Minggu, 03 April 2016

Sukab dan Ormas Nyodok

Sukab dan Ormas Nyodok

Seno Gumira Ajidarma ;  Penulis Kolom UDAR RASA Kompas Minggu
                                                        KOMPAS, 03 April 2016

                                                                                                                                                           
                                                                                                                                                           

Di warung Mang Ayat, Sukab dan Bahlul melanjutkan makan siangnya dengan kopi jagung karena terlibat perbincangan seru.

"Diskusi, coba bayangin, dis-ku-si!" ujar Bahlul. "Itu kegiatan tuker pikiran 'kan?"

Tukang obat itu terpaksa menyingkir ketika sedang "orasi" menjual obat-obat omong kosongnya karena satpam gedung tempat diskusi yang batal itu menyuruhnya pergi. Banyak orang keluar gedung. Ada organisasi massa keberatan dengan diskusi tersebut, dan polisi menyarankan agar dibatalkan.

"Tuker pikiran soal ape?"

"Ya soal pikiran juga!"

"Oh, jadi ade nyang kagak demen ame suatu pikiran, lantas pikiran itu kagak bole jadi bahan tuker pikiran, begitu?"

"Yo-i."

"Hmmm.."

"Nape Kab, kok hmmm?"

"Gue ragu."

"Ragu ape?"

"Mereka kagak demen ame suatu pikiran."

"Bukannya ude jelas mereka minta diskusi dibatalin?"

"Begini, elu ade di sane 'kan?"

"Yo-i."

"Elu denger semua kan?"

"Yo-i."

"Coba sebut ngomong ape pade?"

"Tau!"

"Tau? Bukannye elu di situ?"

"Yo-i! Gue denger semua, tapi gue kagak ngarti!"

"Sebut atuuuuu aja nyang elu ngarti."

"Paling-paling nyang gue ngarti ya waktu denger kiri-kiri.."

"Maksudnya?"

"Nyang kayak 'Belok Kiri Jalan Terus' gitu kali' ya?

"Huss! Emang diskusi lalu lintas?"

"Tau!"

"Tadi elu bilang soal pikiran, gimana sih?"

"Bentar-bentar.." jidat Bahlul si tukang obat berkerut, meski jago ngibul, soal larangan berpikir sulit betul dipahaminya. Ia berjuang keras mengingat dan mengeja dengan terbata-bata.

".i-tu dis-ku-si ten-tang se-ja-rah o-rang-o-rang ki-ri di Indonesia, gitu kali' ya.."

"Nah! Rada bener elu sekarang, jadi lengkapnya nyang dibatalin adalah tuker pikiran tentang sejarah, begitu 'kan? Hmm."

"Ham-hem-ham-hem lagi lu Kab, emangnya elu paham soal itu?"

"Gini Lul, gue sering nguping omongan Abang Dosen dan temen-temen-nya di sini," ujar Sukab mengingat-ingat, "dari situ gue bisa ngomong-lah dikit-dikit."

"Pegangan elu cangkul ame pengki aje, mana bole gue percaye?"

"He-he, tuker pikiran 'kan? Coba aje nih: pertama, mula-mula gue mikir bahwa rasa tidak senang itu muncul dari pemahaman atas suatu pemikiran, tapi gue kagak yakin para pembatal ini rada ngarti pemikiran kiri, jadi sumbernya adalah kebencian ame orang-orang kiri itu."

"Benci ame orangnye? Kenape? Ngemplang utang?"

"Ntar dulu Lul, nah ini kedua, kalau gue pikir-pikir lagi, pegimane carenye bisa benci sama orang-orang yang boro-boro ngemplang utang, kalau kenal aje kagak dan pemikirannya juga kagak ngarti, ya kan? Sedangkan yang ngarti aja, di antara 255.182.144 penduduk Indonesia ini, kagak wajib benci kok, meski bener-bener ngarti, barangkali juga anti, tapi secara kritis sampai jadi profesor ahli pikiran kiri."

"Nah, jadi nape dong? Ngarti kagak, kenal kagak, nyang mau diskusi juga bukan orang kiri, tapi pade kheki, nape dong?"

"Mau tau jawabannya?"

"Iyalahyaw!"

"Karena mau nyodok!"

"Nyodok? Nyodok pegimane?"

"Ya, nyodok, supaya keliatan...."

"Emangnya nggak keliatan tadinya?"

"Oalah Lul, Bahlul, bener-bener ente bahlul, mangsud ane mereka nyodok supaya jelas mereka itu ada sebagaimana mereka adanya."

"Ooooh, supaya ngeksis mangsudnye?"

"Yo-i!"

"Kalauw begicu, kenape kagak ngikut Olimpiade Fisika?"

Bahlul tampak bersungguh-sungguh, tapi Sukab hanya bisa nyengir bajing. ●