Kamis, 01 Oktober 2015

BI Rate Jangan Turun Dulu

BI Rate Jangan Turun Dulu

Denni P Purbasari ;   Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada
                                           MEDIA INDONESIA, 29 September 2015

                                                                                                                                                           
                                                                                                                                                           

“POLICY maker continues to face incomplete information. When the time for decision comes, he almost always to take a leap of faith. He will have to trust his good sense. Crisis provides a litmus test for separating the good from the bad decision makers.” (Boediono, dalam Seminar Ulang Tahun LPS, 22 September 2015)

Pelaku sektor keuangan cemas. Kecemasan itu tampak dari data transaksi valas di pasar spot maupun forward. Sejak 1 September hingga Jumat lalu (25/9), rupiah di pasar spot terus melemah dari Rp14.075 ke Rp14.693 per dolar Amerika atau turun 4,39%. Sementara itu, di pasar forward, rupiah sudah turun Rp760 per dolar Amerika atau terdepresiasi sebesar 5,3%. Pasar memperkirakan rupiah akan mencapai Rp14.930 hing ga Rp14.945 dalam satu bulan ke depan dan menembus Rp15.350 se belum akhir tahun seperti tampak dalam kontrak forward valas tiga bu lan mendatang.

Galaksi Amerika (dan Tiongkok)

Sudah jamak diketahui bahwa melemahnya rupiah saat ini disebabkan ketidakpastian yang berasal dari dua penguasa ekonomi di galaksi ini, yaitu Amerika dan Tiongkok. Amerika dengan total GDP sebesar US$18 triliun pada saat ini merupakan ekonomi terbesar di dunia, disusul Tiongkok dengan GDP sebesar US$11 triliun. Indonesia ada di peringkat 16, dengan GDP kurang dari US$1 triliun.

Dari Amerika, orang bertanya-tanya kapan dan seberapa cepat Federal Reserve 
akan menaikkan suku bunga setelah sejak 2008 lalu suku bunga dibuat 0%. Sementara itu, dari Tiongkok, orang cemas tentang seberapa buruk sebenarnya ekonomi ‘Negeri Tirai Bambu’ ini melambat.

Bila ekonomi Tiongkok melemah tajam sebelum pertumbuhan Amerika solid, bisa jadi ekonomi global tertarik ke bawah alias turut melemah.
Akibat ketidakpastian kebijakan Federal Reserve yang disusul dengan melemahnya Tiongkok, semua mata uang melemah terhadap dolar Amerika (http://www.economist.com/indicators). Meskipun demikian, ada yang terdepresiasi tajam dan ada yang tidak. Ringgit Malaysia dan rupiah, misalnya, terdepresiasi masing-masing sebesar 35,8% dan 23% selama setahun terakhir, sedangkan peso Filipina hanya terdepresiasi 4,5%.

Bukan (belum) krisis

Meski rupiah terdepresiasi cukup dalam, ini bukan krisis. Sebagai perbandingan, pada saat terjadi krisis keuangan global pada 2008, rupiah terdepresiasi terhadap dolar sebesar 30% dalam waktu dua setengah bulan sejak 1 September 2008. Sebaliknya, rupiah `baru' terdepresiasi sebesar 10,4% selama dua setengah bulan terakhir, atau sebesar 8,9% pada dua setengah bulan mendatang, menurut kontrak di pasar forward Jumat lalu.

Meskipun data menunjukkan bahwa saat ini tidak terjadi krisis, atau pasar saat ini tidak memperkirakan krisis akan terjadi dalam waktu dekat, ini bukan alasan bagi pengambil kebijakan untuk lengah. Pasalnya, salah satu karakter krisis keuangan yang sangat ditakuti semua pengambil kebijakan ialah kecepatan terjadinya. Untuk menarik miliaran dolar keluar dari suatu negara, orang cukup menekan key boards atau mengangkat telepon saja.

Sudah begitu, penyebab krisis keuangan juga beraneka macam, bisa dari dalam negeri dan luar negeri, bisa dari perbankan, perusahaan, rumah tangga, negara, dan bahkan bisa juga berawal di pasar modal, pasar obligasi, pasar valas, pasar uang rupiah, atau pasar kredit.

Misalnya, depresi besar pada 1929, yang diawali runtuhnya keya kinan investor di pasar modal Amerika. Krisis Asia pada 1997-1998 disebabkan utang swasta yang menyebab kan krisis perbankan. Krisis keuangan global pada 2008 terjadi karena utang KPR rumah tangga Amerika, sedangkan krisis utang Yunani terjadi karena menumpuknya utang pemerintah.

Pada 1997-1998 dan 2008, Indonesia mengalami krisis keuangan. Bisa dikatakan, pemicu keduanya berasal dari luar negeri. Krisis pada 1998 di awali dengan serangan terhadap baht Thailand, sedangkan krisis pada 2008 diawali dengan krisis KPR di Amerika. Meski sumbernya berasal dari luar negeri, dampaknya toh terasa juga hingga ke dalam negeri.

The impossibility of trinity

Meski penyebab krisis 1997-1998 dan krisis 2008 sama-sama berasal dari luar negeri dan berdampak ke dalam negeri, severity of impact dari keduanya ternyata berbeda. Data menunjukkan bahwa Indonesia sukses dalam menjinakkan krisis keuangan global pada 2008, tapi tidak berhasil pada 1997-1998.

