Jumat, 12 Oktober 2012

Menilik Estafet Kepemimpinan di PDIP


Menilik Estafet Kepemimpinan di PDIP
M Jamiluddin Ritonga ;  Pengamat Masalah Sosial dan Politik
SINAR HARAPAN, 11 Oktober 2012


Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) boleh bangga memiliki ketua umum yang begitu populer di masyarakat.

Megawati Soekarnoputri (Mega) selalu mendapat peringkat 1 dan 2 dalam setiap polling yang dilakukan berbagai lembaga survei. Peringkat Mega selalu bergantian dengan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Popularitas yang begitu tinggi menjadikan Mega tidak tertandingi di internal partainya. Kader lain, praktis tidak pernah muncul dalam polling capres dan cawapres, kecuali Puan Maharani.

Peringkat yang diperoleh sang anak juga antara langit dan bumi dengan peringkat sang ibunda dalam popularitas. Karena itu, kiranya wajar kalau mayoritas kader PDIP masih berharap sang ketua umum tetap bersedia menjadi calon presiden (capres) 2014.

Keyakinan itu pernah dikemukakan Ketua DPP PDI Perjuangan, Maruarar Sirait. Politikus muda ini bahkan berani menjamin bahwa arus bawah 100 persen mendukung Mega untuk maju dalam Pilpres 2014.

Dukungan itu dilandasi pada keyakinan bahwa Mega seorang figur yang memiliki kekuatan ideologi Pancasila, kerakyatan, dan pluralisme.

Klaim Maruarar tersebut tentu bersifat politis. Ini karena Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDIP, Taufiq Kiemas, secara tidak langsung sudah sering membantah klaim-klaim seperti itu.

Taufiq Kiemas justru berulang kali menyatakan keinginannya agar capres mendatang sebaiknya dari generasi muda. Bantahan tidak langsung ini tentu menyiratkan bahwa di PDIP tidak satu suara dalam menentukan capres 2014.

Multitafsir
Keinginan Taufiq Kiemas tersebut memang multitafsir. Di satu sisi, pernyataannya itu mengesankan bahwa ia memang bersungguh-sungguh tidak menginginkan lagi generasi tua memimpin negeri ini pada tahun 2014.

Kesungguhannya itu mungkin dimaksudkan untuk menyelamatkan reformasi. Ini karena selama reformasi bergulir, negeri ini terus dipimpin generasi tua yang hasilnya dinilai banyak pihak tidak signifikan. Karena itu, ia menawarkan solusi untuk mempercepat terwujudnya amanat reformasi adalah mengusung generasi muda untuk memimpin negeri ini pada Pilpres 2014.

Namun, di sisi lain, pernyataan Taufiq Kiemas itu dapat dilihat hanya sebagai sinyal untuk internal PDIP.

Sebagai politikus kawakan, ia tentu memiliki kalkulasi politik tentang kemungkinan Mega akan gagal lagi untuk yang ketiga kali bila dipaksakan bertarung dalam Pilpres 2014. Sebagai suami, ia tentu tidak rela melihat sang istri menjadi pecundang di usia senja.

Selain itu, Taufiq Kiemas boleh jadi ingin memanfaatkan momentum Pilpres 2014 sebagai estafet kepemimpinan di internal PDIP. Momen ini dinilainya tepat di saat kader PDIP masih menjadikan sosok Mega sebagai simbol partai. Dengan begitu, estafet kepemimpinan dari Mega ke Puan Maharani diharapkan akan berjalan mulus, tanpa riak-riak yang berarti.

Sinyal tersebut juga dikemukakan Mega saat memberikan pidato politiknya di gedung Manggala Wanabakti pada 21 April 2012. Ia menginginkan agar anaknya, Puan Maharani, menjadi presiden dari PDIP. Keinginan Mega mengusung Puan sebagai capres kiranya sejalan dengan harapan Taufiq Kiemas.

Keinginan Mega juga mengisyaratkan bahwa harapan Taufiq Kiemas agar Indonesia dipimpin orang muda hanyalah retorika politik. Ini karena di PDIP banyak orang muda yang kompeten dan popularitasnya dapat diadu dengan Puan Maharani. Namun, sinyal untuk itu tidak pernah muncul baik dari Mega, Taufiq Kiemas, maupun kader PDIP sendiri.

Jadi, di balik pernyataan Taufiq Kiemas tersebut kiranya hanya strategi untuk memuluskan estafet kepemimpinan di PDIP. Taufiq Kiemas boleh jadi tidak peduli capres mendatang dari generasi tua atau generasi muda. Baginya, yang terpenting adalah bagaimana suksesi kepemimpinan di PDIP dari Mega ke Puan Maharani dapat berjalan sesuai skenarionya.

Kalau demikian halnya, tujuan utama Taufiq Kiemas boleh jadi tidak terlalu berharap kader terbaik PDIP dapat memenangi Pilpres 2014.

Ini karena, kalau PDIP berhasil melakukan suksesi kepemimpinan melalui penentuan capres PDIP kepada Puan Maharani, maka peluang memenangi Pilpres 2014 tampaknya akan tertutup. Puan Maharani, dilihat dari berbagai aspek memang dinilai belum layak menjadi capres, apalagi presiden.

Namun, bagi Taufiq Kiemas, bisa jadi hal itu bukan persoalan prinsip, selama dinasti keluarga tetap memimpin PDIP. Sang anak, yang masih mudah dinilai masih cukup banyak waktu untuk menjadi presiden, layaknya sang kakek dan ibundanya. Mungkin itu yang ada di benak Taufiq Kiemas, sehingga kepentingan keluarga lebih menonjol daripada kejayaan partai wong cilik.

Harus Teruji

Keinginan untuk mengusung anak menjadi calon presiden bukanlah tindakan yang salah. Di banyak negara demokrasi hal itu sudah kerap terjadi. Bahkan, Amerika Serikat, yang dinilai dedengkotnya demokrasi, sudah melakukan hal itu sejak lama. Ini artinya, bila Taufiq Kiemas dan Mega nantinya benar-benar mengusung Puan Maharani menjadi capres, pada dasarnya mengikuti pola Amerika Serikat.

Sepanjang sejarah demokrasi Amerika Serikat, ada dua pasangan orang tua dan anak yang menjadi presiden negeri Paman Sam tersebut. Pasangan pertama, John Adams dan John Quincy Adams yang merupakan presiden ke-2 dan ke-6 Amerika Serikat. Kedua, George W Bush dan George W. Presiden ke-41 dan 43 merupakan pasangan kedua ayah dan anak yang menjadi presiden Amerika.

Hanya saja, di Amerika Serikat, seorang anak yang mengikuti jejak orang tuanya menjadi presiden sudah melalui ujian dengan berbagai kompetisi sebelum menjadi orang pertama di AS. Mereka tidak hanya memiliki nama besar ayahnya (keluarga), namun sudah teruji dalam panggung politik. Dengan begitu, pencalonan sang anak tidak menjadi masalah, karena dinilai memiliki kapasitas untuk menjadi presiden.

Berbeda halnya dengan kasus Indonesia, yang belum memiliki sistem ujian politik yang baik untuk dilalui seorang anak menjadi presiden seperti orang tuanya.
Proses ujian di Indonesia masih ditolong melalui nama besar orang tuanya, seperti yang dijalani Mega di awal karier politiknya. Bahkan, hingga sekarang Mega masih berada di bawah bayang-bayang orang tuanya, di mana foto Pak Karno selalu mendampingi Mega dalam berbagai aktivitas politiknya.

Kecenderungan yang sama juga membayangi kiprah Puan Maharani, yang dalam banyak aktivitas politiknya kerap didampingi foto Mega dan Pak Karno. Pendekatan yang relatif sama ini diharapkan dapat mengantarkan Puan Maharani menjadi orang nomor satu di PDIP, sekaligus mengulang sukses sang ibu dan kakek.

Persoalannya adalah apakah cara demikian akan berhasil di tengah era yang berbeda? Tentu sulit menjawabnya. Hanya saja, sejarah sudah membuktikan, langgam yang sama bila diterapkan di era yang berbeda, kerapkali hasilnya akan jauh dari harapan.

Karena itu, upaya mengantarkan Puan Maharani menjadi capres 2014, sekaligus suksesi kepemimpinan di PDIP, akan berhasil bila langgam yang digunakan disesuaikan dengan tuntutan zaman.

Jadi, keinginan Taufiq Kiemas dan Mega akan berhasil, bila Puan Maharani harus melewati ujian yang akan menyeleksinya pantas atau tidak menjadi orang nomor satu di republik ini.

Bila tidak, dikhawatirkan akan timbul gejolak di internal partai, yang imbasnya akan berpengaruh pada perolehan suara PDIP pada Pileg dan Pilpres 2014. Kiranya hal itu patut direnungkan Taufiq Kiemas dan Mega sebelum memutuskan Puan Maharani maju sebagai capres 2014. ● 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar