Mengingat Tan
Asep Salahudin ;
Dekan Fakultas Syariah IAILM Pesantren Suryalaya, Tasikmalaya; Dosen di FISS
Universitas Pasundan, Bandung
|
KOMPAS,
24 Oktober 2015
Kalau ada manusia pergerakan yang menghabiskan seluruh usia
untuk Indonesia yang diimpikannya, dia adalah Tan Malaka.
Seandainya ada the
founding father yang tidak pernah mencicipi manisnya takhta kekuasaan,
lagi-lagi dia adalah Ibrahim Datuk Tan Malaka.
Bahkan boleh jadi dari sekian kaum pejuang yang riwayat hidupnya
paling tragis, lagi-lagi itu pasti merujuk kepada Ilyas Hussein, satu dari 23
nama samaran yang disandingnya.
Selama 20 tahun, hidup Tan Malaka berada dalam pengasingan. Ia
mengelilingi separuh dunia (1922-1942) di bawah bayang-bayang perburuan
intelijen Inggris, Amerika, dan Belanda sebelum akhirnya mati mengenaskan:
pada 21 Februari 1949, tentara Republik Indonesia mengeksekusinya di Desa
Selapanggung dalam sebuah kemelut ideologis. Ia dianggap menentang
Soekarno-Hatta dan dipandang membahayakan Indonesia yang baru saja
diproklamasikan. Ironis, Tan Malaka menemui ajal bukan oleh kaum kolonial,
melainkan di tangan bangsanya sendiri.
Kalau hari ini banyak orang yang membaca kembali pikiran Tan
Malaka, mungkin benar apa yang pernah dikatakannya tahun 1948, ”Ingatlah
bahwa dari dalam kubur suara saya akan lebih keras daripada dari atas Bumi.”
Ternyata Tan Malaka tidak pernah mati walau rezim Orde Baru
mencoba menghapus jejaknya dari sejarah perjuangan bangsa. Dia tidak ambil
bagian dalam hiruk-pikuk politik proklamasi 17 Agustus 1945, tetapi semua
kalangan tidak menyangsikan perannya dalam merumuskan konsep keindonesiaan.
Mohammad Yamin menyebutnya sebagai ”Bapak Republik Indonesia”.
Imaji keindonesiaan itu pertama kali muncul dalam risalah Naar de Republiek Indonesia (1925)
sebelum Hatta menulis Indonesia Vrij
(1928) dan Soekarno menyampaikan Menuju
Indonesia Merdeka (1933) atau kaum muda lewat Sumpah Pemuda (1928).
Tan tidak hanya berjuang dengan ”tubuh” lewat kiprahnya di
berbagai organisasi sejak belia. Dimulai sebagai anggota Serikat Islam
Semarang (1921), Ketua Partai Komunis Indonesia (1921-1922), wakil komintern
untuk Asia Timur (1924), dan terakhir sebagai pendiri Partai Murba (1948).
Namun, ia juga berjuang dengan ”gagasan” dengan pikirannya yang cemerlang,
seperti tampak dari karya-karyanya: Parlemen atau Soviet (1929), SI Semarang
dan Onderwijs (1921), Dasar Pendidikan (1921), Naar de Republiek Indonesia
(Menuju Republik Indonesia) (1924), Semangat Muda (1925), Massa Actie (1926),
Local Actie dan National Actie (1926), Pari dan Nasionalisten (1927), Pari
dan PKI (1927), Pari International (1927), Manifesto Bangkok (1927), Asia
Bergabung (1943), Madilog (1943), Muslihat (1945), Rencana Ekonomi Berjuang
(1945), Politik (1945) , Manifesto Jakarta (1945), Thesis (1946), Pidato
Purwokerto (1946), Pidato Solo (1946), Gerpolek (1948), Pidato Kediri (1948),
Pandangan Hidup (1948), Kuhandel di Kaliurang (1948), Dari Penjara ke Penjara
(1948), serta Proklamasi 17-8-45 Isi dan Pelaksanaannya (1948).
Relevansi
Gagasan Tan Malaka hari ini menjadi relevan dipercakapkan justru
di tengah situasi politik kebangsaan yang sering tersekap defisit moralitas,
absennya prinsip-prinsip yang dikukuhi dan selebihnya kerumunan politisi yang
datang dengan kepala kosong dan hanya mengandalkan kepalan tangan, retorika
murahan, dan nafsu memburu kekuasaan yang kelewat batas.
Tan hadir sebagai ”ideologi kritik” sekaligus kekuatan counter
culture justru ketika politik minus ”politisi”, negara nirnegarawan, dan
kekuasaan kehilangan jangkar moralitas.
Partai politik pasca reformasi lahir tak ubahnya jamur. Namun,
nyaris tidak ada garis demarkasi yang membedakan satu dengan yang lain.
Ideologinya seragam berujung pada pragmatisme. Tidak perlu heran kalau para
politisi dengan mudahnya melompat dari satu partai ke partai lain. Dengan
enteng bikin partai baru yang serupa dengan partai karatan sebelumnya kecuali
lambang dan namanya. Temanya ”restorasi”, tetapi isinya sama: bancakan dana
sosial.
Lembaga politik bukannya mendidik rakyat dan membangun massa
agar aktif, tetapi justru massa itu selama lima tahun sekali dihampiri dengan
pendekatan materi. Di pusaran ini dalam setiap pemilihan yang tercium selalu
politik transaksional, suara yang diperjualbelikan.