Yang menjadi alasan mengapa severity of crisis ini berbeda di antaranya kondisi ekonomi dalam negeri dan respons kebijakan yang diambil pemerintah dan BI ketika menghadapi tekanan di pasar keuangan. Respons kebijakan itu sangat menentukan apakah sebuah krisis keuangan dapat diredam, atau justru meluas menjadi sebuah krisis ekonomi. Sebagai catatan, krisis keuangan biasanya ditandai dengan jatuhnya harga saham, harga obligasi, kurs, cadangan devisa, dan naiknya suku bunga pasar uang antarbank, sedangkan krisis ekonomi biasanya ditandai dengan PHK massal, anjloknya harga perumahan, turunnya produksi, dan naiknya angka kemiskinan.

Karena depresiasi rupiah terjadi di pasar finansial, pengambil kebijakan yang paling dapat merespons ini dengan cepat dan langsung mengena di pasar finansial ialah Bank Indonesia---bukan pemerintah atau lainnya. UU bahkan dengan tegas mengatakan bahwa tugas BI ialah menjaga nilai tukar rupiah.

Dalam menjaga rupiah, BI terbelenggu oleh the impossibility of trinity, yaitu kemustahilan untuk mencapai kurs yang stabil, kebijakan moneter longgar, dan rezim devisa bebas sekaligus. Jadi, ketika Indonesia mengadopsi rezim devisa bebas untuk membuat rupiah ‘stabil’ atau tidak terdepresiasi tajam seperti sekarang, mau tak mau kebijakan moneter BI haruslah ketat alias hawkish.

Kebijakan moneter ketat berarti suku bunga ditetapkan tinggi. Saat ini, BI rate ada di tingkat 7,50%. Ketika rupiah, misalnya, melemah lebih jauh lagi dan BI ingin ‘menstabilkan’ rupiah, bisa jadi tingkat suku bunga akan dinaikkan menjadi 7,75%. BI bisa saja menstabilkan rupiah lewat intervensi di pasar valas.

Namun, langkah ini berarti melego cadangan devisa yang saat ini susah payah dikumpulkan dari ekspor dan aliran modal masuk. Dus, langkah ini bersifat terbatas dan tidak mungkin dilakukan terus-menerus.

Benar bahwa ‘ongkos’ kebijakan suku bunga tinggi ini ialah menurunnya pertumbuhan kredit sehingga pertumbuhan ekonomi melambat dan pengangguran meningkat. Namun, ini memang pilihan yang tidak dapat dihindari (impossible trinity!).

Bila BI memilih menurunkan suku bunga untuk memfasilitasi pertumbuhan ekonomi, teori the impossibility of trinity mengatakan jangan harap rupiah akan ‘stabil’. Dengan kata lain, ‘ongkos’ kebijakan moneter longgar yang propertumbuhan atau dovish ialah rupiah yang terdepresiasi lebih lanjut.

Menimbang `untung-rugi'

Jadi, mana yang dipilih, apakah mendapatkan `untung' berupa rupiah yang stabil dengan `ongkos' pertumbuhan ekonomi melemah atau sebaliknya, mendapatkan `untung' berupa pertumbuhan ekonomi yang meningkat dengan ‘ongkos’ rupiah terdepresiasi lebih lanjut?

Ekonom dilatih untuk menimbang ‘untung-rugi’ berbagai alternatif kebijakan dan nasihat ilmu ekonomi jelas, yaitu pilihlah kebijakan yang menghasilkan manfaat neto tertinggi. Dengan kata lain, pilihlah kebijakan yang menghasilkan biaya neto terkecil.

Berbeda dengan hitung-hitungan di alam teori, dalam dunia nyata, baik untung maupun rugi (ongkos), sesungguhnya tidak ada yang tahu pasti. Semua hanyalah perkiraan. Di sinilah yang membedakan antara pengambil kebijakan yang bagus dan tidak, seperti kutipan Boediono di atas.

Jika BI menurunkan BI rate menjadi 7,25%, misalnya, dengan situasi pasar seperti sekarang, sudah hampir pasti rupiah akan terdepresiasi. Mengapa? Karena kebijakan itu mengatakan kepada pasar secara terang-terangan bahwa policy stance BI ialah dovish, yang artinya BI ‘merelakan’ stabilitas rupiah dan lebih memilih pertumbuhan ekonomi, seperti kata trinity.

Persoalannya ialah, dari sisi ‘ongkos’, kita tidak tahu akan seberapa dalam rupiah terdepresiasi dan akan seperti apa dampak lanjutannya. Sebaliknya, dari sisi ‘manfaat’, kita tidak tahu juga, apakah suku bunga yang turun sebesar 0,25% akan mampu menstimulasi kredit atau investasi dalam situasi ekonomi seperti sekarang ini. Kalaupun bisa, seberapa besar dan seberapa cepat investasi ini akan tumbuh?

Karena sektor keuangan sangat sensitif terhadap suku bunga dan reaksinya jauh lebih cepat daripada pengusaha yang mau memperluas pabrik, atau rumah tangga yang mau membeli rumah atau mobil, akankah kita mengambil risiko dengan menurunkan suku bunga? Apakah membicarakan pertumbuhan ekonomi masih relevan ketika terjadi krisis di sektor keuangan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar