Pemimpin
Itu..
Bandung
Mawardi, Pengelola
Jagat Abjad Solo
SUMBER : KORAN TEMPO, 25 Maret 2012
Pemimpin itu perkara genting menjelang agenda
membentuk negara Indonesia. Perkara pemimpin menjadi polemik. M.I.Sj. dalam Sinar
Baru (31 Mei 1945) menulis ihwal usul pemunculan "maha-pemimpin"
untuk menggerakkan dan memaknai Indonesia. Usul ini politis-fantastis:
"Maha pemimpin perlu adanja! Maha pemimpin siapa pun juga orangnja--harus
dijalankan segala perintahnja dengan setia! Maha pemimpin--bagaimanapun
djuga--tak boleh kita cela. Sebab jakin dan percaja bahwa beliau tentu telah
tahu djalannja. Lebih tahu dari kita! Djalan ke kebahagiaan nusa dan
bangsa!" Harapan ini tampak berlebihan dan mengandung pengkultusan.
Seruan itu seolah mengarah ke sosok Sukarno.
Tokoh ini telah tampil sebagai pemimpin untuk rakyat selama puluhan tahun.
Sukarno itu mungkin "maha-pemimpin". Makna ketokohan Sukarno semakin
mengental saat mengucapkan pidato dalam sidang BPUPKI (1 Juni 1945). Sukarno
membeberkan soal dasar-dasar negara untuk Indonesia. Sukarno saat itu eksplisit
mengakui diri sebagai "pemimpin rakjat". Hari itu Sukarno menyuguhkan
gagasan-gagasan memukau dalam sidang. Situasi di ruangan itu agak berbeda
dengan kritik Siti di Sinar Baru (1 Juni 1945). Siti menampik seruan
M.I.Sj soal "maha-pemimpin". Siti justru mengingatkan: "Salah
satu rasa-rasa peninggalan masjarakat Hindia Belanda itu adalah anggapan bahwa
pemimpin itu ialah orang jang harus dipudji-pudji, disembah-sembah, dihormati
sebagai dewa atau manusia jang luar biasa. Anggapan itu salah belaka!"
Polemik soal pemimpin di Sinar Baru itu sengit. Sosok Sukarno tampak
sekali menjadi pokok polemik.
Episode sejarah itu seolah mengingatkan kita
akan krisis pemimpin Indonesia di abad XXI. Rakyat sulit mencari pemimpin.
Rakyat sekadar mengimpikan pemimpin saat Indonesia menapaki jalan suram yang
disebabkan oleh perilaku buruk para elite politik. Harapan atas pemimpin
(hampir) tak bereferensi. Partai politik tak bisa menjadi sandaran. Indonesia
justru merana oleh kebinalan dan arogansi partai politik. Para pemimpin memang
terus dilahirkan oleh partai politik, tapi "karbitan",
"gadungan", "karatan". Mereka ambisius menjadi pemimpin
tanpa mengejawantahkan keluhuran politik dan pengabdian atas nama rakyat.
Krisis dan ilusi para pemimpin ini pernah
menjadi pokok seruan Hamka dalam esai "Pemimpin dan Pimpinan" di
majalah Hikmah (20 Februari 1954, No. 8 Tahun VII). Hamka menulis:
"Pemimpin sedjati dipandang patut, tetapi dialah jang merasa takut. Sebab
jang diingatnja ialah tanggung djawab. Tetapi jang penuh ambisi, mulailah
beraksi!" Seruan Hamka itu masih berlaku untuk hari ini, karena para
pemimpin rajin berbohong dan kehilangan rasa malu. Mereka kebal terhadap
kritik. Mereka abai amanah, tapi mengumbar serakah kekuasaan dan uang. Ambisi
menjadi pemimpin pun mulai bergerak ke arah politik picisan. Mereka bersaing
"mengiklankan diri" di televisi, koran, majalah, radio, poster.
Amalan untuk menjadi pemimpin mirip dramaturgi picisan ala industri hiburan.
Pemimpin kita lahir dari rahim partai
politik. Pemimpin sejak mula memiliki beban politik balas budi demi partai
politik. Nalar ini kerap mengalahkan misi untuk rakyat. Partai politik pun
menjelma pabrik. Agenda politik memerlukan modal dan legitimasi demi pemunculan
pemimpin. Basis kelahiran pemimpin dari rahim partai politik rentan manipulasi
dan candu imaji, ketimbang etos untuk mengabdi atas nama titah rakyat. Kondisi
ini mengakibatkan pemimpin lulusan partai politik saat ada di tampuk kekuasaan
alpa lakon pengharapan dan kritik rakyat. Mereka pun mengebalkan diri dari
kritik dan menulikan diri agar tak mengerti rintihan-keluhan rakyat.
Gejala ini sudah berlangsung sejak lama di
Indonesia. Bujung Saleh (1952) mengucap dalam simposium tentang
"kesulitan-kesulitan zaman peralihan sekarang" di Jakarta:
"Tjobalah batja koran-koran kita. Sedjak 1945 berulang-ulang ditulis
kritik terhadap pemimpin, sekian sering, sehingga rakjat bosan membatja kritik
ini sekarang. Sementara itu kaum pemimpin sudah mendjadi kebal...."
Babak-babak sejarah politik kita memang memiliki para pemimpin kebal kritik.
Bujung Saleh menghendaki agar para pemimpin mementingkan zelf-controle
dan zelf kritik. Agenda melihat diri sendiri secara kritis itu
keharusan!
Mawas diri dan kritik diri itu hampir tak
tampak pada para pemimpin Indonesia sekarang. Mereka justru lihai berkelit dan
berbohong dari pelbagai sangkaan dan kritik. Mereka tak mau disalahkan atau
dijatuhkan. Mereka kerap kalap dan mengidap pemujaan terhadap uang-kekuasaan-popularitas.
Realitas politik ini mendapat kritik kultural dari Ki Ageng Suryomentaram
(1892-1962). Filsuf dan petani Jawa ini mengumumkan ajaran tentang pangawikan
pribadi (ilmu untuk mengetahui rasa diri sendiri). Pangawikan pribadi
ini basis etos-mentalitas untuk tak jatuh dalam jerat semat, drajat, kramat
(uang, kekuasaan, popularitas). Pemimpin memerlukan kesanggupan melihat diri
dan mengamalkan diri atas nama kebersahajaan bersama rakyat.
Ajaran itu seolah tersimpan di buku-buku
lawas berdebu. Pemimpin politik kita saat ini justru menistakan pengharapan
rakyat demi pemujaan terhadap diri sendiri dan narsisisme politik. Sejarah
pemimpin kita berlumuran aib ketimbang keluhuran politik. Pemimpin pun seperti
monster dalam imajinasi paling buruk di jagat politik Indonesia. Pemimpin
jarang memberi kelegaan tapi rajin menimbulkan lara, petaka, nelangsa. Kita
mungkin sudah ada dalam derajat traumatik pemimpin politik.
Partai-partai politik sebagai rahim para
pemimpin semakin tampak bobrok dan amburadul. Kita mulai dihinggapi rasa muak
dan mual untuk turut mengurusi partai politik dan kerapuhan etos para pemimpin
politik. Imajinasi akan pemimpin mulai jatuh ke kubangan aib dan dusta. Ingatan
atas polemik soal pemimpin menjelang pembentukan negara Indonesia dan situasi
politik mutakhir sesak oleh catatan-catatan kelam. Kita pun termangu saat
menonton para pemimpin mengkultuskan diri atau menjajakan diri agar mendapati
mandat menggerakkan Indonesia. Mereka sedang memerankan diri sebagai aktor buruk
dalam tragedi politik. Para pemimpin itu menggoda kita untuk menanggungkan
derita-derita Indonesia. ●
Tidak ada komentar:
Posting Komentar