Selasa, 20 Desember 2011

Menanti Gubernur Ideal

MENYAMBUT INDONESIA 2012
Menanti Gubernur Ideal
Sumber : SINDO, 19 Desember 2011



Publik Jakarta menginginkan figur yang tegas dan berani untuk memimpin Ibu Kota. Figur yang memiliki dua karakter tersebut diyakini mampu menyelesaikan persoalan Jakarta,terutama macet dan banjir.

Hasil survei dari Cyrus Network bersama Laboratorium Psikologi Politik Universitas Indonesia pada 24 November – 1 Desember 2011, terungkap bahwa publik menginginkan figur tegas, komitmen dan integritas moral. Hasil survei dari Median Survei Nasional dan The Future Institute pada 19- 25 September 2011 pun menempatkan sikap tegas dan berani pada posisi teratas ekspektasi publik.

Pakar psikologi politik dari Universitas Indonesia (UI) Hamdi Muluk mengatakan, saat ini partai sebagai kendaraan bakal calon gubernur hanya melihat sisi popularitas dan elektabilitas seorang calon. “Padahal, dari hasil survei ternyata publik menginginkan figur yang memiliki integritas, ketegasan, serta komitmen bukan sekadar populer,” ujar Hamdi. Sedangkan Direktur Eksekutif Median Survei Nasional Rico Marbun menyatakan, warga Jakarta sudah semakin rasional dalam menentukan pilihan.

Karena itu, figur yang berani dan tegas dalam membuat program berpeluang besar pada Pilkada 2012. Terlebih sejauh ini masyarakat sudah dapat melihat dan menilai siapa yang seharusnya dipilih.“ Lebih baik orang-orang yang mempunyai kecerdasan intelektual, kedisiplinan, keberanian, daripada figur yang lembek,” tekan Rico. Adapun pengamat politik dari LIPI Ikrar Nusa Bakti berpendapat, pemimpin yang ideal adalah memiliki power to lead.

Artinya,seorang pemimpin harus memiliki kekuasaan untuk menjalankan apa yang ada di dalam kepalanya. “Saat ini saya yakin Fauzi Bowo sudah memiliki solusi untuk permasalahan di Jakarta. Tapi yang jadi pertanyaan adalah apakah dia benar-benar memiliki kekuasaan atau tidak,” ujarnya. Para petinggi partai politik pun setuju bahwa Jakarta butuh pemimpin yang tegas dan berani.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy mengatakan, tantangan Gubernur DKI Jakarta berbeda dengan gubernur di provinsi lain. Menurut dia, Jakarta memiliki kompleksitas persoalan yang membutuhkan langkah-langkah radikal untuk menyelesaikannya. PPP tak mempersoalkan latar belakang figur, bisa dari militer atau sipil.“ Tanpa langkah radikal dan terobosan yang inovatif, sulit untuk menyelesaikan persoalan di Jakarta,”katanya.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkapkan, keberlangsungan Pemerintah DKI Jakarta saat ini masih jauh dari gambaran yang mencerminkan Jakarta sebagai ibu kota. Selain masalah yang cukup kompleks mulai dari kemacetan, krisis air, hingga ancaman banjir, masalah pluralisme . “Untuk itu, ke depan dibutuhkan pemimpin yang tegas yang tidak mau berkompromi dengan siapa pun yang mengorbankan kepentingan rakyat,” tekannya.

Kendaraan Politik

Untuk ikut bertarung dalam Pilkada DKI 2012, ada dua cara yang bisa ditempuh. Melalui jalur partai politik (parpol) atau gabungan parpol dan independen. Jika menggunakan kendaraan parpol atau gabungan parpol, sekurang-kurangnya parpol pengusung itu memiliki 15% kursi DPRD atau 15% perolehan suara hasil Pemilu 2009. Jika melalui jalur independen,pasangan calon harus mendapat dukungan 4% dari jumlah penduduk DKI Jakarta.

Karena jumlah kursi DPRD DKI Jakarta sebanyak 94 kursi,syarat 15% setara dengan 14,1 kursi. Adapun komposisi kursi DPRD DKI Jakarta, yakni Partai Demokrat 32 kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 18 kursi, PDIP 11 kursi, Partai Golkar 7 kursi, PPP 7 kursi, Partai Gerindra 6 kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) 4 kursi, Partai Damai Sejahtera (PDS) 4 kursi,Partai Hanura 4 kursi, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 1 kursi.

Dengan komposisi tersebut,hanya Partai Demokrat dan PKS yang bisa mengajukan pasangan calon.Parpol lainnya harus berkoalisi. Untuk memenangi pertarungan,para calon harus selektif memilih kendaraan politik. Sebab,jika belajar dari sejumlah kasus pilkada, justru mesin politik parpol tidak efektif karena ada pertentangan internal. Sejauh ini belum ada cagub-cawagub definitif.

Partai Demokrat sebagai pemenang Pemilu 2009 belum juga menentukan kandidatnya. Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta Nachrowi Ramli yang sudah diputuskan dalam Musda, masih menunggu keputusan Majelis Tinggi.Dia harus berebut tiket dengan incumbent Fauzi Bowo yang juga anggota Dewan Pembina Partai Demokrat. Sementara, PKS sebagai pemenang kedua di DKI Jakarta, hampir pasti mengusung Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana.

PKS memastikan akan berkoalisi dalam menghadapi pilkada mendatang.Berbeda dengan Pilkada 2007,PKS dikeroyok oleh parpol lain. Hasilnya pasangan Adang Darajatun-Dani Anwar hanya memperoleh 1.535.555 suara atau 42,13%.Fauzi Bowo – Prijanto yang diusung oleh koalisi 19 partai politik memperoleh 2.109.551 suara atau 57.87%. PPP,Partai Hanura, Partai Gerindra dan PDS belum menentukan calon setelah Djan Faridz yang mereka dukung diangkat menjadi Menteri Perumahan Rakyat (Menpera).

Demikian pula koalisi parpol nonparlemen yang mendukung Djan Faridz harus putar haluan. Adapun Partai Golkar masih melakukan konvensi internal yang diikuti tiga calon, yakni Ketua DPD I DKI Prya Ramadhani, anggota Komisi I DPR Tantowi Yahya, dan Wakil Ketua Komisi III M Azis Syamsudin.

Sementara Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto,yang belum memiliki kendaraan politik, terus menjajaki komunikasi dengan anggota Komisi I DPR Tantowi Yahya untuk kemungkinan berpasangan. Sejauh ini,kedua tokoh tersebut sudah bertemu dua kali untuk membicarakan kemungkinan menantang Fauzi Bowo. PDIP sedang menyeleksi 16 tokoh yang mendaftar sebagai calon gubernur DKI Jakarta.

Meski pendaftaran sudah ditutup, PDIP masih membuka peluang bagi tokoh-tokoh yang memiliki elektabilitas tinggi. Sementara, beberapa nama yang telah menjalin komunikasi politik dengan DPW PAN DKI antara lain Hasnaeni, Tantowi Yahya, Nono Sampono, Prijanto, Nachrowi Ramli, Fauzi Bowo, dan Lulung Lunggana. Figur dari internal di antaranya, Andi Anshar dan Wanda Hamidah.
 
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar