Mana yang benar di antara kedua bentuk ini: keragaman atau keberagaman?
Di KOMPAS.com 21/05/2019, 06:05 WIB ada sebuah judul tulisan yang memilih memakai keberagaman: “Addie MS Ibaratkan Keberagaman Indonesia Seperti Sebuah Orkestra”. Akan tetapi, di Kompas (6/12/2018) dipakai kata keragaman: “Memahami Keragaman Budaya Indonesia”. Mana yang diikuti: KOMPAS.com atau Kompas?
Apabila kita bertanya kepada google dengan mengetik “keberagaman KBBI”, akan muncul di paling atas tulisan ini: Including results for keragaman KBBI/Search only for keberagaman KBBI.
Seperti KOMPAS.com dan Kompas, KBBI juga berbeda, tergantung pada versi terbitan yang mana. Di dalam KBBI I (1988) tidak ada keberagaman; yang ada keragaman. Di dalam KBBI IV (2008) dan V (2017) kedua-duanya ada. Yang di KBBI daring persis seperti yang di KBBI I (1988), hanya ada keragaman, tidak ada keberagaman.
Bagaimana penjelasan KBBI IV dan V terhadap bentuk masing-masing itu? Di bawah keterangan mengenai beragam, yang dimaknai ‘banyak ragamnya; bermacam-macam; berwarna-warni’, tersaji uraian begini, yang kurang begitu jelas atau tegas.
keberagaman ‘hal beragam’
keragaman ‘keberagaman’; ‘perihal ragam’
Jadi, mana yang dipilih: bisa kedua-duanya atau salah satu? Kalau salah satu, yang mana yang dipilih dan apa pertimbangan pemilihan itu?
Ada alasan untuk tidak memilih kedua bentuk itu dan dipakai bentuk lain. Pertimbangannya bertolak dari penelusuran makna kata ragam. Menurut KBBI daring, juga tercantum di KBBI IV dan V, ada lima makna dan makna kedua: ‘macam’, ‘jenis’. Kata seragam dimaknai berdasarkan arti yang kedua:
se•ra•gam n 1 sama ragamnya; sejenis; sama; 2 (pakaian) yang sama potongan dan warnanya: baju ~;
Untuk makna yang mirip, selain kata seragam, dapat juga dipakai satu ragam. Samalah halnya dengan jenissejenis, satu jenis.; juga dengan macamsemacam, satu macam.
Untuk menyatakan makna banyak (lebih dari satu), dapat dilakukan dengan menambahkan kata banyakbanyak jenis, banyak macam, banyak ragam. Atau, dengan reduplikasi (pengulangan kata).
Maka, sesungguhnya berjenis-jenis dan bermacam-macam sepadan dengan beragam-ragam, dengan artinya masing-masing: ‘banyak jenis’, ‘banyak macam’, ‘banyak ragam’.
Untuk makna yang mirip, dapat pula digunakan kata anekaaneka jenis, aneka macam, aneka ragam. Dapat pula ditambahkan ber– (beraneka jenis, beraneka macam, beraneka ragam). Untuk ragam dapat juga dengan ke-/-ankeanekaragaman.
Kompas (26/2/2019) memaparkan tulisan bukan dengan keberagaman, bukan pula dengan keragaman, melainkan dengan keanekaragaman. Namun, kata keanekaragaman ini hanya muncul pada judul tulisan saja: “Keanekaragaman Budaya Indonesia”. Pada paragraf pertama dan seterusnya, dipakai kata keragaman, mengikuti yang terdapat pada terbitan 6 Desember 2018.
Mari ikuti bentuk yang tertera di judul tulisan di Kompas (26/2/2019): keanekaragaman. Seirama dengan itu, jika diperlukan bentuk dengan ber-: beraneka ragam (bukan: beragam).
Bambang Kaswanti PurwoGuru Besar Linguistik Unika Atma Jaya, Jakarta