Minggu, 20 Januari 2013

Indonesia-Japan Relations : The Soccer dimension


Indonesia-Japan Relations : The Soccer dimension
Santo Darmosumarto ;  An Assistant to The Presidential Special Staffer
for International Affairs
JAKARTA POST, 18 Januari 2013



The mid 1980s was arguably the highest point of Indonesia’s soccer history. The national team won gold at the 1987 SEA Games and played in the semifinals of the 1986 Asian Games, only losing to eventual winner South Korea. Indonesia passed the first round of World Cup qualifications with only one loss, finally surrendering to (again) South Korea. And the professional league, Galatama, was attracting hordes of attention as one of the first professional soccer leagues in Asia.

Around the same time in Japan, soccer was only being played by amateurs. Japan did win the Olympic bronze medal in 1968, but the people’s appetite for the game had dwindled, as baseball took center stage in the country’s sporting culture. It was not until 1993 that the J-League came into existence, to raise the quality of domestic soccer and strengthen the national team.

Japan is now the reigning Asian champion, winning the title four times since the 1990s. Its players are no longer simply known for their fancy hair-dos and publicity value, but also their skills. The national team (nicknamed “The Blue Samurais”) is a regular mainstay in the World Cup, making it to the final 16 round twice. And in 2011, its women’s team made history by winning the World Cup.

Where is Indonesia now? Nowhere near Japan, for sure. I’ll spare you an analysis of the sorry state of our country’s favorite sport.

Today, as we welcome Japanese Prime Minister Shinzo Abe, it’s hard not to compare the night-and-day outlook of the two countries’ soccer scenes.

Soccer may not feature much in the talks between Prime Minister Abe and President Susilo Bambang Yudhoyono. 

The two leaders will most likely highlight the push for economic partnership, through trade, investment and energy cooperation. They may also discuss the two countries’ contributions to regional peace and stability.

However, the Japanese are Indonesia’s top trading partners, and second-largest investor. They are key partners in Indonesia’s economic development and they’ve managed to do this even as their country faces one economic slump after another.

Therefore, while remaining attentive of our economic partnership, the two countries could probably do with some creativity in further strengthening their bilateral relations.

One of the fields worth strengthening is people-to-people contact, through cooperation in sociocultural issues. After all, as President Yudhoyono has often mentioned, people-to-people contacts form the basic foundation of any bilateral cooperation.

Indonesians and Japanese are no strangers. There are around 2,000 Indonesians studying in Japan and close to 180 Japanese students in Indonesia. More than 25,000 Indonesians currently live in Japan, 13,000 of them working as interns. Meanwhile, the Japanese are among the largest expat communities in Indonesia, each year more of their compatriots choose Indonesia as their favorite holiday destination. 

Long before Indonesians fell in love with K-Pop, they had already had an affair with Japanese pop culture. When most Americans were still getting cues on Japanese culture from The Karate Kid’s Mr. Miyagi, Indonesians were already hooked on manga, anime and a certain caricature of a naughty kid who likes to prance around without pants. Many Indonesian boys owned an Ultraman or Gundam figurine, and the girls likely owned a Hello Kitty stuffed toy or purse.

With such links already in existence, it is not hard to imagine soccer as an additional factor that can further cement people-to-people contacts. 

Unfortunately, Indonesians tend to look too far in search of knowledge on anything related to soccer, turning only to Europe. We even sent our young hopefuls to train in Latin America. Maybe comfort is actually just around the corner. If anything, our love for soccer-themed Captain Tsubasa comics is an indication of our interest in learning a thing or two about soccer from the Japanese.

Indonesians can learn about running soccer clubs like a company, ensuring that the game is not only fun, but also profitable. Indeed, the Japanese had it easier, with corporate culture already instilled among teams that originated as sports clubs for corporations such as Toyota, Sumitomo and Kawasaki. But there are also teams that came up from the grassroots, like Albirex Niigata and Shimizu S-Pulse. Their experience can be a source of inspiration for Indonesians.

In 2011, the Urawa Reds booked US$68.3 million in profits and the Yokohama F. Marinos $44 million. On average, over the years, more than half of the J-League’s First Division teams profited more than $20 million annually. If these Japanese clubs could generate such income from their 127.3 million citizens, then Indonesian clubs should be able to match these stats, considering that our population almost doubles Japan’s.

Currently, the average attendance of Indonesia’s domestic league games is 10,228, far below the J-League’s 17,307. But how can more Indonesians watch domestic soccer, when games are often played on weekday afternoons? 

In Japan, more than 50 percent of soccer lovers go to matches with family members, thus making the events a family outing. Hooliganism is unheard of, and within the 23-39 age group, there are more Japanese women in soccer stadiums than men.

The key is to get rid of greed in the Indonesian soccer system. We know very well that our recent problems have stemmed from money issues. Surely there must be enough to go around. If only team owners would actually try to make Indonesian football better, instead of just talking about it, they would realize that money can be made together. Beating each other up for a slice of pie is pathetic, when the opportunity to make the pie bigger is in front of everyone.

Indonesia could also learn from Japan’s experience in building a strong national team. Yes, Japan has had its share of naturalized foreign players, but these days, the Blue Samurais are made up of players who rose from the ranks of Japan’s soccer pyramid. Captain Makoto Hasebe was a high school soccer star before entering the Urawa Reds’ junior team, graduating later to its senior side. Shinji Kagawa, who started when he was only 5, built up his skills in one youth team after another before finally making it big with Cerezo Osaka. Now, they are all big stars in European leagues, and important pillars of the Japanese national team.

This is only the tip of the iceberg, as many more best practices can be absorbed from Japan’s soccer success story.

When we think about learning from Japan, many tend to imagine something more high-tech, but the truth is that there are other things worth learning from the land of the rising sun. I don’t think most Japanese would mind sharing these experiences and skills. After all, the J-League was created with the mission of, among other things, “contributing to international friendship and exchange”.

Maybe watching Arsenal play an exhibition match at GBK Stadium this year will be fun, but I’m sure that the same can be said of champions Sanfrecce Hiroshima and their star, J-League’s player of the year Hisato Sato. 

At least, this would provide yet another dimension to the Indonesia-Japan partnership, as we learn to understand each other better as partners in this Asian Century.

5 komentar:

  1. Kabar baik Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kotaNama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +447860370916  dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  2. HARI BAIK UNTUK SEMUA ORANG!

    Nama saya Amisha Chahaya Saya dari kota Surabaya di Indonesia. Saya sudah mencari perusahaan pemberi pinjaman nyata selama 5 bulan terakhir, untuk membeli rumah dan membangun bisnis.
    yang saya dapatkan hanyalah sekelompok penipuan yang membuat saya percaya mereka dengan kata-kata manis mereka dan pada akhirnya mereka mengambil semua uang saya tanpa memberi saya apa pun sebagai imbalan,

    Harapan saya hilang, saya bingung dan kecewa, saya tidak pernah ingin melakukan apa pun dengan perusahaan pinjaman di internet, jadi saya pergi untuk meminjam uang dari teman, saya mengatakan kepadanya semua yang terjadi dan dia berkata dia bisa membantu saya, bahwa dia tahu perusahaan pinjaman yang dapat membantu saya dengan jumlah pinjaman yang saya butuhkan dengan tingkat bunga sangat rendah 2%, dia baru saja mendapatkan pinjaman dari mereka, dia mengatakan kepada saya bagaimana mengajukan pinjaman, saya melakukan apa yang dia katakan kepada saya , Saya melamar bersama mereka di Email: (mariaalexander818@gmail.com
    ) Saya tidak pernah percaya tetapi saya mencoba dan kejutan terbesar saya adalah bahwa saya mendapat pinjaman dalam waktu 24 jam, saya tidak percaya,

    Saya sangat bahagia dan kaya lagi dan saya bersyukur kepada Tuhan bahwa perusahaan pinjaman seperti ini masih ada selama penipuan ini di mana-mana, tolong beri tahu semua orang di luar sana yang membutuhkan Pinjaman untuk mengunjungi Email mereka (mariaalexander818@gmail.com
    ) mereka tidak akan pernah gagal,
    Dan hidup Anda akan berubah seperti yang saya alami, Jadi segera hubungi (mariaalexander818@gmail.com
    ) hari ini dan dapatkan pinjaman Anda dari mereka, Tuhan memberkati perusahaan pemberi pinjaman Anda untuk penawaran pinjaman asli mereka. Pastikan Anda menghubungi Peminjam untuk pinjaman Anda karena saya berhasil mendapatkan pinjaman dari perusahaan ini tanpa tekanan apa pun.


    MANAJER CABANG: MARIA ALEXANDER
    EMAIL: mariaalexander818@gmail.com
    HUBUNGI NUMBER: +1 (651) 243-8090
    WHATSAPP: +1 (651) 243-8090


    Silakan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi apa pun melalui email saya: (amishachahaya8@gmail.com)

    Terima kasih semuanya mendengarkan kesaksian saya
    Semoga ALLAH memberkati Anda semua.

    BalasHapus
  3. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  4. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  5. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus