Revolusi Pendidikan Tinggi
Bramastia ;
Mahasiswa Doktor Ilmu Pendidikan, UNS Surakarta
|
MEDIA
INDONESIA, 28 September 2015
PERKEMBANGAN dunia pendidikan tinggi (PT)
dalam kancah internasional bergerak cepat dan dinamis. Perkembangan teknologi
yang pesat membuat keberadaan lembaga pendidikan tinggi kian terbuka, tanpa
sekat dan tanpa batas. Kini, sekatsekat kelembagaan pendidikan tinggi menjadi
tipis. Sebaliknya, sekat produktivitas lembaga pendidikan tinggi makin
menebal. Eksistensi lembaga pendidikan tinggi menjadi barang taruhan tatkala
output berupa sumber daya manusia (SDM) yang dihasilkan mumpuni dan
berkualitas.
Posisi perguruan tinggi yang se mula selalu
berada di menara ga ding kini dituntut riil atas keberadaan lembaganya. Kontribusi
lembaga pendidikan tinggi kepada masyarakat menjadi barang taruhan terhadap
eksistensi institusi. Perguruan tinggi dinantikan kiprahnya dalam
menyelesaikan persoalan bangsa.
Dunia pendidikan tinggi melalui peran
institusi harus berani melakukan rekonstruksi pengelolaan manajemen internal
lembaga secara masif. Harapan ke depan, institusi pendidikan tinggi mampu
mencetak sumber daya yang dapat menjawab kebutuhan rakyat.
Kearifan lokal
Penulis sepakat bahwa konsep pengelolaan
lembaga pendidikan tinggi memang harus dikelola dengan baik. Secara khusus,
pengelolaan universitas secara baik kemudian lazim disebut dengan good university governance. Konsep good university governance kini
menjadi bahan dan acuan bagi perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas
lembaga yang kelak melahirkan sumber daya berkualitas. Tragisnya, mimpi
mewujudkan good university governance
kini identik dengan melakukan internasionalisasi pendidikan tinggi yang
ujung-ujungnya berkiblat ke luar negeri sebagai parameter utama.
Sudut pandang good university governance yang berkiblat budaya luar negeri
sesungguhnya belum menjadi jaminan menyelesaikan persoalan bangsa Indonesia.
Permasalahan bangsa hanya bisa diselesaikan dengan cara dan pendekatan yang
didasarkan pada kearifan lokal. Peran pendidikan tinggi yang baik
sesungguhnya menjadi bagian yang dapat menyelesaikan persoalan bangsa dengan
pijakan pada potensi kearifan lokal. Persoalan bangsa Indonesia tidak dapat
diselesaikan secara tuntas dengan pendekatan luar negeri yang tidak tahu akar
dan persoalan yang diharapkan, tetapi harus diselesaikan melalui nilai-nilai
lokal.
Dalam konteks ini, pendidikan tinggi yang
sudah menerapkan good university
governance seharusnya diaplikasikan dalam ranah lokal. Akademisi kampus
harus memiliki semangat untuk menyelesaikan persoalan bangsa dan mengangkat
martabat bangsa melalui kearifan lokal (local
wisdom). Kaum intelektual yang masuk dalam institusi good university governance harus memiliki semangat dan budaya
lokal dengan mengangkat kearifan lokal dalam menerapkan budaya tridarma
pendidikan tinggi, yang berupa pengajaran, penelitian, dan pengabdian
masyarakat.
Implementasi konsep good university governance melalui pengajaran, penelitian, dan
pengabdian masyarakat yang berbasiskan pada kearifan lokal diharapkan mampu
menyelesaikan persoalan bangsa. Martabat bangsa akan terangkat ke pentas
dunia apabila ranah pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang
terbungkus rapi dalam konsep good
university governance teraplikasikan. Artinya, bangsa Indonesia dalam
percaturan dunia pendidikan tinggi memiliki ruh sejatinya dalam menawarkan
konsep good university governance
yang berpijak pada aras lokal.
Ke depan, melalui good university governance yang berbasiskan kearifan lokal (local wisdom) ini, bangsa kita mampu
memberikan kontribusi dalam pengembangan keilmuan secara integratif. Konsep
dan realisasi good university
governance yang berbasis kearifan lokal dapat diaplikasikan dalam
berbagai ranah dunia pendidikan, baik dalam pengembangan ilmu pengetahuan,
teknologi, maupun budaya. Bukan tidak mungkin bangsa Indonesia kelak akan
mampu menyejajarkan konsep keilmuan lokal yang tergali dalam dunia pendidikan
tinggi saat ini untuk disandingkan dengan konsep keilmuan dari luar negeri.
Revolusi tridarma
Menurut pandangan penulis, memahami
internasionalisasi pendidikan tinggi tidak lantas membuat bangsa Indonesia
sebagai bangsa pengikut teori dari luar negeri. Konsep kearifan lokal yang
digali melalui dunia pendidikan tinggi yang terkelola baik melalui good university governance akan mampu
melahirkan teori-teori baru yang kelak menjadi rujukan bangsa lain. Impian
itu bukanlah hal mustahil, sepanjang kaum akademisi bangsa Indonesia memiliki
kepercayaan diri yang tinggi untuk terus menggali potensi lokal melalui
pijakan dunia pendidikan tinggi.
Konsep good
university governance yang berbasis kearifan lokal akan menjadi pintu
utama revolusi pendidikan tinggi di Tanah Air. Pijakan pemikiran kaum
akademisi lokal yang semangat menggali persoalan lokal untuk dipentaskan ke
ranah internasional menjadi harapan baru bagi pendidikan tinggi di Tanah Air.
Kaum akademisi dalam good university
governance memiliki peluang dan kesempatan besar dalam memberikan
kontribusi riil ke masyarakat melalui kiprah pendidikan tinggi.
Realisasi good
university governance berbasiskan kearifan lokal ialah implementasi
pendidikan tinggi di Tanah Air yang kelak mampu memberikan harapan baru dan
pembaharuan keilmuan. Peran dunia pendidikan tinggi secara nyata memberikan
sumbangan pemikiran dan memecahkan persoalan rakyat. Hal itu menjadi tugas
utama bagi lembaga pendidikan tinggi yang mencapai level good university governance.
Inilah harapan rakyat dan impian bangsa
Indonesia atas revolusi pendidikan tinggi yang masuk level good university governance.
Revolusi pendidikan tinggi menjadi titik tolak
perubahan paradigma pendidikan yang berideologi bangsa Indonesia. Pendidikan
tinggi menjadi anak panah yang bisa menunjukkan identitas bangsa agar menjadi
rujukan dan kiblat teori keilmuan yang selama ini terabaikan. Artinya,
revolusi pendidikan tinggi butuh kerja keras kaum akademisi yang selalu
semangat dan rajin melakukan pengajaran, penelitian, dan pengabdian
masyarakat dengan menggali kearifan lokal demi menumbuhkan karya dan teori
baru. ●
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar