguap. Titik krusial PG rafinasi terletak pada izinnya yang tak
terkontrol. Izin PG rafinasi di BKPM, sedang izin industri makanan-minuman
pengguna gula rafinasi di Kementerian Perindustrian.
Akibat obral izin, kapasitas PG
rafinasi kini jauh melampaui kebutuhan industri. Sejak diinisiasi pada 2000,
kini ada 8 PG rafinasi berkapasitas 3,2 juta ton. Seiring itu, impor gula
mentah terus melonjak, dari kurang 1 juta ton pada 2006 menjadi lebih 3 juta
ton pada 2013. Sejak 2007, ada indikasi kuat izin impor GKR untuk industri
dan gula mentah untuk PG rafi nasi berlebihan (Sawit, 2010). Kelebihan
produksi GKR akhirnya menginvasi pasar ritel. Impor gula mentah dan GKR yang
hanya oleh investor besar kian menambah sifat asimetri pasar. Ini semua
menambah ketidakpastian pasar.
Dari ciri dan karakteristik itu
semua, karena medan persaingan tidak imbang, adalah tidak adil mencampur
pasar GKP dengan GKR. Memang, dari sisi konsumen, penutupan akses ke pasar
GKR sebetulnya tidak adil karena dari sisi kesehatan GKR lebih baik. Selain
itu, mengawasi rembesan GKR ke pasar ritel tidak mudah. Namun, sepanjang
medan persaingan tidak imbang, pemisahan pasar adalah pilihan bijak.
Ke depan, agar medan persaingan
imbang, PG rafinasi harus membangun kebun tebu sebagai sumber bahan baku. Jika
itu sudah terjadi, tidak perlu lagi pemisahan pasar. Tak ada lagi cerita
perembesan. Jika tidak, rembesan GKR ke pasar ritel akan selalu terjadi. Jika
tidak men-sweeping, petani akan
mogok tanam tebu karena GKR selalu menjadi biang kerok. ●
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar