Jumat, 20 Juli 2012

Derap Inovasi Dunia


Derap Inovasi Dunia
Ninok Leksono ; Pimpinan Redaksi Kompas
KOMPAS, 20 Juli 2012

Dalam laporan utamanya bertajuk The Decline of American Innovation (23/11/09), Newsweek menulis soal merosotnya inovasi Amerika Serikat. Meski pesaing utamanya dewasa ini, yakni China, masih menganggap perusahaan terkemuka AS—seperti General Electric—lebih unggul, khususnya dalam keandalan, tidak sedikit kalangan di AS sendiri yang mengakui bangsa lain kini sudah menyaingi AS dalam inovasi.

Seperti dikutip Daniel McGinn dalam laporan Newsweek di atas, kalau sampai sekarang General Electric (GE) masih dikagumi orang, hal itu ada alasannya. GE punya akar kuat yang jika dirunut berasal dari Laboratorium Menlo Park Thomas A Edison yang dianggap sebagai situs sejumlah inovasi paling hebat dalam sejarah dunia. Dari lab itulah, menurut McGinn, lahir keturunan spiritual Edison—baik yang menjadi insinyur, ahli genetika, ahli pemrograman, maupun entrepreneur—yang kini masih giat melakukan riset dasar di sejumlah penjuru negeri.

Laporan yang diturunkan dari hasil survei tersebut melahirkan sejumlah kesimpulan penting. Dua pertiga responden yang ditanya mengakui bahwa inovasi akan jadi semakin penting bagi perekonomian AS dalam kurun 30 tahun mendatang. Namun, ketika ditanya tentang bagaimana posisi AS, di antara responden AS dan China terdapat perbedaan. China masih menganggap AS lebih unggul dalam inovasi, sementara di kalangan AS sendiri hanya 41 persen yang setuju dengan hal itu.

Lebih jauh diungkapkan cara untuk melahirkan terobosan di masa datang, di mana AS akan fokus dalam peningkatan pendidikan matematika dan sains, sementara China lebih fokus pada pengembangan penyelesaian masalah secara kreatif dan peningkatan keterampilan bisnis.

Uraian tentang bagaimana inovator China mengubah dunia bisa dijumpai dalam buku karya Yinglan Tan (Chinnovation, 2011) dan karya Rebecca A Fannin (Silicon Dragon, 2008). Peningkatan keterampilan bisnis telah menjadi citra umum tentang bangsa China, tetapi bisnis yang ditopang oleh teknologi gamblang diungkapkan dalam buku Fannin. Misalnya saja tentang bagaimana Baidu, Alibaba, dan Dangdang.com yang bertumpu pada teknologi digital bisa tumbuh menjadi perusahaan terkemuka di China.

Di sisi lain juga diakui bahwa pencetus Baidu, Robin Li, membawa Baidu ke kesuksesan dengan memanfaatkan apa yang ia pelajari di Lembah Silikon, situs persemaian teknologi informasi Amerika di California, dan Dangdang.com sukses karena mempelajari apa yang dilakukan Amazon.com. Aspek bisnis diakui masih tetap merupakan skill yang menonjol dalam inovasi di China. Namun, bahwa China punya tekad untuk memajukan inovasi tampak dari uraian Yinglan Tan, yang menulis bahwa yang kini sedang berlangsung adalah mengubah dari citra status ”made in China” menjadi ”innovated in China”.

Dalam kenyataan, dua elemen penting inovasi—yakni keunggulan dalam sains, teknologi, dan dalam desainnya serta keunggulan dalam pemasaran—harus bisa direalisasikan agar karya inovasi tidak hany berhenti sebagai karya iptek, tetapi juga sukses dipasarkan dan ikut berkontribusi dalam perekonomian nasional.

Rusia Mengejar

Ketika bangsa-bangsa di dunia gencar berlomba dalam inovasi, Rusia sebagai salah satu bangsa besar rupanya tak mau ketinggalan. Dalam bidang kedirgantaraan, misalnya, setelah meredup selama sekitar dua dasawarsa, Rusia kini tengah merombak secara besar-besaran industri kedirgantaraannya. Meski promosi Sukhoi Superjet 100 tertimpa sial di Indonesia, di ajang Pameran Kedirgantaraan Farnborough, Inggris, Juli ini, Sukhoi Superjet tampil dalam profil tinggi.

Selain Sukhoi Superjet 100, Rusia juga membuat pesawat tempur baru, PAK-FA, buatan United Aircraft, yang diharapkan selain inovatif, juga mampu mengangkat ekspor (Flight International, 10-16/7/12).

Lebih umum lagi, Rusia juga sedang mengembangkan Technopark di Skolkovo, dekat Moskwa. Dalam beberapa tahun ke depan, Skolkovo diharapkan menjadi salah satu kota hi-tech di dunia. Luasnya hampir 400 hektar, dua kali taman Olimpik London. Di sini akan ada universitas yang bisa menampung 1.800 mahasiswa, 40 pusat litbang, dan taman teknologi yang bisa menampung 1.000 perusahaan pemula (start-up) (The Economist, 14/7/12)

Lebih jauh dari itu, Skolkovo juga menampilkan ”inovasi” di luar yang kasatmata, yaitu berupa perlakuan pajak, visa, dan impor khusus seperti diterapkan di zona ekonomi khusus, seperti Shenzhen di China.

Skolkovo dimaksudkan untuk menjadi basis ekosistem luas yang terentang ke seluruh Rusia dan untuk menggalang kebersamaan peneliti, entrepreneur, dan investor di lima bidang pilihan, yakni TI, biomedika, efisiensi energi, teknologi ruang angkasa, dan nuklir, yang dianggap sudah mengakar kuat di Rusia.

Tampak bahwa masing-masing kuasa utama dunia memiliki strategi sendiri untuk mempertahankan atau memperkuat kemampuan inovasi nasionalnya.

Di mana Indonesia?

Isu tentang inovasi juga sebenarnya marak di Tanah Air. Selain melalui penerbitan (seperti tentang ekonomi dan budaya inovasi oleh lembaga pendidikan Prasetya Mulya dan ITB), secara formal Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga telah membentuk Komite Inovasi Nasional (KIN) yang dipimpin oleh Zuhal.

Setelah diresmikan tanggal 15 Juni 2010, KIN telah menghasilkan banyak pemikiran tentang bagaimana inovasi bisa menjadi salah satu penggerak perekonomian nasional. Konsep Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia, antara lain, juga mewujud dengan kontribusi KIN bersama Komite Ekonomi Nasional (KEN).
KIN pun merumuskan Konsep 1-747 untuk Presiden yang cukup unik, di mana 1 adalah besaran persentase anggaran riset dari produk domestik bruto; 7 adalah jumlah sistem percepatan inovasi; 4 adalah jumlah wahana inovasi, dan 7 terakhir adalah jumlah tujuan yang diharapkan bisa dicapai dengan 7 proses dan 4 wahana yang didukung oleh dana riset sebesar 1 persen dari PDB di atas.

Secara konsep tidak ada yang keliru dari ide 1-747 di atas. Namun, yang menjadi pertanyaan tentu bagaimana hal tersebut direalisasikan, misalnya saja peningkatan anggaran riset dari 0,05 persen menjadi 1 persen justru di tengah keterbatasan anggaran yang dihadapi pemerintah saat ini, yang berarti peningkatan sebesar 20 kali.

Paham tentang bagaimana kontribusi inovasi terhadap ekonomi juga sudah tidak asing bagi banyak kalangan di Indonesia. Riwayat Robert Solow mengembangkan model yang melukiskan bahwa sumbangan terbesar pada pertumbuhan ekonomi tidak datang dari tenaga kerja atau modal, tetapi dari teknologi, antara lain dikemukakan oleh Umar Juoro, anggota KEN, dalam kontribusinya dalam buku Ekonomi Inovasi (terbitan LPIK ITB, 2010). Disebutkan pula ide awal tentang inovasi sebagai pendukung utama perkembangan ekonomi oleh Joseph Schumpeter (sejak 1934).

Namun, KIN juga menyadari bahwa unsur ketujuh dalam sistem percepatan inovasi, yakni ”menciptakan iklim kondusif untuk pengembangan budaya, sistem insentif, dan regulasi”, masih tetap merupakan problem utama yang harus ditanggulangi. Tidak heran jika kini masih sering muncul ucapan bahwa sebelum mencapai inovasi teknologi, hasilkan dulu inovasi dalam birokrasi. Padahal, masih sering pula muncul penilaian bahwa yang lebih dulu dibutuhkan adalah reformasi birokrasi, yang kalau berhasil sudah merupakan inovasi besar yang dicapai bangsa Indonesia.

Uraian di atas tentang inovasi di AS, China, dan Rusia memperlihatkan bagaimana bangsa maju terus gerah serta ingin lebih maju dan tetap penuh daya saing, tidak ingin ketinggalan oleh bangsa lain. Bangsa Indonesia pun menangkap semangat itu. Hanya saja, jurang masih lebar antara kepintaran membuat formulasi dan mewujudkan ide menjadi aksi efektif-produktif. Salah satu contoh inisiatif mobil SMK Solo. Apa yang semula dipandang bisa menjadi sebuah momentum untuk menggerakkan inovasi nasional di bidang otomotif yang mengonsumsi devisa dalam jumlah triliunan rupiah ternyata bak balon yang tak lama kemudian mengempis, tak menghasilkan jejak apa pun.
Satu demi satu, dan selalu, Indonesia kehilangan momentum sejarah. ●

Tidak ada komentar:

Posting Komentar