Konversi BBM ke
BBG Minim Aksi
( Wawancara )
Kurtubi ; Pakar Energi dan Migas
SUMBER : SUARA
KARYA, 12 Mei 2012
Rencana pengembangan energi alternatif sudah lama didengungkan.
Namun, aksi nyata pengembangan energi terbarukan (renewable energy) tersebut, hingga kini tidak menunjukkan kemajuan
berarti. Penggunaan bahan bakar gas (BBG) maupun bahan bakar nabati (BBN),
seperti biodiesel, bioethanol sektor transportasi nyaris jalan di tempat dan
hanya di atas kertas. Akibatnya, saat lonjakan harga minyak mentah (crude) dan beban subsidi membesar, penggunaan energi alternatif
yang diharapkan menjadi jalan keluar, praktis tidak bisa diharapkan. Pemerintah
sendiri hingga kini terus sibuk merumuskan berbagai kebijakan pengendalian dan
penggunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Padahal, kepanikan pemerintah
dalam merespon tingkat konsumsi dan tingginya subsidi energi seharusnya tidak
perlu terjadi jika penggunaan energi alternatif sudah berjalan optimal.
Bagaimana upaya dan pilihan strategis yang harus dilakukan untuk
mempercepat pengembangan energi alternatif dalam menyikapi tingginya harga
minyak dunia dan menjaga ketahanan energi nasional ke depan? Berikut ini
wawancara wartawan Harian Umum Suara Karya Abdul Choir dengan pakar
energi dan migas Kurtubi di Jakarta, Jumat (11/5).
Pengembangan energi alternatif atau energi terbarukan belum
mencapai hasil signifikan. Apa kendala utamanya?
Sudah terlalu lama Pemerintah Indonesia merencanakan program
pengembangan energi baru dan terbarukan ini. Namun, setelah sekian tahun, tidak
bisa diwujudkan. Pada saat kita sangat membutuhkan bahan bakar alternatif untuk
menekan subsidi BBM yang diklaim terus meningkat, bahan bakar alternatif ini
tidak terlihat perkembangannya. Pemakaian biodiesel dan biopremium masih sangat
minim.
Artinya, apa yang dilakukan pemerintah selama ini hanya sekedar
pencanganan dan catatan di atas kertas alias 'omdo" (omong doang).
Meskipun pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
(ESDM) sudah membentuk direktorat baru, Ditjen Energi Baru dan Terbarukan dan
Konservasi Energi (EBTKE), hasilnya belum terlihat.
Alasan terkendalanya pengembangan BBN karena murahnya harga jual
BBM di dalam negeri yang disubsidi, sangat tidak tepat. Faktanya, penggunaan
BBN saat ini juga disubsidi dalam anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN)
seperti BBM. Negara lain, seperti Eropa Barat atau Amerika Serikat (AS)
memberikan keringanan dan penghapusan pajak terhadap BBN. Untuk itu, saat ini
yang dibutuhkan adalah aksi nyata yang mampu mengeksekusi kebijakan
pengembangan BBN dengan cepat, sistematis dan masif.
Bagaimana caranya?
Sebaiknya pemerintah segera membentuk Badan Usaha Milik Negara
(BUMN) yang fokus pada pengembangan energi terbarukan. Badan usaha ini akan
mengimplementasikan kebijakan pemerintah dari hulu, seperti potensi yang banyak
tersedia di dalam negeri dan memanfaatkan perkebunan. Selanjutnya, badan usaha
juga menangani pengolahan sumber energi terbarukan hingga distribusi dan
pemasaran di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang ada.
Untuk mempercepat pengembangan energi terbarukan ini dibutuhkan
investor swasta yang besar karena tidak cukup hanya dilakukan melalui koperasi
yang memiliki berbagia keterbatasan, terutama akses pendanaan. Sebab, produksi
dan pengembangan BBN harus dilakukan dalam skala besar agar efisien dan
menjamin keberlanjutan suplai BBN.
Kalau energi alternatif seperti bioethanol atau biodiesel didorong
untuk dikembangkan, akan menjadi sumber energi baru yang bisa mengganti BBM.
Tentunya, beban APBN untuk energi akan berkurang. Selain itu, mempercepat
peralihan penggunaan BBM ke bahan bakar gas sebagai solusi dalam mengurangi
ketergantungan akan BBM yang harganya terus meningkat.
Di sejumlah wilayah, sudah berhasil ditemukan sumber energi baru
yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar minyak. Sumber energi baru ini
dibuat dari hasil pengolahan air pohon Nipah. Ini harus ditindaklanjuti.
Pemerintah jangan sekedar merumuskan tanpa ditindaklanjuti aksi nyata.
Apakah kendaraan hybrid bisa menjadi pilihan ke depan?
Sebelum kita berbicara pemanfaatan kendaraan hybrid yang memanfaatkan listrik atau energi surya dan lainnya,
sebaiknya pemerintah fokus dalam satu program utama, yaitu pengalihan
penggunaan BBM ke BBG. Berkaca dari dari pengalaman negara lain seperti AS,
kendaraan hybrid masih terbilang
mahal. Oleh karena itu, jika diterapkan di Indonesia jelas akan terkendala daya
beli masyarakat menengah ke bawah.
Untuk itu, pemerintah seharusnya all out mengupayakan konversi BBG
dalam mengurangi subsidi BBM. Konversi BBG ini dijadikan program utama dan
bukan program sampingan dari empat program atau kebijakan energi seperti
penghematan listrik dan air dan sebagainya. Apalagi, hingga kini pembangunan
infrastruktur BBG, sejak pipanisasi hingga pendirian stasiun-stasiun pengisian
bahan bakar gas (SPBG) belum merata di berbagai daerah. (Bahkan), di Jawa
sekalipun.
Kinerja pemerintah dalam mempersiapkan program konversi BBM ke
BBG, sangat lamban. Seharusnya sudah dilakukan pembangunan infrastruktur gas
dari dulu, di semua daerah di Indonesia. Kalau pemerintah terkendala soal
anggaran, bisa di-back up oleh PT
Pertamina. Kalau Pertamina tidak sanggup, swasta pasti banyak yang mau.
Apalagi, secara bisnis, pembangunan infrastruktur SPBG sangat menjanjikan.
Kalau semua stakeholder (pemangku kepentingan) dilibatkan,
otomatis pembangunan infrastruktur gas bisa jauh lebih cepat dilakukan secara
merata di wilayah Indonesia. Selain itu, dari sisi harga, BBG jauh lebih murah.
Harga BBG setara dengan 1 liter premium atau solar hanya Rp 4.100 dan bukan
harga subsidi. Sedangkan dari sisi emisi gas buang, BBG jauh lebih ramah
lingkungan. Bila infrastruktur siap, tanpa subsidi pun masyarakat bisa
menikmati energi murah.
Ironisnya, penggunaan BBG untuk kendaraan ini, kita sudah tertinggal
jauh oleh negara-negara lain karena pemerintah kita tidak fokus dalam
menjalankan program. Padahal, cadangan gas dan produksi gas kita besar. Hanya
manajemen gas yang dilakukan oleh BP Migas (Badan Pelaksana Usaha Hulu Minyak
dan Gas) yang tidak jelas.
Semestinya, kalau mau, kebutuhan gas dalam negeri bisa terpenuhi
seluruhnya. Namun, keberadaan BP Migas hanya membuat perpanjangan birokrasi dan
menimbulkan permasalahan, sehingga harus dibubarkan. Ke depan, pengelolaan gas
harus ditangani BUMN khusus sehingga kebutuhan gas dalam negeri bisa terpenuhi.
●
Tidak ada komentar:
Posting Komentar