Jumat, 26 Januari 2018

ASEAN-India: Nilai Bersama, Tujuan Bersama

ASEAN-India:  Nilai Bersama, Tujuan Bersama
Narendra Modi  ;  Perdana Menteri India
                                                      KOMPAS, 26 Januari 2018



                                                           
Saat ini, 1,25 miliar warga India akan mendapat kehormatan menjadi tuan rumah 10 tamu terhormat, yaitu para pemimpin negara-negara ASEAN, pada perayaan Hari Republik India di New Delhi.

Kemarin, saya mendapat kehormatan menjadi tuan rumah bagi para pemimpin ASEAN dalam KTT peringatan untuk menandai 25 tahun Kemitraan ASEAN-India.

Kehadiran mereka bersama kami merupakan isyarat niat baik yang belum pernah terjadi sebelumnya dari negara-negara ASEAN. Ini bukan kejadian biasa. Ini tonggak bersejarah dalam perjalanan luar biasa yang membawa India dan ASEAN dalam kemitraan yang semakin dalam dengan janji besar untuk 1,9 miliar warganya, sekitar seperempat dari jumlah umat manusia.

Kemitraan India-ASEAN mungkin baru berumur 25 tahun. Namun, hubungan India dengan Asia Tenggara membentang lebih dari 2.000 tahun. Ditempa dalam kedamaian dan persahabatan, agama dan budaya, seni dan perdagangan, bahasa dan sastra, tautan abadi ini sekarang hadir di setiap aspek keragaman India dan Asia Tenggara yang menakjubkan, memberikan sampul kenyamanan dan keakraban yang unik di antara warga kita.

Lebih dari dua dekade lalu, India membuka diri terhadap dunia dengan perubahan tektonik. Dengan naluri yang terasah selama berabad-abad interaksi, hal itu berubah secara alami ke Timur. Dengan begitu, mulailah sebuah perjalanan baru reintegrasi India dengan Timur.

Bagi India, sebagian besar mitra dan pasar utama kami dari ASEAN dan Asia Timur sampai Amerika Utara menuju ke Timur. Asia Tenggara dan ASEAN, tetangga kita melalui darat dan laut menjadi batu loncatan di Look East kita dan sejak tiga tahun terakhir jadi Act East Policy.

Seiring waktu, dari mitra dialog, ASEAN dan India telah menjadi mitra strategis. Kami memajukan kemitraan berbasis luas melalui 30 mekanisme. Dengan setiap anggota ASEAN, kami telah mengembangkan kemitraan diplomatik, ekonomi, dan keamanan. Kami bekerja sama untuk menjaga keamanan laut.

Arus perdagangan dan investasi kita telah berlipat ganda beberapa kali. ASEAN mitra dagang terbesar keempat bagi India; India yang ketujuh bagi ASEAN. Lebih dari 20 persen investasi outbound India masuk ke ASEAN. Dipimpin Singapura, ASEAN sumber investasi terkemuka di India. Perjanjian perdagangan bebas India di kawasan ini merupakan yang tertua dan paling ambisius di mana pun.

Hubungan udara berkembang pesat dan kami memperluas jalan raya ke Asia Tenggara dengan urgensi dan prioritas baru. Konektivitas yang berkembang telah memperkuat kedekatan. Hal ini juga menempatkan India di antara sumber pariwisata dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara. Lebih dari enam juta diaspora India yang kuat di wilayah ini berakar pada keragaman dan tenggelam dalam dinamisme, merupakan ikatan manusia yang luar biasa di antara kita.

Dipisahkan hanya 90 mil laut di Samudra Hindia, India dan Indonesia berbagi kontinuitas hubungan peradaban yang terbentang selama 2.000 tahun. Entah itu Balijatra tahunan yang dirayakan di Negara Bagian Odisha di India atau legenda Ramayana dan Mahabarata yang terlihat di seluruh bentang alam Indonesia, benang budaya unik ini mengikat dua negara demokrasi terbesar di Asia dalam hubungan khusus antartetangga.

Persatuan dalam keanekaragaman atau Bhinneka Tunggal Ika juga merupakan aspek kunci dari struktur nilai masyarakat bersama yang disepakati kedua negara, juga nilai-nilai umum demokrasi dan hukum. Saat ini, sebagai mitra strategis, kerja sama kami mencakup keseluruhan bidang politik, ekonomi, pertahanan dan keamanan, serta budaya dan masyarakat.

Indonesia terus menjadi mitra dagang terbesar kami di ASEAN. Perdagangan bilateral kedua negara meningkat 2,5 kali 10 tahun terakhir. Kunjungan Presiden Joko Widodo ke India pada 2016 membuat dampak jangka panjang pada hubungan bilateral.

Dan, India dan ASEAN melakukan lebih banyak lagi. Kemitraan kami di lembaga-lembaga yang dipimpin ASEAN, seperti KTT Asia Timur, ADMM +, dan ARF memajukan perdamaian dan stabilitas di wilayah kami. India juga peserta yang bersemangat dalam Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional, mencari kesepakatan komprehensif, seimbang dan adil untuk semua 16 peserta.

Kekuatan dan ketahanan kemitraan tak hanya berasal dari aritmatika angka, tetapi juga dari dasar hubungan. India dan ASEAN memiliki hubungan yang bebas dari persaingan dan klaim.

Visi bersama

Kami memiliki visi bersama untuk masa depan, dibangun atas komitmen untuk memasukkan dan mengintegrasikan, memercayai persamaan yang berdaulat dari semua negara tanpa memperhatikan ukuran, dan mendukung jalur perdagangan serta hubungan bebas dan terbuka.
Kemitraan ASEAN-India akan terus berkembang. Dengan berkah demografi, dinamisme dan permintaan serta perkembangan ekonomi yang cepat, India dan ASEAN akan membangun kemitraan ekonomi yang kuat. Konektivitas akan meningkat dan perdagangan akan meluas.

Di era federalisme yang kooperatif dan kompetitif di India, India juga membangun kerja sama produktif dengan Asia Tenggara. India Timur Laut berada di jalur yang bangkit kembali. Hubungan dengan Asia Tenggara akan mempercepat kemajuannya. Pada gilirannya, Timur Utara yang terhubung akan jadi jembatan hubungan ASEAN-India dengan impian kita.

Sebagai perdana menteri, saya telah menghadiri empat KTT ASEAN-India dan KTT Asia Timur. Hal ini telah memperkuat keyakinan saya dalam kesatuan, sentralitas, dan kepemimpinan ASEAN dalam membentuk wilayah dalam visi ini.

Ini tahun tonggak sejarah. India berusia 70 tahun, tahun lalu. ASEAN mencapai tonggak emas 50 tahun. Kita masing-masing bisa melihat ke masa depan kita dengan optimisme dan untuk kemitraan kita dengan percaya diri.

Pada usia 70 tahun, India memancarkan semangat, usaha, dan energi dari populasi mudanya. Sebagai ekonomi utama yang tumbuh paling cepat di dunia, India menjadi wilayah baru peluang global dan jangkar stabilitas ekonomi global. Dengan berlalunya hari, lebih mudah dan lancar melakukan bisnis di India. Saya berharap negara-negara ASEAN sebagai tetangga dan teman kita akan menjadi bagian integral dari transformasi India Baru.

Kami mengagumi kemajuan ASEAN. Lahir ketika Asia Tenggara adalah sebuah teater perang brutal dan wilayah yang tak pasti, ASEAN telah menyatukan sepuluh negara di balik tujuan bersama dan masa depan bersama.

Kami memiliki potensi untuk mencapai ambisi yang lebih tinggi dan mengatasi tantangan zaman kita: dari infrastruktur dan urbanisasi hingga pertanian yang tangguh dan planet yang sehat. Kita juga bisa menggunakan kekuatan teknologi digital, inovasi dan konektivitas untuk mengubah kehidupan dengan kecepatan dan skala yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Harapan masa depan membutuhkan landasan damai yang solid. Ini zaman perubahan, gangguan dan pergeseran yang jarang terjadi dalam sejarah. ASEAN dan India punya peluang besar dan tanggung jawab sangat besar memetakan jalan mantap melalui ketidakpastian dan turbulensi zaman kita menuju masa depan yang stabil dan damai untuk wilayah dan dunia kita.

Warga India selalu memandang Timur untuk melihat matahari terbit dan sinar peluang. Sekarang, seperti sebelumnya, Timur atau kawasan Indo Pasifik akan sangat diperlukan bagi masa depan India dan takdir kita bersama. Kemitraan ASEAN-India akan memainkan peran yang menentukan bagi keduanya. Dan, di Delhi, ASEAN dan India memperbarui janji mereka untuk perjalanan di masa depan. ●

Tidak ada komentar:

Posting Komentar