Sabtu, 16 Mei 2015

Sistem Pembayaran dan Permintaan Tenaga Kerja

Sistem Pembayaran dan Permintaan Tenaga Kerja

Achmad Deni Daruri  ;  President Director Center for Banking Crisis
KORAN SINDO, 15 Mei 2015

                                                                                                                                                           
                                                                                                                                                           

Negara Asia dan Afrika mengalami surplus tenaga kerja. Sayangnya, Konferensi Asia-Afrika (KAA) tidak menjadikan kondisi ini sebagai basis rekomendasi kebijakan ekonomi masa depan di Asia dan Afrika.

Seharusnya model yang dikembangkan adalah endogenisasi surplus tenaga kerja melalui pematangan sistem pembayaran. Dalam perekonomian yang menggunakan kebijakan moneter tradisional, permintaan akan tenaga kerja ditentukan dalam sistem perekonomian. Namun, dalamperekonomian yang menggunakan kebijakan moneter nontradisional, permintaan akan tenaga kerja ditentukan di luar sistem perekonomian.

Larry Summers mengistilahkannya sebagai stagnasi sekuler yang bersifat global. Implikasinya, globalisasi bukan hanya menciptakan dampak positif bagi perekonomian, melainkan juga matinya kebijakan moneter tradisional. Kalau virus merebak menggunakan sarana transportasi, stagnasi sekuler merebak dengan menggunakan jaringan ekonomi yang kita kenal sebagai keterkaitan sistem pembayaran global.

Keterkaitan ini membuat permintaan tenaga kerja sulit untuk dipulihkan oleh kebijakan moneter. Artinya, kebijakan fiskal dan struktural juga harus dihidupkan secara bersamaan agar sistem pembayaran mampu digunakan secara efektif memicu pertumbuhan ekonomi yang menyerap tenaga kerja secara penuh.

Larry Summers menambahkan, dalam stabilitas keuangan, ”Tidak mungkin bagi perekonomian untuk mencapai kesempatan kerja penuh, pertumbuhan yang memuaskan, dan stabilitas keuangan secara bersamaan hanya dengan melalui operasi kebijakan moneter konvensional.”

Pada 1938 sembilan tahun setelah awal Depresi Hebat, Alvin Hansen menyampaikan pidato kepresidenan, ”Kemajuan Ekonomi dan Penurunan Pertumbuhan Populasi”. Hansen membuat pembicaraan tersebut setelah era ekspansi yang belum pernah terjadi sebelumnya atas ekonomi AS, baik dari segi populasi maupun lahan yang tersedia.

Akhir periode ini dan pengalaman Depresi Besar (Great Depression) menyebabkan Hansen bertanya-tanya apakah akan ada permintaan investasi yang cukup untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi pada masa depan. Larry Summers memunculkan kembali ide ini dalam pidatonya pada November 2013 di Forum IMF mengingat kembali pemikirannya dalam pidatonya Februari 2014 di Asosiasi Nasional untuk Ekonomi Bisnis (Summers 2014).

Istilah ”stagnasi sekuler” mengena tepat di inti. Barry Eichengreen menempatkannya dalam kontribusinya untuk menanggapi penelitian ini: ”Gagasan bahwa Amerika dan negara maju lainnya mungkin menderita lebih dari mabuk akibat krisis keuangan diresonansi oleh banyak pengamat.”

Resonansi, bagaimanapun, tidak menghasilkan harmoni. Sebagaimana pengamatan Barry Eichengreen : ”Meskipun istilah ‘stagnasi sekuler’ diulang secara luas, tidak dipahami secara luas. Stagnasi sekuler, yang telah kita pelajari, adalah milik seorang ekonom Rorschach Test. Bisa jadi berarti hal yang berbeda untuk orang yang berbeda.” Untungnya, ilmu makroekonomi menyediakan cara mudah untuk menyusun berbagai pandangan.
Dasar ekonomi makro menyediakan tiga pilar kerangka kerja untuk berpikir tentang pertumbuhan ekonomi pada masa depan. Pertama, tingkat pertumbuhan potensial jangka panjang perekonomian. Kedua, penyimpangan pertumbuhan aktual dari potensinya. Ketiga, satu perubahan tingkat PDB tanpa perubahan dalam tingkat pertumbuhan jangka panjang.

Berbagai kontribusi yang ada di diskusi ini menekankan satu atau lebih dari tiga pilar tersebut. Peneliti menangani pilar secara bergantian. Pilar kedua menegaskan Keynessian dengan semua perubahan dan perbaikan modern pertumbuhan mungkin rendah karena berada di bawah tingkat pertumbuhan potensial jangka panjangnya. Inipremis dasar dari komentar Summers pada 2013.

Seperti yang ia katakan : ”Misalkan tingkat bunga riil jangka pendek yang konsisten dengan tenaga kerja penuh telah jatuh menjadi negatif dua atau negatif tiga persen pada pertengahan dekade terakhir. ... Kita mungkin perlu, di tahun-tahun mendatang, untuk berpikir tentang bagaimana kita mengelola ekonomi di mana tingkat bunga nominal nol adalah inhibitor kronis dan sistemik dari kegiatan ekonomi, memegang ekonomi kita kembali di bawah potensi mereka.”

Pandangan kekurangan permintaan agregat juga ditekankan oleh Paul Krugman yang mengatakan, ”Stagnasi sekuler adalah proposisi bahwa periode seperti lima tahun-plus yang lalu, ketika bahkan kebijakan suku bunga nol tidak cukup untuk memulihkan tenaga kerja penuh, akan menjadi jauh lebih umum di masa depan...”

Pilar ketiga pada kerangka Makro 101 di mana para peneliti menekankan peningkatan tingkat pertumbuhan, terutama kerusakan krisis terkait dengan potensi output perekonomian yang terjadi hanya satu kali. Ini bagian dari diskusi penting yang mengambil literatur yang jauh lebih tua pada hysteresis pasar tenaga kerja. Dalam tulisan mereka yang berpengaruh, Blanchard dan Summers (1986) menciptakan istilah ”Eurosclerosis” karena mereka melihat hysteresissebagai masalah Eropa.

Setelah setiap resesi, pengangguran melonjak, tidak pernah kembali ke tingkat praresesi. Glaeser menunjukkan bahwa hingga 1970 pangsa laki-laki berusia mapan tanpa pekerjaan di AS adalah 5% di masa baik dan 8% di masa kemerosotan. Setelah 1970 dampak penurunan menjadijadi, resesi berkaitan dengan kenaikan pengangguran yang tidak sepenuhnya berbalik selama pemulihan.

Kerusakan itu permanen. Menurut Glaeser, ”Modal manusia terdepresiasi pengangguran sehingga bakat menghilang.” Intinya, sistem pembayaran di era globalisasi bagaikan pisau bermata dua di mana perbaikan permintaan tenaga kerja tidak lagi hanya dapat mengandalkan kebijakan moneter, apalagi kebijakan moneter tradisional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar