Minggu, 29 Desember 2019

Catatan Penegakan Hukum 2019

Catatan Penegakan Hukum 2019

Oleh  :   EDDY OS HIARIEJ

KOMPAS, 23 Desember 2019


“Noch suchen die juristen eine definition zu ihrem begriffe von recht”. Demikian Imannuel Kant lebih dari 150 tahun yang lalu.

Terjemahan bebasnya: “masih saja para ahli hukum mencari definisi mengenai pengertian hukum”. Bahkan menurut Hart, meski para ahli hukum mengetahui apa itu hukum, ada banyak hal tentang hukum dan hubungannya dengan hal-hal lain yang tak mampu didefinisikan dan dijelaskan. Hukum mengatur seluruh bidang kehidupan. Hukum mengatur seseorang sejak masih di dalam kandungan sampai masuk ke dalam liang lahat. Hukum bersifat abadi dan mengikat setiap orang, baik sebagai individu, masyarakat maupun bangsa.

Dalam konteks ini berlakulah old maxim yang menyatakan non erit alia lex romae, alia athaenis; alia nunc, alia posthac; sed et omnes gentes, et omni tempore, una lex, et sempiterna, et immortalis continebit. Artinya, hukum tak berpindah -pindah ataupun mati, hukum bersifat abadi dan berlaku selamanya sampai semua bangsa terikat padanya. Oleh karena itu, merumuskan pengertian hukum dalam suatu kalimat yang singkat padat dan jelas adalah sesuatu hal yang mustahil, sehingga tidaklah mungkin merumuskan hukum dalam suatu definisi yang meliputi pengertian dari berbagai bidang hukum yang ada.

Secara mutatis mutandis ketika berbicara mengenai penegakan hukum berarti berbicara mengenai banyak hal menyangkut aspek hukum itu sendiri dari berbagai bidang kehidupan masyarakat. Tidaklah mungkin mengulas penegakan hukum yang meliputi seluruh bidang kehidupan dalam suatu tulisan singkat ini sebagai refleksi akhir tahun. Ada tiga isu utama yang akan diulas lebih lanjut.

Penegakan hukum pemilu

Pertama, penegakan hukum di tahun politik dengan segala hiruk-pikuknya. Tidaklah dapat dinafikan, pertarungan dua pasang calon di Pilpres 2019 berdampak pada polarisasi di masyarakat. Hujatan dan ujaran kebencian serta rasa permusuhan antar-kelompok masyarakat yang terbelah merupakan serial cerita yang tak hentinya di medsos dan berbagai pemberitaan baik di media cetak maupun elektronik yang berujung pada saling lapor dan saling tuntut.

Eskalasi politik tak hanya terhenti pada hari pemungutan suara, namun justru terus meningkat, terutama menjelang penetapan hasil pemilu. Pasca-pemilu yang marak terjadi di medsos adalah berbagai narasi untuk mendiskreditkan KPU yang menjurus pada delegitimasi pemilu. Celakanya, hal itu dilakukan oleh para elite menengah ke atas yang haus akan kekuasaan. Narasi seperti “Pemilu Curang”; “Kecurangan Secara Terstruktur Sistematis dan Masif”; “KPPS Diracun” sampai ajakan “People Power” untuk menolak hasil pemilu yang viral di medsos, termasuk juga seruan untuk revolusi. Puncaknya adalah kerusuhan 21-22 Mei di Jakarta.

Tidaklah mudah bagi aparat penegak hukum, khususnya Polisi sebagai garda terdepan penjaga pintu utama dalam sistem peradilan pidana untuk melakukan tindakan hukum terhadap berbagai laporan pencemaran nama baik, penghasutan, hoaks sampai pada makar.

Di satu sisi, jika Polisi bertindak cepat terhadap terlapor terlebih disertai dengan upaya paksa berupa penangkapan dan penahanan, maka mereka akan dianggap memihak kepada rezim dan cenderung melanggar HAM. Sebaliknya, jika Polisi terlambat bertindak sehingga timbul kerusuhan, maka dianggap lamban dan melakukan pembiaran. Dalam konteks demikian, harus diakui Polri bertindak ekstra hati-hati secara profesional dan proporsional sehingga tak semua perkara berakhir di persidangan.

Masih dalam konteks penegakan hukum di tahun politik, kendatipun menurut UU Pemilu, penyelesaian sengketa pemilu dan perselisihan hasil suara merupakan dua ranah yang berbeda, namun pilihan untuk menyelesaikan pro-kontra penetapan hasil pilpres ke Mahkamah Konstitusi patut diapresiasi.

Selain mengedepankan hukum dalam penyelesaian perkara, hal itu juga memindahkan peradilan jalanan ke peradilan yang bermartabat, elegan dan konstitusional.

Suatu catatan penting dalam konteks pelaksanaan pemilu, agar tak terjadi karut-marut, termasuk dalam penegakan hukum, haruslah dipisahkan antara pemilu nasional untuk memilih DPR, DPD dan presiden-wakil presiden dengan pemilu lokal untuk memilih DPRD provinsi, kabupaten/kota dan gubernur, bupati/walikota.

Kedua, berkaitan dengan pemberantasan korupsi. Sepanjang 2019 Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih tetap merupakan senjata pamungkas dalam pemberantasan korupsi yang melibatkan pimpinan parpol, anggota DPR, gubernur, bupati/walikota hingga direktur BUMN. Di tengah maraknya OTT KPK, publik dihebohkan dengan dua putusan kasus korupsi. Pertama, bebasnya Syarifuddin Arsyad Tumenggung dalam putusan kasasi Mahkamah Agung dan kedua, putusan bebas Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta terhadap mantan Direktur PLN Sofyan Basyir.

Terlepas dari pro-kontra kedua putusan itu, adanya putusan bebas terhadap terdakwa kasus korupsi menunjukkan kegagalan penuntut umum (baca: KPK) mengkonstruksikan dakwaan dan pembuktian terhadap dakwaan itu. Konsekuensi lebih lanjut, KPK harus lebih berhati-hati menangani kasus korupsi.

Hal lain terkait pemberantasan korupsi yang tak kalah menarik adalah pemilihan komisioner KPK yang sudah menimbulkan polemik saat pembentukan panitia seleksi (pansel). Susunan keanggotaan pansel dituduh oleh lembaga pegiat antikorupsi didominasi oleh orang-orang yang sangat dekat dengan institusi Polri. Faktanya kemudian, pansel bertindak profesional dengan kriteria penilaian yang sangat terukur dan melibatkan beberapa institusi dalam merekrut calon komisioner KPK. Alhasil, calon anggota komisioner KPK yang diserahkan oleh pansel ke Presiden yang berasal dari Polri hanya seorang, bersama-sama dengan calon lain yang berlatar belakang hakim, jaksa dan advokat yang masing-masing juga hanya satu calon. Terlepas dari suara-suara miring terhadap para komisioner KPK terpilih, lebih bijak jika mereka diberi kesempatan menunjukkan kinerja dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi.

Isu terakhir mengenai pemberantasan korupsi yang menyita perhatian masyarakat sehingga menimbulkan unjuk rasa masif adalah revisi UU KPK. Bahwa ada permasalahan besar dalam pemberantasan korupsi oleh KPK adalah fakta yang tak terbantahkan terutama berkaitan dengan status tersangka yang terlalu dini, sementara KPK tak memiliki kewenangan penghentian penyidikan.

Revisi UU KPK

Hal lain yang jadi sasaran kritik terhadap revisi UU KPK adalah keberadaan Dewan Pengawas dan proses penyadapan yang membutuhkan izin Dewan Pengawas. Terkait revisi UU KPK, catatan saya sebagai berikut. Pertama, haruslah dipahami bahwa substansi UU KPK adalah dalam konteks hukum acara pidana. Landasan filosofis hukum acara pidana adalah untuk mencegah kesewenang-wenangan negara terhadap individu, sebab sedikit-banyaknya hukum acara pidana, melakukan pengekangan atas HAM.

Dapatlah dibayangkan bahwa seseorang ditangkap, ditahan, digeledah dan disita harta bendanya, namun belum tentu putusan akhir ia akan dinyatakan bersalah. Oleh karena itu hukum acara pidana mengandung sifat keresmian dengan berpegang pada lex scripta (hukum tertulis), lex certa (hukum yang jelas) dan lex stricta (hukum yang ketat).

Kedua, dalam kaitan yang pertama, harus ada penghentian penyidikan sebagai perwujudan sunset principle. Hanya saja harus ada limitasi penghentian penyidikan jika perkara tidak cukup bukti, bukan perkara pidana, tersangka meninggal dunia, daluwarsa atau nebis in idem. Penghentian penyidikan juga dimungkinkan jika seseorang yang telah dinyatakan sebagai tersangka namun dalam jangka waktu tertentu, yang bersangkutan tidak pernah diproses.

Ketiga, terkait penyadapan. Adalah instrumen yang dimungkinkan dalam mengungkap suatu kejahatan luar biasa. Bahwa penyadapan dapat diaudit dalam rangka akuntabilitas adalah sesuatu yang wajar, namun kiranya penyadapan dilakukan tanpa harus minta izin siapapun. Keempat, keberadaan Dewan Pengawas dalam rangka mengawasi kinerja KPK secara keseluruhan sangat perlu, namun tak diberi kekuasaan yang bersifat projustisia termasuk pemberian izin penyadapan maupun upaya paksa lain.

Isu penolakan revisi UU KPK ternyata berimbas pada penolakan pengesahan RUU KUHP padahal keberadaan KUHP baru sangat mendesak. Untungnya, pemerintah dan DPR telah mengubah UU tentang Peraturan Perundang-Undangan sehingga dimungkinkan carry over dalam pembahasan RUU KUHP oleh DPR yang baru saja dilantik. Bahwa kurang ada sosialisasi terhadap RUU KUHP, adalah sesuatu yang tak dapat dimungkiri.

Oleh karena itu terhadap beberapa pasal yang menimbulkan kontroversi ada tiga kemungkinan. Pertama, dapat saja pasal itu diberlakukan bila ada pemahaman yang sama setelah dijelaskan kepada masyarakat. Kedua, dimungkinan reformulasi terhadap draf yang sudah ada setelah mendapat masukan dari berbagai pihak. Ketiga, pasal itu dihapus jika dipandang bahwa substansinya dianggap sebagai over kriminalisasi.

Ketiga, berkaitan dengan pembentukan Omnibus Law. Salah satu visi Presiden Jokowi yang disampaikan dalam pidato pelantikan adalah investasi seluas-luasnya dengan menyederhanakan aturan sehingga memperoleh kepastian hukum. Dalam konteks inilah timbul wacana pembentukan Omnibus Law.

“Omnibus Law”

Secara harfiah Omnibus Law diartikan sebagai hukum untuk semuanya. Saya dapat memahami mengapa ide ini muncul. Pertama, banyaknya produk UU yang saling tumpang tindih. Kedua, di antara berbagai produk UU itu terkesan tak ada harmonisasi dan sinkronisasi. Ketiga, mata rantai birokrasi yang panjang dalam mengurus sesuatu, terlebih jika menyangkut investasi yang melibatkan pihak asing.

Omnibus Law dianggap sebagai solusi untuk memotong mata rantai itu dengan hanya merujuk pada satu UU yang mengatur suatu topik kendati berkaitan dengan banyak bidang. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa Omnibus Law pun memiliki kelemahan. Pertama, bersifat pragmatis dan hanya untuk kepentingan sesaat, padahal kekuatan berlaku suatu UU tak hanya secara yuridis dan sosiologis tetapi juga filosofis.

Kedua, terlalu menyederhanakan regulasi dalam rangka kemudahan pengambilan keputusan, padahal menyangkut banyak bidang yang belum tentu berkaitan satu sama lain. Ketiga, dapat mengakibatkan disorder of law bila berbenturan dengan berbagai UU yang telah eksis dan cenderung inkonstitusional. Sebagai perbandingan, AS pernah mengeluarkan United States Omnibus Trade Law 1988 namun substansinya dianggap bertentangan dengan Antitrust Law yang mengatur conduct of business corporation (University of Miami Inter–America Law Review, Vol 21. No.1, 1989).

Terlepas dari wacana pembentukan Omnibus Law, dalam rangka memperbaiki berbagai produk UU sebagai legal substance perlu segera dibentuk lembaga Badan Regulasi Nasional, Selain untuk mengejawantahkan janji kampanye Presiden Jokowi dalam debat capres-cawapres awal 2019. Keberadaan badan itu dibutuhkan untuk mengharmonisasi dan mensinkronisasi berbagai UU. Pengalaman selama ini, sebagai akibat pengaturan yang tak sinkron membawa dampak ketidakpastian hukum dalam praktik penegakan hukum.

Sebagai contoh isu korupsi oleh BUMN. Apakah kekayaan BUMN merupakan kekayaan terpisah ataukah merupakan kekayaan negara? Antara satu UU dengan UU lainnya memberikan jawaban yang berbeda. Jika merujuk pada UU Keuangan Negara, UU Badan Pemeriksaan Keuangan termasuk UU Korupsi, kekayaan BUMN merupakan bagian dari kekayaan negara. Sebaliknya, bila merujuk pada UU BUMN termasuk UU Perseroan Terbatas, kekayaan BUMN bukan merupakan bagian dari kekayaan negara.

Celakanya, saat ini ada seorang mantan direktur BUMN yang sedang duduk di kursi pesakitan dalam kasus korupsi karena didakwa merugikan keuangan negara dengan cara memberi kentungan kepada BUMN lain. Bila kekayaan BUMN dianggap kekayaan negara, maka logika sederhananya dalam kasus tersebut, negara merugikan keuangan negara karena memberi keuntungan kepada negara. Kedengarannya aneh, namun demikianlah kenyataan perkara dalam penegakan hukum di negara kita dengan produk UU yang karut-marut.


Eddy OS Hiariej, Guru Besar Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada

17 komentar:

  1. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  2. Saya membawa kabar baik kepada Anda semua warga negara Indonesia di platform ini, Tuhan telah sepenuhnya setia kepada saya dan seluruh rumah saya telah bertahan sejak Mei 2019, kesaksian saya dan kabar baik saya berjalan seperti ini, Nama saya Kartin Kiba dari Jl.P .Biak 9 No. 230 Rt.007 Rw.018 Desa Arenjaya, Jakarta Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, saya adalah seorang pemasar di perusahaan tempat saya bekerja, Suami saya dan saya ingin menggunakan platform ini untuk menginformasikan semua ini. Platform ini membutuhkan dan mencari pinjaman yang tulus untuk berhati-hati karena internet dan blog penuh dengan perusahaan pinjaman palsu dan penipuan yang hanya ada di sini untuk merobek uang hasil jerih payah Anda.

    Suami saya dan saya memiliki hutang besar dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman online untuk melunasi hutang kami dan kami menghubungi perusahaan pinjaman dari Singapura yang pada bulan Desember 2018, dan kami ditipu oleh pemilik perusahaan dengan meminta kami untuk membayar banyak biaya yang kami bayar dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjaman, kami kehilangan sekitar Rp7.500.000 untuk perusahaan pinjaman palsu di Singapura karena kami mengajukan pinjaman sebesar Rp450.000.000,00 dan dengan semua biaya yang kami bayarkan kami lakukan tidak mendapatkan pinjaman dan suami saya dan saya sangat Frustrasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan kami bangkrut dan muak dengan kehidupan.

    Jadi Tuhan itu baik, kami berdoa dan Tuhan mengarahkan kami ke seorang pelayan dan pada hari yang setia ini 20 Mei 2019, saya menjelajah internet ketika saya bisa menemukan kesaksian seorang wanita Indonesia dengan nama Yohanes Hendra Who dari Kota Bandung, bagaimana Tuhan mengubah kehidupan keuangannya melalui perusahaan pinjaman. Dia meminta saya untuk menghubungi ibu Helen dan dia memperkenalkan saya kepada ibu Helen dan dia memberi saya keberanian dan saya mengajukan pinjaman dari ibu dan ibu Helen, Helen akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman. di perusahaan dan saya mendapat jumlah persis yang saya lamar dan saya sangat senang.

    Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi tahu rekan-rekan saya bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman asli yang asli dan ingin mendapatkan pinjaman cepat dengan tingkat bunga 2%, cukup mendaftar melalui Ny. Helen Wilson melalui email: (helenwilson719@gmail.com) atau melalui Whatsapp: + 1-585-326-2165. Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini, (kartinkiba72@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.
    ALLAH memberkati kalian semua! Terima kasih.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    Nama saya Ny. Lulusi Winarto, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua, terutama saudara-saudari Indonesia saya untuk sangat berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah benar-benar mendukung saya melalui kebaikan Ibu Ny. Helen Wilson

    Setelah beberapa periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp14.755.000 dengan berbagai
    pemberi pinjaman setelah membayar beberapa biaya dan tidak mendapatkan pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Helen, yang merupakan Direktur perusahaan WEMA, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari Bunda Helen, jadi saya mengumpulkan keberanian. dan hubungi Mrs.Helen.

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp850.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan melalui transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp850 juta. Saya sangat senang bahwa Allah akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya.
    Mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.
    Semoga ALLAH memberkati Ibu Helen untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Helen melalui email: (helenwilson719@gmail.com) untuk pinjaman Anda atau melalui nomor WhatsApp: + 1-585- 326-2165

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini.

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Allah akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya Helen Wilson, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut via email saya: (lulusiwinarto@gmail.com)

    BalasHapus
  4. Halo,
    Nama saya Asmaul Khusnuliyah, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua pencari pinjaman akan berhati-hati tentang pemberi pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya ditipu dan kehilangan Rp. 12,3 juta untuk seorang pria di Afrika. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Ny. Reni Nuraeni (reninur461@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Sarah (sarahmichael831@gmail.com), Manajer Kantor Pinjaman TEXCO, jadi teman saya meminta saya untuk memproses pinjaman saya dengan Ny. Sarah. Jadi saya menghubungi Ny. Sarah melalui email kantor: (texcoloans@gmail.com) dan juga di WhatsApp: + 1-315-284-1764

    Saya mengajukan pinjaman sebesar IDR 640 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer pinjaman, Saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 4 jam, uang pinjaman saya dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan IDR640 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa saya dan dia telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati Ny. Sarah yang memberi saya kehidupan yang adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ny. Sarah melalui email: (sarahmichael831@gmail.com) dan email Perusahaan; (texcoloans@gmail.com) atau melalui WhatsApp: + 1-315-284-1764 untuk pinjaman Anda

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (asmaulkhusnuliyah1@gmail.com)
    Salam pembuka

    BalasHapus
  5. purchase linkedin followers for your company.It is helpful to build your company growth. buy linkedin connections

    BalasHapus
  6. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    BalasHapus
  7. Salam semuanya !!
    Saya hanya memiliki kesaksian singkat untuk dibagikan kepada Anda semua. Nama saya Endang Shut dari Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya mengalami kesulitan keuangan, dan dalam keputus-asaan, saya dibohongi oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. REBACCA ALMA yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp.950.000.000 Sembilan Ratus lima puluh Juta dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau kesulitan, Semuanya berjalan dengan baik dan lancar. lancar dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajukan dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan atau ketidaknyamanan. Karena saya berjanji kepadanya bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman yang dapat diandalkan dalam bentuk apa pun, silakan hubungi dia melalui email langsungnya: rebaccaalmaloancompany@gmail.com

    Rincian Kontak Ibu Baik. Silakan hubungi dia dia sah.
    Nama: Rebacca Alma
    Telepon: +14052595662
    WhatsApp: +14052595662
    https://Instagram.com/rebaccaalma
    e_mail: rebaccaalmaloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya endangshut2@gmail.com. Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan yang merupakan pembayaran cicilan bulanan. Saya berharap Anda berhasil menghubungi REBECCA ALMA LOAN COMPANY. Tuhan memberkati kalian semua

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  8. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    BalasHapus
  9. Purchase google vicinity surveys and lift up your on-line notoriety. These audits are 100% proper.
    buy google business reviews

    BalasHapus
  10. Apply for gym trainer jobs, freelance modelling jobs, freelance acting jobs, freelance singing jobs, freelance makeup artists jobs, freelance video editor jobs in India.
    acting auditions

    BalasHapus
  11. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  12. Buy thoughtful gifts this Christmas and make the joy double. Hop onto best deals for gifts and give gifts to your family members.
    gifts for grandpa

    BalasHapus
  13. Get all the latest info about social media news, viral news, ho web series and all news here.
    upcoming web series

    BalasHapus
  14. As-salamu alaikum

    Nama saya Kartika Fitri(kartikafitri74@gmail.com) dari Bogor (Indonesia), Saat Pandemi Covid19 ini usaha suami saya berhutang karena tidak bisa mengimbangi, jadi saya cari online bagaimana saya bisa mendapatkan pinjaman pribadi karena tidak punya agunan, saya menghubungi beberapa pinjaman perusahaan tetapi ternyata penipuan dan penipuan setelah mengirimi mereka uang, Anda tidak akan mendengar kabar dari mereka lagi

    Jadi saya melihat posting dari Mahammad Ismali (Mahammadismali234@gmail.com) tentang pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote Via email: Dangotegrouploandepartment @ gmail dengan bunga pinjaman 2%, jadi saya menghubungi mereka mengikuti prosedur mereka dan saya mendapatkan pinjaman saya Rp500,000,000.00 (500 juta) disetujui dan ditransfer ke kami

    Saya ingin berterima kasih kepada Perusahaan Pinjaman Dangote dan juga Mahammad ismali dan saya ucapkan terima kasih selamanya, saran saya kepada siapa pun yang membaca ini jangan buang waktu Anda mencari pinjaman lagi dimana hubungi Perusahaan Pinjaman Dangote dan saya bersumpah dengan hidup saya bahwa mereka adalah nyata dan sah

    BalasHapus
  15. Avail the best love, good morning, life, funny, sad, friendship quotes & status. Here also get the moral stories, inspirational quotes etc. status in hindi

    BalasHapus
  16. Checkout the best home appliances reviews, best kitchen appliances reviews, best electronics products review sites etc. best electronics products review sites

    BalasHapus
  17. To stay ahead in your niche look for non drop and real source to buy instagram likes india. It is not only safe but also is the best suggestion.

    BalasHapus