Jumat, 13 Februari 2015

Hari Orang Sakit Sedunia

Hari Orang Sakit Sedunia

FX Wikan Indrarto   ;   Dokter Spesialis Anak RS Bethesda Yogyakarta,
Alumnus S-3 UGM
KORAN SINDO, 12 Februari 2015
                                                        
                                                                                                                                     
                                                

Hari Orang Sakit Sedunia (World Day of the Sick) ditetapkan oleh Sri Paus Yohanes Paulus II pada 13 Mei 1992 dan mulai dirayakan pada 11 Februari 1993.

Bapa Suci menetapkan Hari Orang Sakit Sedunia (HOSS) setahun setelah didiagnosa menderita penyakit parkinson pada awal 1991. Apa yang sebaiknya kita ketahui? Ketiga tema HOSS yang terus-menerus didengungkan setiap 11 Februari adalah mengingatkan semua orang beriman untuk berdoa secara khusyuk dan tulus bagi mereka yang sedang sakit.

Kedua, mengundang semua orang beriman untuk merefleksikan sakit dan penderitaan manusia. Ketiga, penghargaan bagi semua orang yang bekerja dalam bidang kesehatan. Subtema HOSS 2015 ini mengajak kita untuk merenungkan dari perspektif ”sapientia cordis ” (kebijaksanaan hati) seturut seruan Paus Fransiskus. Pertama, kebijaksanaan hati berarti melayani saudara-saudara kita yang sedang sakit, yang diawali dengan kemurnian hati, pelayanan dan bela rasa, sampai menghasilkan buah yang baik.

Dalam pelaksanaan melayani orang sakit tersebut, kita diharapkan mampu bersikap seturut semangat Ayub, ”Saya mata untuk orang buta, dan kaki bagi orang lumpuh” (Ayub 29:15) kepada sesama yang sakit, khususnya orang miskin, anak yatim, dan janda. Hari ini juga kita semua diajak untuk menunjukkan bukan dengan kata-kata, tetapi dengan kehidupan yang berakar dalam iman sejati bahwa kita mampu menjadi ”mata untuk orang buta” dan ”kaki bagi orang lumpuh”.

Pelayanan kita tidaklah harus dilakukan dengan menjadi petugas kesehatan bagi para pasien. Sebenarnya kita dapat sekadar dekat dengan orang sakit, terutama yang membutuhkan perawatan lama, membantu dalam memandikan, berpakaian, mencucikan dan menyuapkan makanan.

Layanan sederhana seperti ini terutama bila dilakukan berkepanjangan, pastilah dapat menjadi sangat melelahkan dan memberatkan. Apalagi pada pasien yang sakit berat sudah pasti tidak lagi mampu mengungkapkan rasa terima kasihnya, karena kesadarannya sudah jauh menurun. Meskipun tidak ada yang menginginkannya, setiap manusia akan mungkin mengalami sakit, penderitaan, bahkan dapat berlanjut dengan kematian.

Sakit yang ringan sekalipun sebaiknya digunakan sebagai sebuah momentum penting untuk mensyukuri sehat. Apalagi sakit berat, kronis, dan kemungkinan sembuhnya kecil seperti kanker, sudah seharusnya menjadi momentum untuk menyatukan kita semua umat manusia. Kita diingatkan untuk bersandar pada Tuhan menyadari pentingnya iman bagi mereka yang sakit dan berbeban berat untuk datang kepada Tuhan.

Dalam pertemuan dengan Tuhan melalui caranya masingmasing, mereka yang sakit akan menyadari bahwa dirinya tidak sendirian. Kita dapat membantu orang sakit agar masa penderitaannya dapat diubah menjadi masa rahmat. Sering kali dalam penderitaan sakitnya orang mudah terjatuh untuk menjadi putus asa dan kehilangan harapan.

Pada saat itulah kita yang sehat sebaiknya menekankan akan penyertaan Tuhan, sehingga masa sakit tersebut dapat diubah menjadi masa rahmat Ilahi dengan permenungan mendalam untuk mengevaluasi kembali hidup seseorang, mengakui kegagalan, buruknya perilaku hidup, dan kesalahan, serta membangkitkan kerinduan akan Tuhan dan mengikuti jalan menuju rumah-Nya.

 Kedua, kebijaksanaan hati seharusnya diartikan bahwa waktu yang kita habiskan dengan orang sakit, apalagi melayaninya, adalah waktu suci. Sering kali kita lupa nilai khusus tentang waktu yang dihabiskan di samping tempat tidur orang sakit, karena alasan terburuburu dan terjebak dalam hirukpikuk aktivitas rutin.

Kebijaksanaan hati berarti bahwa kita memberikan waktu mendampingi saudara yang sakit, karena kita secara bebas mengurus dan bertanggung jawab untuk orang lain. Ketiga, kebijaksanaan hati berarti menunjukkan solidaritas dengan saudara-saudara kita dan tidak menghakimi mereka atas sakit yang mereka alami.

Saat mengunjungi, merawat, dan menemani orang sakit, diam saja pun sudah mencukupi seperti teman-teman Ayub: ”Dan mereka duduk dengan dia di tanah tujuh hari tujuh malam dan tidak ada yang berbicara sepatah kata kepadanya, karena mereka melihat bahwa penderitaannya sangat besar.” (Ayub 2:13). Bagi kita semua yang sehat, memberikan pendampingan, penghiburan dan perhatian untuk mereka yang sakit sangatlah berarti.

Selain itu, kita disadarkan akan pergerakan roda kehidupan. Pada saat sehat kita seharusnya meluangkan waktu, tenaga, pikiran, dan dana untuk membantu mereka yang sakit. Pada saat yang lain sangat mungkin kita sendiri justru menjadi orang yang sakit dan memerlukan hal sama dari semua orang di sekitar kita sebagaimana pergerakan dan putaran roda kehidupan.

Pada sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang sekarang berlaku di Indonesia, kendali mutu dan kendali biaya pelayanan kesehatan untuk pasien yang sakit akan lebih mudah terwujud. Kendali tersebut juga penjaminan pembiayaan pasien dilakukan oleh BPJS Kesehatan. Hal ini dapat terwujud karena kebebasan profesi dokter semakin mampu direduksi, kompleksitas masalah medis pasien makin dapat diabaikan, dan mutu pelayanan medik yang dilakukan semakin dapat disetarakan.

Jaminan pembiayaan pasien apabila tetap di dalam pengendalian akan dapat menjangkau seluruh rakyat Indonesia (universal health coverage) dengan dana BPJS Kesehatan yang tersedia. Terjadi perubahan besar dalam sistem pembiayaan kesehatan di Indonesia setelah sistem JKN diberlakukan sejak 1 Januari 2014. Jasa medis yang diterima petugas kesehatan pada umumnya terjadi penurunan nominal dibandingkan dengan pada saat sistem kesehatan yang lama.

Penghargaan bagi petugas kesehatan layak diberikan terutama karena dedikasinya yang tetap tinggi dan tidak berubah dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi para pasien sesuai ketentuan dalam program JKN.

Dengan momentum Hari Orang Sakit Sedunia 11 Februari 2015 kita diingatkan agar memiliki kebijaksanaan hati bagi para orang sakit. Sudahkah kita bertindak untuk meringankan beban orang sakit di sekitar kita?  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar