Jumat, 06 Desember 2019

Urgensi Pendidikan Ekologis di Sekolah

PENDIDIKAN KARAKTER
Urgensi Pendidikan Ekologis di Sekolah

Oleh :  GIWAL SANTOSO FIC

KOMPAS, 5 Desember 2019


Hadirnya Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan membawa harapan besar bagi banyak pihak penyelenggara pendidikan. Dunia pendidikan membutuhkan sosok pemimpin yang cerdas dan luwes dalam membaca tanda-tanda zaman. Banyak pihak memandang bahwa sosok Nadiem dapat berkiprah sebagai disruption leader. Hal penting yang tidak boleh dilupakan dalam arah perubahan pendidikan adalah pendidikan karakter. Secara khusus, pendidikan karakter dalam upaya membangun kesadaran hidup baru ekologis.

Kesadaran ekologis mesti dihidupkan lewat edukasi, diupayakan secara partisipatif, dan dilaksanakan secara berkesinambungan. Ketidakpedulian para pemangku pendidikan terhadap kesadaran masalah ekologi sama halnya dengan membiarkan kejahatan terjadi, hidup, dan berkembang di kalangan generasi mendatang. Pola perilaku yang tidak memikirkan dampak terhadap kelestarian lingkungan hidup perlu dikikis. Ketidakpedulian masalah ekologis ujung-ujungnya akan melahirkan kejahatan ekologis.

Kejahatan ekologis bermula dari pola hidup yang konsumtif, sikap tidak peduli, rendahnya sikap empati, dan egoisme. Sikap mental egois mementingkan diri sendiri berupa keinginan yang tak terkendali akan menjadi monster bagi kelestarian lingkungan hidup. Sikap mental egois, baik pribadi maupun kelompok, dalam konteks peduli lingkungan merupakan bentuk kejahatan yang paling membahayakan. Albert Einstein mengatakan ”dunia tidak akan hancur oleh kejahatan, tetapi oleh mereka yang tidak berbuat apa-apa saat melihat terjadinya kejahatan”. Pelaku pendidikan dipanggil untuk membangun suatu kesadaran hidup baru ekologis.

Penulis berpendapat, program Sekolah Adiwiyata akan menjadi salah satu sarana efektif dalam memerangi kejahatan ekologis bagi generasi mendatang. Dalam program Sekolah Adiwiyata ada tiga prinsip yang merupakan dasar pendidikan karakter. Pertama, edukatif; sekolah sebagai tempat untuk menimba ilmu pengetahuan, norma, dan etika. Kedua, partisipatif; menjadi gerakan bersama, semua unsur masyarakat sekolah terlibat dalam program Sekolah Adiwiyata. Ketiga, keberlanjutan; maksudnya, program direncanakan dan dilaksanakan terus-menerus.

Obyek utama program ini adalah sekolah. Sayangnya, sekolah yang melaksanakan program Adiwiyata sekarang ini sifatnya masih fakultatif. Akan menjadi efektif jika ada keputusan strategis antara Kementerian Lingkungan Hidup dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu isi materi Adiwiyata masuk dalam muatan kurikulum pendidikan. Terumuskan dalam silabus. Terumuskan dalam perangkat pembelajaran guru dalam setiap mata pelajaran yang relevan. Pendidik sebagai ujung tombak pendidikan karakter ini memasukkan pesan moral dalam setiap rencana pembelajaran yang mereka susun. Dalam praktiknya, semua guru dapat melaksanakan pendidikan penyadaran ini pada bagian apersepsi ataupun dalam kegiatan inti pembelajaran dari masing-masing mata pelajaran. Maka, literasi ekologis dapat dilakukan dengan praktik langsung pengamatan di kelas, di lingkungan, atau masyarakat sekitar. Literasi lain bisa berupa bacaan, video, pamflet, dan karya seni anak.

Upaya membangun kesadaran ekologis

Yayasan Sahabat Lingkungan Hidup (Eco Camp) di Bandung, sebuah yayasan yang secara khusus berpromosi dalam memperhatikan masalah ekologis, aktif dalam membangun kesadaran hidup baru ekologis masyarakat melalui edukasi, partisipasi, dan menjadi penyebar virus peduli kelestarian lingkungan hidup secara berkelanjutan. Berdasarkan program pelatihan Eco Camp, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa membangun kesadaran hidup baru ekologis dimulai dari kesadaran diri, menjadi pribadi yang berkualitas dan sederhana, hemat dan peduli. Hanya pribadi yang berkualitas yang mampu mengikis kejahatan ekologis tersebut.

Dalam pendampingan di sekolah, pembiasaan pribadi berkualitas dapat dilatih mulai dari hal-hal yang sangat sederhana. Membiasakan hidup mandiri tidak terlalu tergantung kepada bantuan orang lain, seperti tradisi piket kebersihan ruang kelas, membuang dan memilah sampah pada tempatnya, menanam dan merawat tanaman, dan mematikan lampu atau keran air yang tidak digunakan. Kesadaran hidup mandiri, hidup hemat, dan hidup peduli tidak mustahil dilaksanakan dalam pembelajaran di setiap mata pelajaran di sekolah.

Membiasakan peserta didik untuk punya sikap peduli, mandiri, hemat, sederhana, itulah yang dinamakan pendidikan karakter. Pendidikan karakter menumbuhkan kesadaran hidup baru ekologis bukan sebagai mata pelajaran, melainkan sebagai pembiasaan nilai keutamaan ekologis yang dimasukkan ke dalam masing-masing mata pelajaran di sekolah.

Menyaksikan fenomena keprihatinan kejahatan ekologis di masyarakat, seperti masalah pencemaran, sampah, polusi udara, dan eksploitasi, rasanya mendesak untuk ditangani secara kuratif dan preventif. Ironis jika kejahatan ekologis itu sampai terjadi di kalangan pendidikan. Sebaliknya, pemangku pendidikan dipanggil menjadi pelaku utama dalam memerangi kejahatan ekologis tersebut.

Semoga hadirnya Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan membawa angin segar dalam pendidikan karakter membangun kesadaran hidup baru ekologis. Pendidikan karakter kesadaran ekologis dapat masuk dalam muatan kurikulum. Revolusi mental pembangunan sumber daya manusia dapat diawali dengan membangun kesadaran hidup baru ekologis.


(GIWAL SANTOSO FIC, Rektor SMA Pangudi Luhur Van Lith Muntilan)

4 komentar:


  1. main poker dengan banyak penghasilan
    ayo segera hubungi kami
    WA : +855969190856

    BalasHapus
  2. Saya senang dan bersyukur saya mendapat pinjaman Rp200.000.000. Apakah Anda seorang pria atau wanita dan Anda telah mencari pinjaman, dan Anda telah ditolak oleh bank Anda. Saya ingin memberi tahu Anda hari ini bahwa Anda bisa mendapatkan pinjaman dari perusahaan online terbaik dan Anda tidak perlu mengisi banyak dokumen juga, mereka juga memiliki tingkat bunga yang baik. Saya dikenalkan dengan PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND oleh seorang teman yang telah mendapatkan pinjaman dari mereka, saya membutuhkan uang tunai dan saya mengunjungi bank saya dan mereka mengatakan kepada saya bahwa saya tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman karena kredit buruk. Saya senang sekarang karena saya dapat mendirikan bisnis besar yang saya impikan. Pembayaran saya akan segera dimulai. Berhentilah membuang-buang waktu Anda dengan semua pemberi pinjaman di luar sana dan kunjungi PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND untuk mendapatkan dana pinjaman Anda. Anda dapat menghubungi mereka melalui EMAIL ATAU WHATSAPP karinarolandloancompany@gmail.com +15857083478

    BalasHapus
  3. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  4. KESAKSIAN BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN SAYA DARI PERUSAHAAN PINJAMAN DAN TERPERCAYA. Saya bernama Theresia Widiyasari dan saya tinggal di Australia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar berhati-hati karena ada penipu di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial, dan karena keputusasaan saya, saya dibohongi oleh beberapa pemberi pinjaman online dengan nilai Rp75.890.000. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya yang merupakan seorang polisi merujuk saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang sangat andal bernama DONNAHALL FUNDING LLC yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp950.000.000 dalam 24 Jam tanpa tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman apa pun, cukup hubungi mereka sekarang melalui email: (donnahallfundingllc@gmail.com). Saya menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman karena saya melewati di tangan para pemberi pinjaman palsu.
    Jika Anda memiliki pertanyaan, hubungi saya: {theresiawidiyasari@gmail.com}

    BalasHapus