Tidak hanya dalam pemilihan legislatif, tetapi juga pemilihan
eksekutif, mulai presiden sampai kepala desa. Rakyat digiring ke lapangan
bukan untuk menyimak pidato politik mencerahkan, melainkan hanya diseru
goyang bersama pedangdut sintal. Tidak ada rapat akbar layaknya di
Ikada—ketika Soekarno dan kawan-kawan menyuntikkan kesadaran berbangsa.
Sekarang yang ditemukan sekadar teriakan politisi yang meminta-minta untuk
dicoblos dengan menjual isu primitif politik partisan, kesukuan, ataupun
fantasi arkaik keagamaan abad pertengahan.
Maka, bagi saya, dalam situasi politik jahiliah macam begini,
jangan terlampau mengharap lahir negarawan sekelas Tan Malaka. Toh
kenyataannya malah selepas menjabat (atau sedang menjabat) tidak sedikit
politisi yang harus berurusan dengan KPK dan berujung di balik terali besi.
Mereka hidup dari penjara ke penjara (dari Cipinang ke Sukamiskin) bukan
sebagai manusia yang memperjuangkan prinsip demi menghadirkan Indonesia
sejahtera, melainkan demi keluarga dan kelompoknya dengan cara-cara yang
hina.
Coba sesekali saat hari libur ke Bandung, jangan melulu memburu
makanan, tetapi tengoklah penjara Sukamiskin. Lihatlah mulai dari camat,
bupati, wali kota, sekretaris daerah, gubernur, menteri, hingga pimpinan
partai, mereka mendekam atas pasal tindak pidana korupsi.
Berbanding terbalik, dahulu di Bandung, akhir Desember 1929,
Soekarno yang menjabat Ketua PNI dijebloskan ke Ruang TA 01 di lantai 2 Lapas
Sukamiskin atas tuduhan menghina Hindia Belanda dan menyusun pleidoinya yang
terkenal, Indonesie Klaagt Aan (Indonesia Menggugat).
Soekarno dengan wajah tengadah berkata, ”Tak usah kami uraikan
lagi bahwa proses ini adalah proses politik. Ia, oleh karena itu, di dalam
pemeriksaannya tidak boleh dipisahkan dari soal-soal politik yang menjadi
sifat dan asas pergerakan kami dan yang menjadi nyawa pikiran-pikiran dan
tindakan-tindakan kami....”
Menurut saya, ketimbang para anggota Dewan terhormat
menghabiskan uang miliaran rupiah untuk kunjungan studi banding ke luar
negeri dan lainnya, jauh akan lebih berfaedah jika studi bandingnya melihat
para penghuni Lapas Sukamiskin. Agar kesalahan yang sama tidak mereka
lakukan, supaya kebodohan itu tidak terulang.
Tantangan juga untuk wali kota flamboyan Bandung, Ridwan Kamil,
bagaimana menjadikan Lapas Sukamiskin sebagai obyek wisata rohaniah, tentu
jauh akan lebih bermanfaat ketimbang terus-menerus bikin taman dan menanam
rumput.
Kalau dahulu pada awal-awal proklamasi Tan Malaka menolak
tawaran yuniornya, Hatta, untuk masuk dalam lingkaran kekuasaan, hari ini
jangan harap ada cerita politisi menampik tawaran kursi kekuasaan.
Kenyataannya, mereka malah menghalalkan segala cara agar dapat menjadi bagian
dari lingkaran kuasa. Bahkan, mereka yang sebelumnya sangat vokal mencerca
penguasa ketika ditawari takhta dengan sigap menerima.
Warisan pemikiran
Seandainya dari Tan Malaka lahir banyak kitab yang berisi
gagasan untuk kemajuan bangsanya, bahkan mengilhami kaum pergerakan untuk
tidak pernah lelah merawat mimpi Indonesia masa depan, hari ini kita tak
perlu ketemu buku yang hanya berisi biografi politisi: diluncurkan di hotel
mewah, tetapi isi tak lebih hanya foto-foto kunjungan ke daerah, selfie di
luar negeri, kutipan dari sekian pendapat orang, dan sisanya testimoni
pesanan yang penuh puja-puji dari kerabat atau ”cendekiawan”. Buku dengan
kualitas alay dan lebay.
Dari Tan Malaka juga kita mewarisi sikap jujur, tidak mata
duitan, berani, sekaligus sikap pergaulan yang inklusif. Pada masanya, Partai
Komunis Indonesia berniat diperkuat kembali perkawanannya dengan Serikat
Islam. Pernah pula pimpinan Muhammadiyah hendak mengundang Tan Malaka untuk
berpidato tentang kemungkinan komunisme bersatu dengan Pan Islamisme dan dia
telah menyanggupi, tetapi keburu ditangkap Hindia Belanda.
Bagi Tan Malaka, komunisme dan Pan Islamisme harus beraliansi
menjadi sebuah kekuatan besar menghadapi kolonial, bukan terus bersengketa
yang malah akan menguntungkan kaum penjajah.
Memang zaman sudah berubah, sayang perubahan itu menjurus ke
arah rute politik gelap. Zaman pergerakan hanya menyisakan gema yang kian
lamat terdengar, kita lebih bernafsu bergerak menuju perburuan benda dengan
cara bernegara yang koruptif.
Mungkin menjadi sangat berarti merenungkan penggalan pidato Tan
Malaka pada rapat pertama Persatuan Perjuangan, ”Orang tak akan berunding dengan maling di rumahnya.” ●
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar