Sabtu, 07 Desember 2019

Kerja Sama Penanggulangan Bencana ASEAN-Korea

Kerja Sama Penanggulangan Bencana ASEAN-Korea

Oleh :  LEE SOO HONG

KOMPAS, 7 Desember 2019


Saya berkesempatan untuk menghadiri acara the International Disaster Relief Cooperation Meeting di Aceh, Indonesia, pada 2008. Aceh provinsi paling ujung sebelah barat laut Indonesia yang menjadi saksi dari tsunami Samudra Hindia pada tahun 2004 yang menelan 170.000 korban jiwa.

Pada pertemuan tersebut, Gubernur Provinsi Aceh Irwandi Yusuf menyampaikan apresiasinya kepada komunitas internasional atas bantuan yang diberikan untuk pemulihan Aceh. Gubernur Irwandi mengungkapkan, sebelumnya ia adalah pemimpin Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Menurut dia, kejadian tsunami 2004 telah berkontribusi pada penghentian konflik berdarah berkepanjangan antara GAM dan Pemerintah Indonesia. Saya menyaksikan kesedihan dalam matanya saat ia menjelaskan, meskipun tragedi itu menyebabkan kengerian yang tak tergambarkan, secara paradoks juga membawa perdamaian di tanah Aceh.

Sepuluh tahun kemudian, tepatnya pada awal Januari 2019, saya mendapatkan kesempatan ke Indonesia untuk kedua kalinya ketika Kementerian Dalam Negeri dan Keselamatan (Ministry of the Interior and Safety) Republik Korea menugasi saya bekerja pada Misi Diplomatik Korea untuk ASEAN (the Mission of the Republic of Korea to ASEAN) yang berlokasi di Jakarta.

Seiring berjalannya waktu, negara-negara di Asia Tenggara seperti Indonesia dan Vietnam berhasil mencapai pertumbuhan ekonomi dramatis melebihi 5 persen per tahun, kawasan ASEAN kemudian muncul sebagai motor pertumbuhan ekonomi global. Karena itu, banyak negara berupaya untuk membangun hubungan yang lebih erat dengan kawasan ini.

Seiring dengan perkembangan kawasan ASEAN, Pemerintah Korea mengumumkan Kebijakan Baru ke Arah Selatan (the New Southern Policy) pada tahun 2017 dengan tujuan menciptakan ”sebuah komunitas damai dan sejahtera yang berpusat pada masyarakat bersama dengan ASEAN”. Tiga pilar dalam Kebijakan Baru ke Arah Selatan yang dikenal dengan istilah 3P, yaitu masyarakat (people), kesejahteraan (prosperity), dan perdamaian (peace), mengarah pada sebuah hubungan luas dan inklusif yang tidak hanya meliputi kerja sama ekonomi, tetapi juga pertukaran sosiokultural, mematahkan paradigma ASEAN hanya sekadar target pasar untuk Republik Korea.

Untuk menerapkan 3P yang merupakan visi Kebijakan Baru ke Arah Selatan, sejumlah proyek kerja sama di berbagai bidang antara Korea dan ASEAN terus dikembangkan. Salah satunya adalah kerja sama dalam bidang penanggulangan bencana, sebuah bidang pokok yang mencakup ketiga pilar tersebut.

Kawasan ASEAN terus menghadapi bencana alam yang berskala besar setiap empat sampai lima tahun sekali, seperti tsunami Samudra Hindia tahun 2004, topan Nargis tahun 2008, topan Haiyan tahun 2013, dan gempa di Sulawesi tahun 2018. Dengan demikian, penanggulangan bencana telah menjadi sektor vital dan secara aktif didiskusikan oleh negara-negara ASEAN. Hal ini terlihat dalam pembentukan Perjanjian ASEAN dalam Penanggulangan Bencana dan Respons Emergensi (ASEAN Agreement on Disaster Management and Emergency Response) yang mengikat secara hukum.

Proyek kerja sama

Belakangan ini, ASEAN telah menyambut baik kerja sama dengan Republik Korea dalam pengembangan sistem penanggulangan bencana ASEAN. Boleh jadi, sambutan baik ini merupakan hasil dari meningkatnya kepercayaan terhadap Korea. Hal ini berasal dari bantuan proaktif Korea yang diberikan untuk ASEAN ketika terjadi  bencana berskala besar.

Bantuan tersebut termasuk dengan mengirimkan Tim Bantuan Kebencanaan Korea (Korea Disaster Relief Team) dan bantuan logistik kebencanaan. Selain itu, Korea juga menyalurkan bantuan berupa teknologi kebencanaan untuk mencegah serta menganalisis bencana, misalnya sistem peringatan prediksi banjir di Asia Tenggara.

Dalam waktu dekat, Kementerian Dalam Negeri dan Keselamatan serta Badan Pemadam Kebakaran Nasional Republik Korea bersama ASEAN sepakat untuk mengimplementasikan beberapa proyek. Salah satunya dengan memberikan pelatihan  penanggulangan bencana di kawasan ASEAN dan pengembangan program-program pelatihan yang berbasis teknologi dan informasi.

Proyek-proyek kerja sama inilah yang memberikan kesempatan berharga untuk merealisasikan semangat 3P. Sebab, melalui proyek- proyek kolaboratif ini, Korea dapat berkontribusi dalam pengembangan kapasitas penanggulangan bencana ASEAN dengan berbagi pengalaman dan teknologi. Selain itu, Korea juga akan memperoleh manfaat dan pengalaman dari ASEAN.

Bukanlah ideologi politik, pemikiran, atau uang yang secara ajaib dapat mengakhiri pemberontakan berdarah selama bertahun-tahun di Aceh. Melainkan, rasa empati yang terbangun antara Pemerintah Indonesia dan GAM. Kedua belah pihak menyetujui bahwa membantu para korban tsunami Samudra Hindia 2004 memulai hidup baru merupakan agenda yang paling mendesak. Berkenaan dengan itu, usaha-usaha untuk menguatkan kerja sama dalam penanggulangan bencana antara ASEAN dan Korea yang bertujuan melindungi setiap hajat hidup rakyat tanpa mendahulukan kepentingan pribadi merupakan fondasi tulus untuk menciptakan ”sebuah komunitas ASEAN-Korea yang berpusat pada masyarakat”, yang merupakan tujuan dari Kebijakan Baru ke Arah Selatan.


Lee Soo Hong,  First Secretary, Misi Diplomatik Korea untuk ASEAN

4 komentar:


  1. AJOQQ agen jud! poker online terpecaya dan teraman di indonesia :)
    gampang menangnya dan banyak bonusnya :)
    ayo segera bergabung bersama kami hanya di AJOQQ :)

    BalasHapus
  2. PENAWARAN PINJAMAN ASLI

    Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai usaha kecil dan menengah yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi di bidang spesialisasi tertentu? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai di ujung jari Anda karena dana yang tidak mencukupi? Ini adalah kesempatan untuk mendapatkan pinjaman Anda hari ini untuk menyelesaikan semua masalah keuangan Anda.

    Kami telah memberikan lebih dari $ 1 miliar pinjaman bisnis kepada lebih dari 10.000 pemilik bisnis seperti Anda. Kami menggunakan teknologi risiko kami sendiri yang ditunjuk untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat mengembangkan bisnis Anda. Layanan kami cepat dan dapat diandalkan, pinjaman disetujui dalam waktu kurang dari 48 jam setelah aplikasi berhasil.

    Kredit kami dijamin 100% untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda mendapatkan layanan keuangan asli yang layak Anda dapatkan, program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan pinjaman yang Anda butuhkan. suku bunga murah untuk mengurangi tekanan pada pengeluaran bulanan. Dapatkan fleksibilitas untuk digunakan untuk tujuan apa pun - mulai dari liburan, pendidikan, hingga pembelian unik. hubungi kami untuk informasi lebih lanjut:
    (texcoloans@gmail.com)

    Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Pinjaman Pribadi, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Pendidikan, Pinjaman yang Dijamin Pinjaman, Pinjaman Hipotek, Pinjaman Bayaran, Pinjaman Siswa, Pinjaman Komersial, Pinjaman Kredit Otomatis, Pinjaman Investasi, Pinjaman untuk Pembangunan, Pinjaman Pembelian, Pinjaman Konstruksi, dengan Suku Bunga Rendah 2% kami memberikan pinjaman kepada Perorangan, Perusahaan dan Agen. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga dan rumah impian Anda dan skema pinjaman umum kami.


    Jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi kami dengan permintaan pinjaman Anda. Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut:
    (texcoloans@gmail.com)

    Salam,
    KELOMPOK PINJAMAN TEXCO
    (texcoloans@gmail.com)

    BalasHapus
  3. Saya membawa kabar baik kepada Anda semua warga negara Indonesia di platform ini, Tuhan telah sepenuhnya setia kepada saya dan seluruh rumah saya telah bertahan sejak Mei 2019, kesaksian saya dan kabar baik saya berjalan seperti ini, Nama saya Kartin Kiba dari Jl.P .Biak 9 No. 230 Rt.007 Rw.018 Desa Arenjaya, Jakarta Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, saya adalah seorang pemasar di perusahaan tempat saya bekerja, Suami saya dan saya ingin menggunakan platform ini untuk menginformasikan semua ini. Platform ini membutuhkan dan mencari pinjaman yang tulus untuk berhati-hati karena internet dan blog penuh dengan perusahaan pinjaman palsu dan penipuan yang hanya ada di sini untuk merobek uang hasil jerih payah Anda.

    Suami saya dan saya memiliki hutang besar dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman online untuk melunasi hutang kami dan kami menghubungi perusahaan pinjaman dari Singapura yang pada bulan Desember 2018, dan kami ditipu oleh pemilik perusahaan dengan meminta kami untuk membayar banyak biaya yang kami bayar dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjaman, kami kehilangan sekitar Rp7.500.000 untuk perusahaan pinjaman palsu di Singapura karena kami mengajukan pinjaman sebesar Rp450.000.000,00 dan dengan semua biaya yang kami bayarkan kami lakukan tidak mendapatkan pinjaman dan suami saya dan saya sangat Frustrasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan kami bangkrut dan muak dengan kehidupan.

    Jadi Tuhan itu baik, kami berdoa dan Tuhan mengarahkan kami ke seorang pelayan dan pada hari yang setia ini 20 Mei 2019, saya menjelajah internet ketika saya bisa menemukan kesaksian seorang wanita Indonesia dengan nama Yohanes Hendra Who dari Kota Bandung, bagaimana Tuhan mengubah kehidupan keuangannya melalui perusahaan pinjaman. Dia meminta saya untuk menghubungi ibu Helen dan dia memperkenalkan saya kepada ibu Helen dan dia memberi saya keberanian dan saya mengajukan pinjaman dari ibu dan ibu Helen, Helen akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman. di perusahaan dan saya mendapat jumlah persis yang saya ajukan dan saya sangat senang.

    Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi tahu rekan-rekan saya bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman asli yang asli dan ingin mendapatkan pinjaman cepat dengan tingkat bunga 2%, cukup mendaftar melalui Ny. Helen Wilson melalui email: (helenwilson719@gmail.com) atau Whatsapp: + 1-585-326-2165. Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini, (kartinkiba72@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.

    ALLAH memberkati kalian semua!
    Terima kasih.

    BalasHapus
  4. Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang swasta, apakah Anda berhutang? Anda membutuhkan dorongan finansial? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Saya memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga dengan tingkat bunga yang sangat rendah 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus