Minggu, 05 Januari 2014

Tahun Baru

                                                             Tahun Baru

Victor Litaay  ;   Wartawan/Kontributor Sinar Harapan (?)
SINAR HARAPAN,  31 Desember 2013

                                                                                                    
                                                                             
  
Saya hampir berani memastikan, satu lagu yang akan diperdengarkan di pergantian tahun adalah Auld Lang Syne karya seorang penyair Skotlandia, Robert Burns, yang dibuat pada 1788.

Konon, Burns tidak menulisnya sendiri. Ia mengadopsinya dari karya orang lain. Auld Lang Syne berkisah tentang persahabatan, menyiratkan pentingnya mengenang dan merenungkan apa yang telah dilewati.

Lalu, apa yang layak kita kenang dari 2013? Di pagi hari, saat melintas di pusat kota, dari jendela bus, saya menyaksikan pembuatan panggung dadakan tepat di tengah jalan. Seakan membaca pikiran para penumpang, seorang bapak di samping saya berkomentar, “Wah bakal macet besok nih,” gumamnya, mungkin untuk dirinya sendiri.

Setiba di kantor, saya sempat membaca berita bahwa seorang artis papan atas Indonesia mengakui, honornya menghibur masyarakat penonton di malam tahun baru ini bisa ratusan juta rupiah.

Di lingkungan rumah saya, para tetangga jauh-jauh hari sudah saling bertanya, siapa saja yang ada di rumah dan tidak pulang kampung. Ini penting agar rencana acara barbekyu-an, alias bakar-bakar jagung, ikan, ayam, dan sebagainya lancar. 

Lokasinya pun sudah ditetapkan. Demikian pula daftar bahan yang harus dibeli.
Setidaknya masih ada beberapa hal yang bisa mewarnai persiapan pergantian tahun, seperti kembang api dan trompet. Saya menduga, saat pulang ke rumah nanti, saya bisa mendengar lengkingan trompet yang baru dibeli para orang tua, ditiup anak-anak, bahkan sebelum tahun baru.

Namun, mungkin karena kebiasaan, saya dalam beberapa tahun terakhir ini mengamati akan adanya apa yang saya namakan “pertanyaan standar” yang akan ditanya para reporter di TV, radio, atau surat kabar, khusus untuk menyambut Tahun Baru.

Itu kira-kira berbunyi, “Apa resolusi Anda di Tahun Baru?” Jawabannya pun penuh semangat dan kelihatan bersungguh-sungguh. Sampai ada media yang merasa perlu menyusun daftar resolusi terbaik di tahun tertentu, tidak masalah terpenuhi atau tidak.

Hiruk-pikuk persiapan terjadi di sekitar saya. Bahkan, saat menulis ini masih muncul reminder pesan otomatis akan paket promo akhir tahun produk A, diskon menginap dan merayakan Tahun Baru di Hotel B, belum lagi cuci gudang akhir tahun, dan sebagainya.

Bahkan, kalau mau, Anda bisa memperoleh paket murah perjalanan ibadah yang konon didiskon atas dasar Tahun Baru. Semua pihak punya alasan mengambil manfaat dari Tahun Baru.

Tidak ada salahnya pelaku ekonomi menawarkan banyak hal pada konsumen. Toh, mereka juga perlu hidup. Mendulang rezeki dalam suasana hati konsumen yang bergembira adalah wajar. Konsumen juga perlu bergembira.

Kalau boleh jujur, konsumen banyak yang mulai menyiasati kegiatan mereka. Tanpa perlu ke luar negeri, di dalam negeri saja rata-rata hotel, restoran, dan tempat hiburan yang bisa dipesan sudah mendekati, jika tidak bisa dibilang, habis terjual atau terpesan.

Dengan siap dibelanjakannya rupiah untuk konsumsi akhir tahun, semoga kenangan akan rupiah yang terus menurun terhadap dolar AS di Agustus akan menjadi pertimbangan.

Tidak ada faedahnya jika setelah hingar-bingar Tahun Baru, kegiatan ekonomi lesu karena semua sibuk memperbaiki cash flow rumah tangga. Apalagi jika sebagian orang merasa perlu minta tambahan ke tempat kerja dengan alasan harga-harga membumbung tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar