Kamis, 15 Maret 2012

Manuver Malaysia di Natuna


Manuver Malaysia di Natuna
Eddy Purwanto, MANTAN DEPUTI BP MIGAS
SUMBER : KOMPAS, 15 Maret 2012



Baru-baru ini Malaysia yang sudah menandatangani nota kesepahaman kemitraan di lapangan gas Blok East Natuna tiba-tiba mengundurkan diri dengan alasan Blok East Natuna tidak lagi menjadi prioritas Petronas.

Sekadar kilas balik, 17 Desember 2010, saat Petronas diumumkan menjadi mitra Pertamina dan menandatangani kesepakatan awal kemitraan di Blok East Natuna, beragam reaksi dan spekulasi muncul, mengapa harus Petronas? Semua paham, Petronas belum memiliki pengalaman dan teknologi pemisahan CO2 dalam skala besar. Dibandingkan dengan pemain dunia lain, Petronas juga diragukan keandalannya dalam mengelola lapangan migas di perairan laut dalam. Wajar, banyak kalangan mempertanyakan keputusan pemerintah (dan Pertamina) memilih Petronas sebagai mitra di Natuna.

Muncul spekulasi, pemilihan Petronas dikaitkan upaya ”meredam” sengketa di perbatasan, khususnya wilayah Ambalat yang hingga kini tidak kunjung tuntas, di mana Malaysia kian menunjukkan sikap ”percaya diri” dan cenderung kurang kooperatif, terutama setelah kemenangannya di Sipadan dan Ligitan.

Sebelum menyatakan mundur, masuknya Petronas ke Blok East Natuna diyakini strategi Malaysia mencuri start di kawasan Laut China Selatan dengan menguasai sebagian ”saham” dan volume gas Blok East Natuna yang jaraknya relatif dekat ke Semenanjung dan dekat ke wilayah sengketa di Laut China Selatan. Kebijakan ini secara geopolitik dipandang strategis, selain untuk memperkuat ketahanan energi Malaysia, juga untuk memperkuat ketahanan regional menghadapi adidaya China dan Amerika Serikat, di mana keduanya bersaing memperkuat basis militer di Asia Pasifik. Strategi ini juga penting untuk menghadapi negara-negara pesaing Malaysia yang turut memperebutkan sumber daya migas di perairan Laut China Selatan, khususnya Kepulauan Spratly dan Paracel.

Bisnis Gas Dunia

Dalam 10 tahun terakhir, harga gas di Asia Pasifik meningkat tajam, sebesar 10-17 dollar AS per 1.000 kaki kubik, baik pada kontrak-kontrak baru maupun di pasar spot sehingga lapangan gas ”biaya tinggi” yang semula dianggap tak ekonomis jadi layak untuk dikembangkan. Termasuk di sini, Blok East Natuna yang diketahui mengandung CO2 hingga 70 persen dan terletak di laut dalam. Naiknya harga dipicu tingginya permintaan gas yang tak diimbangi pasokan, salah satunya karena lambatnya pembangunan infrastruktur.

Blok East Natuna adalah lapangan gas dengan cadangan 46 triliun kaki kubik terletak di alur Indo-ASEAN, salah satu alur sumber daya migas terpenting di Asia Pasifik. Alur ini berpotensi menjadi lumbung energi pada masa depan. Ini meliputi sebaran cadangan sumber daya, mulai dari belahan Australia, Timor Leste, Indonesia, hingga Vietnam dan bermuara di perairan Laut China Selatan. Wilayah ini tak pernah surut dari sengketa kendati Declaration of Conduct sudah ditandatangani semua negara yang bersengketa pada pertemuan puncak Menteri Luar Negeri ASEAN ke-44 di Bali tahun lalu.

Menyusuri alur migas Indo-ASEAN bisa dimulai dari Benua Australia. Tidak banyak yang mengira bahwa kelak Australia akan menguasai pasokan gas dunia dengan total cadangan terbukti 210 triliun kaki kubik yang akan terus bertambah. Tahun 2020 Australia diperkirakan akan menguasai 50 persen pasar gas (LNG) dunia, bahkan 2025 diprediksi 65 persen gas dunia akan mengalir dari benua tersebut.

Alur Indo-ASEAN di Indonesia, selain meliputi Blok East Natuna, juga ada beberapa lapangan gas yang baru akan dikembangkan, seperti Blok Masela dan Donggi-Senoro, walaupun cadangannya relatif tak sebesar Blok East Natuna. Banyak pula lapangan gas existing yang masih akan berproduksi hingga setelah 2020, seperti Mahakam, Tangguh, dan Cepu.

Penemuan ”shale gas”

Penurunan harga gas dunia tampaknya akan dipercepat oleh penemuan shale gas di AS dan Kanada yang monumental sehingga harga gas di pasar AS baru-baru ini turun drastis dari 8 dollar AS menjadi hanya 3 dollar AS per 1.000 kaki kubik (Bloomberg). Penurunan harga juga dipicu melemahnya ekonomi AS.

Penemuan shale gas di AS jadi monumental karena cadangan gas sebanyak 500-600 triliun kaki kubik dan akan mengubah status AS dari negara pengimpor gas menjadi negara pengekspor gas meski untuk sementara ekspor masih sangat dibatasi. AS kini tak lagi perlu LNG Indonesia sehingga volume kontrak LNG dari Tangguh, Papua, bisa dialihkan untuk keperluan domestik dengan membayar kompensasi tertentu.

Melihat peluang harga gas di Asia Pasifik yang jauh lebih tinggi, AS dan Kanada berniat membangun kilang LNG di Alaska dan Loussiana. Dengan memperlebar Terusan Panama, AS dan Kanada berniat membawa gas dari Teluk Meksiko ke Asia Pasifik dan bersaing dengan gas Indo-ASEAN, terutama dari Australia.

Membanjirnya gas dari Australia dan AS setelah 2020 diprediksi akan menekan harga gas di Asia Pasifik. Ini ditambah lagi dengan masuknya gas dari negara lain, seperti Qatar, Rusia, dan Israel, dengan lapangan gas raksasa Leviathan (cadangan 122 triliun kaki kubik) serta beberapa sumber dari alur Indo-ASEAN, seperti Masela yang akan berproduksi selepas tahun 2020.

Blok East Natuna adalah lapangan gas raksasa dengan biaya produksi jauh lebih tinggi dibandingkan dengan lapangan-lapangan gas pesaing karena letaknya di laut dalam dan kandungan CO2 luar biasa tinggi. Ditambah lagi, posisinya di wilayah rawan sengketa yang juga berisiko tinggi. Apabila skenario ini terjadi, diprediksi harga gas di Asia Pasifik akan turun. Pada saat harga mencapai 5 dollar AS per 1.000 kaki kubik, Blok East Natuna menjadi tak ekonomis untuk diproduksikan. Skenario ini menjadi pangkal kegalauan sebagian pengembang bisnis gas, termasuk Malaysia, sehingga memutuskan membatalkan kemitraan dengan Indonesia di Natuna.

Dengan mundurnya Malaysia dari Blok East Natuna, Indonesia harus lebih waspada menghadapi kemungkinan manuver geopolitik Malaysia. Dengan melemahnya harga gas, Malaysia cenderung mencari minyak karena ke depan minyak akan kian langka dan harganya akan membubung hingga mencapai kesetimbangan baru. Diduga dalam waktu dekat Malaysia kembali akan mendaulat Ambalat mengingat sumber daya yang dimiliki Ambalat lebih dominan minyak sehingga secara ekonomis lebih ”prioritas”.

Malaysia akan memanfaatkan kedekatannya dengan China untuk menghadapi kehadiran AS di kawasan ASEAN yang semakin kuat serta bersaing dengan negara-negara pesaing Malaysia yang dekat dengan AS dalam kancah perebutan Spratly dan Paracel (kandungan minyak 230 miliar barrel). Indonesia dan Pertamina harus siap menghadapi kemungkinan kedua mitra lainnya mengikuti langkah Petronas atau justru memanfaatkan kepergian Petronas untuk meningkatkan posisi tawar mereka dalam negosiasi kontrak dengan Pemerintah Indonesia guna meminta berbagai bentuk insentif.

Untuk mengunci ruang gerak yang melebar sebaiknya kontrak bagi hasil segera ditandatangani, jangan ditunda lagi. East Natuna adalah aset Indonesia yang bernilai tinggi dan sangat strategis bagi kedaulatan energi, jangan dibiarkan ”tidur” terlalu lama. ●

1 komentar:

  1. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapatkan pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.

    Saya mengajukan pinjaman 2 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang saya hanya katakan kepada untuk mendapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi ibu LASSA JIM nomor whatsApp +1(301)969-1955

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (Indalhharum@gmail.com)

    BalasHapus