Senin, 20 Juni 2016

Sukab, Godaan, Hukuman

Sukab, Godaan, Hukuman

Seno Gumira Ajidarma ;   Penulis Kolom UDAR RASA Kompas Minggu
                                                         KOMPAS, 19 Juni 2016

                                                                                                                                                           
                                                                                                                                                           

Warung Mang Ayat selalu ramai saat sahur. Sukab yang selalu stand by dengan cangkul dan pengki tentu ada di situ.

Mula-mula perbincangan memang soal puasa.

"Enggak semua orang puase karena penghayatan agama lho," kata Bahlul yang makan nasi bakar ikan peda pakai tangan.

"Biase kan?" Rohayah menimpali sambil menahan pedasnya sambal bajak dengan mata berair, "puase karena sungkan ame tetangge, puase karena enggak enak ame mertue. Banyak lagi deh ."

"Ada nyang bilang puase itu nikmat," ujar Dul Kompreng sambil menguliti petai.

"Kalow nikmat," sahut Hasan ketika mengunyah bergedel, "pegimane care ngrasain derita orang enggak bisa makan?"

"Itu juga pertanyaan gue," sambung Mamik sembari mencomot telor pindang, "warung ditutupin kain kayak ade wabah, apalah artinye puase kalow kagak diuji? Orang puase musti digoda! Kalow waktu kelaperan ade nyang huenak-huenak, lantas si doi ngiler, tapi tetap berpuase ampe buka, nah itu baru puase!"

Sukab nyeletuk.

"Godaan makanan mah keciiiiillll ."

Yati yang mengganti Mang Ayat cepet banget nyamber, sembari makan dari piring seng sambil berdiri.

"Jadi apaan godaan nyang besoaaaarr, Kab?" Ujarnya dengan mata penuh arti.

"Bolenye ngejeplak elu Ti! Ade nyang perkose baru nyahok!"

Yati jadi berang, menyambar dan mengacungkan pisau dapur.

"Ape? Perkose gue? Coba aje! Baru niat pun gue kebiri 'ntar!"

Maka perbincangan beralih kepada hukuman kebiri.

"Enggak setuju hukuman kebiri tuh, kali-kali same ame enggak setuju hukuman mati ye? Nyang datang dari Tuhan, seperti tubuh dan kehidupan, jangan dicampurtanganin, gitu kali' ye?"

"Mene keteheklah Kab! Tapi kalow ngebunu dihukum mati, nyolong dipotong tangan, memperkose dipotong itunye ., eh, dikebiri mangsud gue, kok kayak sejenis ye?" Sahut Dul.

"Mane gue tau! Nyang gue pikir, orang mati dibunu tuh ya mati, nggak ngerasa ape-ape lagi, terus ntar pembununye lama baru dihukum mati, malahan sempat insap, tobat, ngaji, dan mati dengan perasaan dami, kok seperti nasibnye jadi lebi baek dari nyang dibunu; tapi orang diperkose kali' batinnye menderite ampe mati, jadi gue setuju kalow pemerkose itu dihukum seberat-beratnye hukuman, lebi berat dari hukuman mati."

"Wah, ape nyang lebi berat dari hukuman mati ye?" Hasan nyelak.

"Hukum picis?" Rohayah membayangkan dengan ngeri.

Piring Sukab yang tadi berisi nasi, paha ayam, dan sambal terasi sudah licin. Ia santap pisang ambon.

"Gue juga enggak yakin Sob, gue juga pasti disala-salain ame nyang ngerti hukum, tapi gue mikirin satu hal aje dari perkare kebiri ini."

"Ape?"

"Semangkin maju manusie, cara berpikirnye tentang menghukum tetap jalan di tempat."

"Jalan di tempat?"

"Iye, pikiran di balik semuenye melulu pembalasan dan siksaan," kata Sukab, "dahulu kala gitu, sekarang juga gitu. Kalau dulu rame-rame dilempar batu, sekarang itunya dioperasi dokter. Busyet, dikebiri Meeeennn! Same-same siksaan kan nyang dipikirin? Cuman lebi alus aje!"

Yati kembali nyolot.

"Elu bilang pemerkose mesti dihukum seberat-berat hukuman!"

"Yo-i! Itu enggak berube! Tapi katenye penjara sekarang mustinye tempat rehabilitasi. Jadi gimana dong? Gue juga tau, pemerkose itu pasti otaknye kagak beres."

"Nyang jelas bentuk-bentuk hukuman itu mencerminkan negarenye," Jali nimbrung sambil menelan nasi terakhir. Mendadak terdengar suara adzan. Ia belum sempat minum!

Semua orang bubar, pergi ke masjid. Yati tetap tinggal, karena warung Mang Ayat juga melayani yang tidak berpuasa, apapun agamanya.