Presiden
Baru dan Anak Muda
Garin Nugroho ;
Sutradara Film, Kolumnis
“Udar Rasa” Kompas
|
KOMPAS,
10 Agustus 2014
Sekiranya tidak serius melakukan transformasi ledakan penduduk usia
produktif (15-34), muncul ledakan generasi muda konsumtif dari pasar produk
asing dan ledakan tenaga kerja asing di posisi strategis.
Sementara, ledakan anak muda kurang keterampilan memenuhi ruang
publik yang semakin penuh kekerasan simbolik dan konsumtif di tengah mal,
hingga waralaba yang menawarkan gaya hidup produk impor, kehilangan
infrastruktur bagi daya hidup produktif anak muda. Yang tersisa hanya suasana
penuh iming-iming gaya hidup dan hiruk-pikuk tanpa panduan kerja, mudah
menjadi amuk dari energi anak muda yang tidak mendapat ruang hidup.
Catatan di atas hanyalah catatan pendek pribadi di buku harian
di tengah menikmati gudeg di dekat rumah sewaktu mudik Lebaran ke Yogyakarta.
Barangkali catatan ini terasa sedikit berlebihan, tetapi menjadi renungan
pasca Lebaran sebagai hari kemenangan, demikian juga kemenangan presiden
baru.
Demografi penduduk Indonesia 2013 menunjukkan proporsi penduduk
di bawah usia 40 tahun yang mencapai 69 persen, lebih khusus lagi penduduk
usia 15-34 tahun mencapai 82 juta, proporsi 68,7 persen. Inilah tantangan
utama bagi presiden baru, merujuk anak muda sebagai energi utama gerak bangsa
dan masa depan.
Artinya, presiden baru Indonesia akan dihadapkan pada tantangan
melahirkan strategi budaya untuk anak muda Indonesia. Yang dimaksud strategi
budaya adalah kebijakan politik yang didukung oleh keputusan hukum dan
manajemen pemerintahan mengelola modal sosial anak muda dari perilaku
konsumtif menjadi produktif, dari lemah keterampilan menjadi terampil,
berbasis panduan karakter bangsa yang produktif: disiplin, kerja keras,
jujur, cinta negara, toleran, inovatif.
Meski pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan diprediksi
mencapai 5,6 persen serta pertumbuhan masyarakat kelas menengah mencapai 131
juta berbanding populasi 234 juta, alias tumbuh sekitar 7 juta per tahun.
Namun, ketergantungan tenaga kerja produktif dengan tidak produktif mencapai
50 persen. Sebuah isyarat, tantangan presiden baru adalah paradoks yang
memprihatinkan berkait kualitas anak muda Indonesia.
Data menunjukkan kualitas tenaga kerja Indonesia di bawah lima
negara ASEAN: Indonesia 7 persen, Thailand 17 persen, dan Filipina 28 persen.
Postur tenaga kerja Indonesia didominasi lulusan sekolah dasar mencapai 52
juta, separuh dari total tenaga kerja 110,8 juta, sementara pekerja lulusan
universitas hanya 6,83 persen. Bandingkan Malaysia, 55,7 persen lulusan
sekolah menengah. Di sisi lain, pada infrastruktur yang menjadi ruang tumbuh
anak muda menempati peringkat ke-61 dibanding 148 negara. Bahkan, aneh tapi
nyata, pada aspek infrastruktur pelabuhan di bawah Kamboja.
Catatan di atas mencerminkan kualitas dan infrastruktur ruang
tumbuh yang menjadi dasar pertumbuhan anak muda Indonesia terendah di ASEAN.
Oleh karena itu, dalam contoh konkret, meski secara individu anak muda
Indonesia bermunculan di ranah internasional di wilayah industri kreatif
seperti film, dalam skala jumlah tenaga pembuat film Filipina hingga Thailand
lebih unggul secara kualitas.
Catatan di atas menunjukkan, bertumbuhnya jumlah usia anak muda
tidak diikuti keterampilan, pendidikan, dan ruang tumbuh produktif. Dengan
kata lain, terjadi jurang lompatan antara skala kecil anak muda kaya ekonomi,
keterampilan, serta ruang tumbuh dengan mayoritas penduduk Indonesia.
Strategi budaya bangsa adalah strategi untuk mengolah cara
berpikir, bertindak, dan bereaksi sebuah bangsa dalam menjawab tantangan
dunianya kini dan nanti. Salah satu strategi adalah membaca syarat peradaban
yang menjadi ruang tumbuh anak muda. Syarat-syarat tersebut antara lain
mencakup: ruang publik produktif, ruang keterampilan yang mudah diakses,
ruang pertumbuhan perbengkelan dan teknologi rakyat, ruang pertumbuhan selera
seni, jiwa olahraga, dan hasrat intelektual hingga ruang pergulatan
lokal-nasional-global bagi transformasi nilai pikir dan kerja.
Periode kampanye pilpres telah menunjukkan dinamika potensi
kreatif serta semangat berbangsa dari kaum muda. Tantangan presiden
baru adalah mentransformasi daya hidup anak muda tersebut dalam kerja
pelaksanaan berbangsa, atau pilpres hanyalah kultur melodrama cinta
kepemimpinan yang seumur jagung, mengambil istilah peramal agung Jayabaya. ●
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar