Senin, 09 Februari 2015

“Jaim”

“Jaim”

Samuel Mulia  ;  Penulis kolom “PARODI” Kompas Minggu
KOMPAS, 08 Februari 2015

                                                                                                                                     
                                                

Suatu hari, seorang narasumber meminta begitu banyak persyaratan sebelum tim editorial di tempat saya bekerja melakukan eksekusi pemotretan. Tidak boleh ini, tidak boleh itu. Bahkan, mengenakan busana harus begini dan tidak boleh begitu. Saya tidak suka ini, tetapi saya suka ini.

Hal yang demikian sudah sering kali terjadi selama saya menjalani kehidupan profesional di dunia media. Berbeda persona, tetapi alasannya selalu sama. Jaga image.

Rapor merah

Image sangat penting untuk begitu banyak orang. Mungkin terutama
kalau itu berhubungan dengan target pemasukan dana dan melindungi keadaan yang sesungguhnya sehingga acap kali yang dijual atau ditampilkan adalah keadaan yang bukan sesungguhnya.

Saya juga tidak tahu mengapa mereka begitu manis ketika dihubungi, tetapi kemudian seperti serigala siap menerkam ketika eksekusi dilakukan. Kejadian itu sudah acap kali terjadi, bahkan bertahun-tahun lamanya, tetapi entah mengapa, masalah jaim itu baru mengusik saya sekarang ini.

Gara-garanya bukan karena cerita di atas, melainkan ketika seorang teman mengunggah foto saya di sebuah media sosial tanpa saya ketahui. Saya lumayan kaget ketika melihatnya karena dalam foto itu saya tampak begitu tua.

Ia mengambil foto wajah saya begitu dekat sehingga kulit muka yang seperti jalan rusak itu terlihat sungguh nyata. Belum lagi melihat kacamata plus yang bertengger di hidung. Ah, saya merasa sungguh buruk rupa hanya karena
teman saya itu salah mengambil sudut pemotretan. Padahal, saya ini tak seburuk itu meski tak bisa dikatakan tampan.

Semenjak tertimpa kejadian itu, saya mengerti mengapa narasumber-narasumber itu begitu bawel saat melakukan sesi pemotretan. Mencegah terjadinya pengurangan nilai itu yang membuat jaim itu harus dilakukan. Jaim itu mencegah rapor menjadi merah seperti darah.

Dalam kehidupan profesional sehari-hari pun, saya sering mendengar karyawan-karyawan yang selalu berucap macam begini, ”Bos datang, bos datang.” Ucapan yang juga sebuah peringatan agar mereka tidak terlihat seperti apa adanya.

Dengan demikian, ketika bos datang, karyawan terlihat baik, santun, dan giat bekerja. Pemandangan itu tentu hanya punya satu tujuan: agar bos menjadi senang melihatnya. Padahal, mereka sesungguhnya tidaklah santun dan tidaklah rajin bekerja.

Jaim diperlukan untuk menyelamatkan kehidupan. Karena menjadi seperti sesungguhnya, risikonya terlalu berat karena bisa jadi tak semua manusia bisa menerima kejujuran yang sesungguhnya.

Sekrup dan skrip

Aneh memang kalau dipikir-pikir. Saya ini diajari untuk menjadi jujur dan apa adanya. Anda dan saya tahu kalimat yang berbunyi be yourself. Itu selalu digaungkan sampai gendang telinga rasanya mau pecah. Namun, begitu menjadi be yourself, palu untuk menghakimi diketok seperti genderang yang ditabuh bertubi-tubi.

Maka, jaim seperti obat dewa yang menyelamatkan dari terkena palu. Teman saya seorang pria, kalau berbicara semuanya diatur. Bahkan, ketika kami berkumpul di luar jam kerja dan dalam suasana yang apa adanya, ia tetap dengan gaya yang begitu kaku dan terjaga. Saya sampai pernah ingin bertanya kepadanya, apakah ia tak pernah kelelahan menjadi begitu terjaganya, menjadi begitu tidak apa adanya.

Kemudian di suatu siang saya berkhayal seandainya hidup ini dilakoni dengan apa adanya. Apakah saya akan gagal menjadi pembicara, menjadi motivator, menjadi pengamat segala rupa. Apakah target pemasukan saya tak akan tercapai?

Kalaupun target saya tercapai, apakah akan jauh berkurang kalau dibandingkan saya jaim? Apakah kalau saya apa adanya, orang malah akan tersinggung dan bukan menerima saya apa adanya? Apakah orang akan merasa terancam karenanya? Orang akan mengatakan saya tinggi hati?

Ataukah semua akan jadi aman sentosa karena semua orang bisa menjadi apa adanya? Dengan demikian, orang tak ragu mengatakan rumah saya bagus, tak ragu kala dilakukan sesi pemotretan dengan sudut pengambilan yang bagaimanapun juga tanpa ada sejuta peraturan yang membatasi.

Sebab, bisa jadi sekarang ini saya mudah sekali tersinggung karena saya terlalu tidak apa adanya. Saya melakoni hidup seperti sedang membaca skrip dalam sebuah pementasan sandiwara atau film. Saya mengencangkan sekrup agar tidak lepas karena saya seorang pria flamboyan dan harus jaim di ruang publik, misalnya.

Maka, mungkin ketika saya mudah naik pitam karena berseberangan pendapat dengan orang lain, itu bukan karena perbedaan pendapat, melainkan karena saya sudah kelelahan jauh sebelum pendapat yang berbeda itu datang dalam kehidupan saya.

Akibatnya, perbedaan pendapat bisa jadi dipakai sebagai akar masalah. Padahal, kalau saja saya tidak kelelahan, saya bisa berpikir dengan tenang bahwa saya diciptakan berbeda dalam segala hal dengan orang lain. Ya, sudah pasti pendapatnya berbeda.

Kelelahan telah membuat saya berpikir perbedaan itu sebuah ancaman, padahal sama sekali tidak. Saya lelah karena saya melakoni hidup untuk kepentingan fisik dan bukan kepentingan ketenteraman jiwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar